Kamis, 21 April 2016

Sektor Pertanian Harus Jadi Prioritas

Sektor Pertanian Harus Jadi Prioritas

Ulakan--Melihat potensi pertanian yang dimiliki daerah Padang Pariaman, tak ayal lagi kampung yang baru saja porak-poranda akibat gempa akhir September lalu itu butuh pemimpin yang betul-betul berpihak pada dunia pertanian. Pertanian adalah sumber dari segala-galanya. Tanpa pertanian yang baik, persoalan pendidikan, kesehatan serta persoalan lainnya tidak akan sukses dengan sendirinya.
    Ketua Asosiasi Beras Tani (ABT) Padang Pariaman, Ali Nurdin M. Nur kepada Singgalang, Minggu (25/4) melihat sektor pertanian di daerah ini harus menjadi prioritas utama. Pertanian merupakan bagian integral dari pembangunan yang secara potensial mampu memberikan kontribusi besar terhadap daerah ini. Pertanian mampu bertahan dengan segala dinamikanya.
    Untuk pengembangan kedepannya, lanjut Ali Nurdin, butuh pemikiran dan karya nyata nan bernas dari tangan-tangan kuat sang penguasa daerah ini. "Kedepan para petani tidak lagi menjadi objek, tetapi juga subjek yang ikut memberikan yang terbaik, bersama pemerintah ditengah persaingan pasar bebas saat ini," katanya.
    Ali Nurdin melihat, kebangkitan para petani yang begitu banyak tersebar di daerah ini harus diberdayakan, agar mereka kuat dan mampu berdiri. "Nah, momen Pilkada 30 Juni nanti, petani melalui wadah ABT sangat mendukung dan siap untuk menyukseskannya. Pilkada, disamping pergantian tampuk kekuasaan daerah ini, juga hendaknya dijadikan sebagai kebangkitan dari seluruh sektor kehidupan masyarakat yang jauh lebih baik lagi dimasa mendatang," ujar Ali Nurdin.
    "Untuk itu, kita menggajak seluruh calon bupati/wakil bupati dalam Pilkada nanti bisa bersaing dengan sehat. Jadikan Pilkada sebagai awal kebangkitan masyarakat, yang memang harus digerakkan terus agar mampu keluar dari musibah tahun lalu. Disinilah letaknya politik santun yang selalu disuarakan oleh tim masing-masing calon, sebagai cerminan kualitas dari Pilkada yang baik dan benar," kata Ali Nurdin lagi.
    Secara organisastoris, lanjut Ali Nurdin, ABT tidak berhak mengajukan ataupun mendukung seorang calon. Sebab, ABT bukanlah lembaga yang berwenang untuk itu. Namun demikian, sebagai bagian dari masyarakat Padang Pariaman ABT terus menyuarakan, bagaimana daerah ini mampu bangkit dan berubah kearah yang lebih baik lagi. "Kita ingin kebijakan bupati lama, yang dianggap baik harus dilanjutkan. Tetapi, kebijakan yang dianggap tidak baik, harus dibuang dan jangan dilanjutkan. Para calon yang sebentar lagi akan bertarung habis-habisan harus mampu melihat hal demikian, dengan seobjektif mungkin," harapnya. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar