Senin, 04 April 2016

Konferensi PWI Padang Pariaman Pekan Depan

Konferensi PWI Padang Pariaman Pekan Depan

Pariaman--Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Padang Pariaman digelar pekan depan. Hajatan tiga tahun sekali itu dilakukan di Kantor PWI itu sendiri, di Jalan SB. Alamsyah, Kota Pariaman. Hal itu diputuskan dalam rapat panitia Konferensi, Sabtu (14/3) lalu.
    Rapat yang dipimpin Ketua Panitia Pelaksana Konferensi, Efanurza bersama Ketua PWI Ikhlas Bakri itu juga diputuskan, bahwa agenda Konferensi, disamping melakukan evaluasi terhadap pengurus lama, juga dibuat terobosan baru untuk masa kepemimpinan tiga tahun mendatang. Dan yang tidak kalah pentingnya, adalah pemilihan atau menetapkan ketua dan pengurus baru.
    Rapat yang berlangsung setengah hari tersebut, sempat terjadi ketengan dan alot dalam soal memutuskan keberadaan pengurus PWI Kota Pariaman. Amiruddin, anggota PWI yang tinggal di Kota Pariaman bersikukuh untuk dideklarasikan PWI Kota Pariaman dalam Konferensi demikian.
    "Kita ingin berbagi kepemimpinan dalam organisasi profesi wartawan tertua di Indonesia ini. Artinya, disamping ada pengurus PWI di Padang Pariaman, di Kota Pariaman juga demikian," usul Amiruddin.
    Karena ada yang pro dan kontra soal itu, akhirnya soal keberadaan PWI Kota Pariaman diputuskan dalam voting tertutup. Seluruh anggota dan pengurus yang hadir dalam rapat membuat pernyataan tertulis soal tersebut.
    Dengan itu, dari 13 yang hadir, hanya tiga suara yang mendukung adanya PWI Kota Pariaman. Selebihnya, setuju untuk dibentuk, tetapi belum sekarang. Pembentukan PWI Kota Pariaman diamanahkan kepada pengurus PWI Padang Pariaman tiga tahun mendatang.
    Sebenarnya, dalam aturan yang berlaku di AD/ART PWI, untuk pembentukan PWI hanya disyaratkan lima anggota biasa aktif. Sedangkan anggota biasa PWI yang tinggal di Kota Pariaman sudah lebih dari sebanyak jumlah itu. Namun, sebagian besar anggota tersebut belum menginginkan adanya pemisahan, meskipun kedua daerah ini secara administrasi pemerintahan telah lama berpisahnya.
    Ketua PWI Padang Pariaman Ikhlas Bakri menjelaskan, sampai saat ini organisasi yang dia pimpin memiliki 16 anggota. Dari sebanyak itu, hanya 13 orang yang telah punya hak suara alias anggota biasa. Sedangkan yang tiga lagi masih berstatus anggota muda yang belum bisa memberikan hak suara dalam pemilihan.
    "Ke-13 anggota biasa itu terdiri dari Fraksi Singgalang empat suara, Jawa Pos Group dua suara, Haluan dua suara, dan Fraksi Gabungan lima suara. Kita ingin, disamping adanya penambahan anggota nantinya, juga wartawan yang memiliki kompetensi bertambah pula," sebutnya. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar