Sabtu, 30 April 2016

DKP Padang Pariaman Lepas 450 Ekor Penyu ke Laut Batang Gasan

DKP Padang Pariaman Lepas 450 Ekor Penyu ke Laut Batang Gasan

Batang Gasan--Unit Pelaksana Tekhnis Penangkaran Penyu (UPT) Batang Gasan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Padang Pariaman, Jumat (29/4) lalu melakukan pelepasan penyu sebanyak 450 ekor. Pelapasan langsung dilakukan Kepala DKP, Muhadek Salman yang sekaligus mewakili Bupati Ali Mukhni di pantai Nagari Gasan Gadang.
    Kepala DKP Padang Pariaman, Muhadek Salman bersama Kabid KP3KP, Firman Hamdi, Kepala UPT Penangkaran, Supeldi Efendi, dan Kasi Pengawasan DKP, Nasrizal menyebutkan, bahwa pelepasan anak penyu atau tukik yang bahasa Piaman-nya, adalah bagian dari pelestarian hewan yang akhir-akhir ini mulai langka.
    Menurutnya, DKP Padang Pariaman komit dengan pelestarian alam. Penyu adalah hewan yang harus dilindungi. Untuk ini, upaya pencegahan terhadap orang-orang yang suka mengambil telor penyu, adalah dengan pengembang-biakkannya secara teratur, dan terencana.
    "Rata-rata penyu yang kita lepas ke laut lepas ini berumur lima hari," sambung Kepala UPT Penangkaran, Supeldi Efendi. Pihaknya berharap, penyu yang dilepas itu semakin nyaman dan berkembang pula sesuai kodradnya.
    Baginya, pelestarian penyu adalah untuk pelestarian alam yang sudah menjadi komitmen pemerintah dalam menjaga kelestariannya. "Kita langsung beli, kalau ada pihak-pihak yang dengan sengaja menjual telor penyu ini, untuk selanjutnya ditetaskan dengan baik," ungkapnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar