Sabtu, 02 April 2016

Jadikan SDN 03 Batang Anai Sebagai Sekolah Unggulan

Soft Opening ANTV Peduli
Jadikan SDN 03 Batang Anai Sebagai Sekolah Unggulan

Batang Anai--Memasuki tahun ajaran baru yang dimulai Senin (12/7) kemarin, ANTV Peduli melakukan kegiatan soft opening di sekolah yang dibangunnya, setelah hancur akibat gempa akhir September tahun lalu. Kegiatan tersebut dilakukan, sebagai tanda bahwa bangunan SDN 03 Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman itu siap untuk digunakan oleh murid-murid dan guru guna melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah yang terletak di Desa Buayan itu seperti sedia kala.
    Soft opening yang dilakukan ANTV Peduli itu cukup mendapat sambutan antusias dari anak-anak SD dimaksud. Tampak seluruh murid pada kegiatan yang dimulai dengan upacara yang dipimpin Kepala SD nya, Afrizal anak-anak sangat ceria melihat kondisi bangunan sekolah mereka sangat nyaman dan bagus. Hadir pula Kapolres Padang Pariaman, AKBP. Drs. Eko Nugrohadi, M. Si, Kasat Lantas, Iptu Adek Candra, S.H, M.H, Kapolsek Batang Anai, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. Dari Dinas Pendidikan, tampak hadir Drs. Suardi Sunja.
    Pembangunan kembali gedung SDN itu, dimulai oleh ANTV Peduli yang bekerjasama dengan Bakrie Untuk Negeri dan didukung Dompet Dhuafa Republika itu, sebelumnya juga telah mendirikan sekolah darurat, membenahi sistem saluran air bersih dan MCK yang baik di sekolah tersebut. Disamping itu, ANTV Peduli juga membagikan paket baju sekolah dan buku-buku lengkap untuk anak-anak dimaksud. Kini, pada tahapan recovery, pembangunan gedung SDN 03 Batang Anai itu, dibangun oleh ANTV Peduli dengan struktur bangunan yang tahan gempa, dan komponen bangunannya juga memakai bahan yang tahan bencana.
    Dalam menjalankan amanah tersebut, ANTV Peduli didukung oleh Dompet Dhuafa Republika, sebagai kontraktor pelaksana, dan Bakrie Development sebagai konsultan dan pengawas. Sarana prasarana yang dibangun ANTV Peduli sebanyak 11 unit terdiri dari, 6 ruangan kelas. Sementara, untuk ruangan guru, ruangan UKS, perpustakaan, mushalla, rumah dinas guru masing-masing satu unit. Sarana olahraga, seperti lapangan bulu tangkis juga dibuat dan telah siap untuk digunakan.
    Sekretaris ANTV Peduli, Hj. Zoraya Perucha menilai bangunan ini terlaksana, merupakan kerjasama yang baik dan kerja keras semua pihak yang terlibat. "Alhamdulillah, sekolah ini dapat digunakan tepat pada waktunya. Terima kasih yang tak terhingga kita sampaikan pada seluruh pemirsa ANTV, yang telah menyerahkan bantuannya lewat ANTV Peduli. Kepada donatur, PT Bakrie & Brothers, PT Bakrie Sumatra Plantations, PT Energi Mega Persada, PT Bakrie Telecom dengan produk HP Esia Slank dan juga keluarga Bakrie yang telah menyalurkan bantuannya, juga kita ucapkan terima kasih," ungkap Zoraya.
    Presiden Direktur Dompet Dhuafa Republika, Ismail A Said melihat sekolah yang telah  dipakai itu adalah sebuah bangunan mati, yang butuh dihidupkan. "Kita ingin, dari SDN 03 Batang Anai ini terlahir generasi bangsa yang cerdas, mampu menjadi sekolah unggulan. Dulu, betapa banyak masyarakat Minangkabau yang mengukir prestasi ditingkat nasional, bahkan di internasional. Kita berharap, dari SDN mampu menjawab tantangan demikian," katanya.
    "Dua tahun kedepan, Dompet Dhuafa akan melakukan program pendampingan, sebagaimana yang telah dilakukan dibanyak tempat, terutama di daerah yang baru saja mengalami musibah. Hasilnya, luar biasa. Hal itu sangat penting, mengingat tantangan dimasa depan sangat jauh beratnya terhadap nasib anak-anak bangsa yang kini tengah menikmati dunia pendidikan," ujar Ismail A Said. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar