Kamis, 21 April 2016

HIPKI Ikut Majukan Bangsa

HIPKI Ikut Majukan Bangsa

Lubuk Alung--Musyawarah Nasional (Munas) VIII Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (HIPKI), yang diadakan pada 20-22 April lalu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, disamping berhasil melakukan perombakan kepengurusan ditingkat nasional, juga mampu membuat program kerja baru, yang akan dilakukan diseluruh nusantara ini.
    Hilman H, A. Md, pimpinan Iqrak Komputer LPK SIEC Lubuk Alung, salah seorang peserta Munas HIPKI tersebut melihat, betapa kebijakan organisasi itu cukup strategis untuk kemajuan dunia pendidikan luar sekolah dimasa mendatang. "HIPKI dituntut mampu berkompetensi secara sehat dalam mengembangkan daya saing anak-anak bangsa, yang tengah haus akan pendidikan. Tak ayal lagi, HIPKI menjadi pilar utama dunia pendidikan, sesuai dengan UUD nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan," kata Hilman, Minggu (25/4) di Lubuk Alung.
    "Selaku penggerak utama dalam pendidikan luar sekolah, kita tetap bersinergis dengan Pemkab Padang Pariaman, dalam mengembangkan dunia pendidikan. Itulah diantara Pekerjaan Rumah (PR) sehabis Munas tempo hari, yang harus dituntaskan didaerah yang baru saja dihancurkan oleh gempa akhir September lalu ini," kata Hilman yang juga Sekretaris HIPKI Padang Pariaman itu.
    Menurutnya, lembaga kursus yang tergabung dalam HIPKI saat ini sebanyak 13 unit, yang tersebar di Padang Pariaman. Namun, belum semua lembaga tersebut yang memiliki Nomor Induk Lembaga Kursus (Nilek). "Untuk itu, kita berharap, agar penyelenggara kursus tersebut melakukan hal itu sesegera mungkin ke dinas terkait, sehingga pengembangan kursus tidak lagi terkendala tentang persoalan itu. Alhadulillah peserta Munas yang dari daerah ini, disamping saya, juga ikut Ketua HIPKI, Drs. Rosman dan Amir Putra. Kita siap melakukan langkah-langkah terbaik, demi pengembangan pendidikan luar sekolah yang lebih baik lagi, guna mewujudkan impian bersama Pemkab Padang Pariaman, tentang kemajuan dunia pendidikan," ungkap Hilman.
    Sementara Sekretaris Umum Forum Pamong Belajar Indonesia (FPBI) Sumbar, Drs. Ruswan Tanjung melihat peran yang dimainkan HIPKI bersama lembaga kursus yang ada, cukup siknifikan, dalam melihat arti penting dunia pendidikan dimasa mendatang. "Tinggal lagi, bagaimana lembaga kursus itu mampu meningkatkan terus perannya ditengah masyarakat, serta bersinergis dengan pemerintah daerah. Kita tahu, bahwa pendidikan sekolah, tidak sepenuhnya mampu mengakomodir seluruh kebutuhan siswa itu sendiri. Butuh kursus yang kuat, punya pengaruh yang luar biasa, dalam mengembangkan SDM kita sendiri," katanya. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar