Kamis, 28 April 2016

PKDP Sosialisasikan Kriteria Calon Bupati Lewat Seminar

Jelang Pilkada Padang Pariaman
PKDP Sosialisasikan Kriteria Calon Bupati Lewat Seminar

Pariaman--Perhelatan demokrasi lima tahun sekali, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Padang Pariaman 30 Juni nanti merupakan momentum yang paling tepat bagi masyarakat setempat, baik yang tinggal dikampung, maupun yang berdomisili dirantau. Betapa tidak, Pilkada, disamping memilih seorang pemimpin untuk lima tahun mendatang, juga titik awal dari kebangkitan daerah itu dari musibah gempa yang telah memporak-porandakan pada akhir September lalu.
    Memanfaatkan itu, Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP), sebagai satu-satunya wadah urang awak yang solid diseluruh perantauan yang ada di dunia ini. Tak tanggung-tanggung, awal April nanti, organisasi yang dipimpin Suhatmansyah itu bakal menggelar seminar dan workshop, dalam rangka mensosialisasikan kriteria calon kepala daerah sekaligus penyusunan rencana strategis Piaman saiyo sakato.
    Sekretaris panitia seminar, Ir. H. Aulia R Putra kepada Singgalang, Senin (22/3) melihat kegiatan yang akan dilakukan dengan tema 'penyatuan komitmen seluruh stakeholders rang Piaman saiyo Sakato' itu adalah bentuk kepedulian rang rantau terhadap nasib kampung halaman yang sangat dicintai ini. "Sebelumnya, PKDP telah menetapkan kriteria calon bupati yang pantas dipilih oleh masyarakat nantinya, lewat sejumlah pertemuan dan penggodokan yang dilakukan tim tujuh PKDP itu sendiri," katanya.
    Menurut Aulia, yang juga Ketua Yayasan Istiqamah Sicincin itu, via ponselnya, kriteria calon bupati yang tujuh itu adalah, berakhlak mulya dan punya sikap mental yang baik, memiliki jiwa kepemimpinan dan integritas pribadi/kejujuran yang terjamin, memiliki kompetensi dan pengetahuan yang memadai, memiliki dukungan masyarakat, partai, serta punya kekayaan yang wajar, visioner/memiliki pandangan yang jauh ke depan. Selanjutnya, berjiwa entrepreneurship dan cerdas serta komunikatif.
    "Silakan saja kandidat yang maju itu sebanyak-banyaknya. Hal itu sebuah dinamika demokrasi yang berjalan dengan baik. Namun, masyarakat harus tahu, bahwa kriteria yang telah ditetapkan PKDP itu sudah melalui proses yang sangat alot, dan dibahas cukup lama. Kita ingin, momen sosialisasi kriteria kandidat itu mampu menjawab kegelisahan masyarakat selama ini terhadap kepemimpinan Padang Pariaman yang jauh lebih baik lagi," ujar Aulia.
    Untuk narasumber saat seminar tersebut, lanjut Aulia, Suhatmansyah, Ketua Umum DPP PKDP, Musril Zahari, Ketua Bidang Pendidikan DPP PKDP, Muharmei    Zein Chan, Ketua Tim Tujuh DPP PKDP. Sementara moderator dipercayakan kepada Danil Aswat. "Kita ingin mengumpulkan semua masukan, baik dari rantau maupun yang dari kampung, dalam satu kesatuan, dalam melihat Padang Pariaman yang lebih baik lagi. Terciptanya masyarakat madani, partisipatif," harap Aulia. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar