Kamis, 28 April 2016

Kemana Dukungan Muslim Kasim ?

Antara Ali Mukhni dan Sudirman Gani
Kemana Dukungan Muslim Kasim ?

Pariaman--Perkembangan politik Pilkada di Padang Pariaman terus meningkat tajam. Menurut banyak pihak, dukungan moral dari bupati yang kini tengah berkuasa, sangat menentukan suksesnya kandidat tertentu. Masyarakat pun mulai berspekulasi, siapa diantara calon yang akan dapat dukungan moral dari bupati Muslim Kasim itu. Boleh dikatakan, dari seluruh birokrasi, seperti Sudirman Gani, Ali Mukhni-Damsuar yang sebentar lagi akan bertarung habis-habisan untuk merebut dukungan masyarakat menjadi perhatian tersendiri untuk itu.
    Betapa tidak, mereka itu pernah dan lama, bahkan sampai kini masih bekerja dibawah kendali seorang Muslim kasim. Ali Mukhni, sampai hari ini masih menjabat Wakil Bupati Padang Pariaman yang dianggap sangat setia mendampingi Muslim Kasim. Begitu juga seorang Damsuar, yang kini menjadi idola masyarakat Kecamatan VII Koto Sungai Sariak itu masih loyal pada bupati, terutama yang berkaitan dengan bidang tugasnya selaku Asisten II Setdakab Padang Pariaman.
    Sementara, Sudirman Gani adalah pejabat yang cukup lama dipakai Muslim Kasim, sebagai Sekda didaerah yang baru saja luluh-lantak akibat gempa akhir September lalu. Bahkan lebih dari itu, seorang Sudirman Gani pernah menjabat Plt Bupati Padang Pariaman selama proses Pilkada 2005 berlangsung. Banyak orang menganggap, bahwa Sudirman Gani punya kontribusi yang sangat besar, terhadap penyelamatan daerah itu, dikala masa-masa genting 2005 itu.
    Memang secara resmi bupati Muslim Kasim dalam masalah ini sulit untuk menjatuhkan dukungan politiknya. Sebab, kalau salah dalam dukung-mendukung, tentu akan berakibat patal dan rusaknya tatanan yang telah dirintis Muslim Kasim selama 10 tahun berkuasa di ranah yang terkenal dengan gudangnya ulama itu. Betapa banyak program yang sedang terbengkalai yang dilakukan Muslim Kasim, bahkan ada yang sudah hancur akibat gempa, perlu dilanjutkan dan dipertahankan oleh bupati sepeninggalnya.
    Sementara Bupati Padang Pariaman, Muslim Kasim kepada Singgalang suatu ketika dikediamannya Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung mengaku, bahwa apa yang telah banyak dirintis dan ditetapkan bersama anggota dewan terhormat harus dilanjutkan. "Selanjutnya, apa yang kita lakukan dulunya, seperti 9 kawasan strategis, pengembangan ekonomi kerakyatan yang sampai kini belum tuntas, serta program lainnya, itu harus dituntaskan bupati mendatang," katanya.
    "Apalagi, kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa, cukup menyita perhatian banyak orang, untuk turut bersama dalam membangun kembali tatanan yang telah rusak tersebut. Untuk itulah, daerah ini butuh pemimpin yang kuat dan berpengalaman. Siapa orangnya, tentu terpulang pada masyarakat yang akan melakukan pemilihan nantinya. Pokoknya kader-kader yang maju saat ini adalah putra-putra terbaik Padang Pariaman," ujar Muslim Kasim.
    Hingga kini wacana, kepada siapa Muslim Kasim bakal menjatuhkan dukungan politiknya, antara Ali Mukhni-Damsuar dan Sudirman Gani-Eri Zulfian, ditengah masyarakat terus menjadi buah bibir. Masyarakat saling klaim bahwa Muslim Kasim bakal mendukung pasang Ali Mukhni-Damsuar dan juga ada klaim untuk Sudirman Gani-Eri Zulfian. Sebab, dimata masyarakat, mereka semua yang tersebut itu adalah kader-kader terbaik Muslim Kasim, yang dianggap mampu melanjutkan kepemimpinan Muslim Kasim tersebut. "Kita lihat saja permainan ini. Sebab, tabuik baru saja dihoyak. Siapa yang akan mendapatkan dukungan itu, maka dialah yang paling beruntung," ujar masyarakat. (dam)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar