Kamis, 28 April 2016

PKBM Harus Mandiri, Dan Terus Mencerdaskan Masyarakat

Bimtek KPDT RI Di Padang Pariaman
PKBM Harus Mandiri, Dan Terus Mencerdaskan Masyarakat   

Pariaman--Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT RI) Kamis (17/6) lalu, melaksanakan kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas kelembagaan pendidikan masyarakat, untuk menunjang perluasan akses pelayanan pendidikan di daerah tertinggal. Kegiatan yang dilakukan sehari penuh, di Hotel Nan Tongga Pariaman itu, tampil sebagai narasumber sejumlah Kepala SKPD terkait, seperti Dinas Pendidikan, Bappeda, motivator dari ATIP Padang, dan Ketua Forum KOmunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) Padang Pariaman, Hilman H, A. Md.
    Sebagai salah kabupaten yang termasuk kategori tertinggal, Padang Pariaman diharapkan untuk dapat melakukan akselerasi dalam segala bidang, sehingga status kabupaten ini bisa terentaskan dari kabupaten tertinggal. Pascagempa 30 September 2009 lalu, Padang Pariaman memang mempunyai dampak yang cukup luas, terhadap segala aspek kehidupan masyarakat. Melihat inilah, KPDT RI melalui Deputi IV Bidang Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat dan Budaya, melaksanakan kegiatan Bimtek ini.
    Hilman, dengan materi optimalisasi peningkatan peran dan fungsi lembaga PKBM dalam pemberdayaan masyarakat di Padang Pariaman mengungkapkan, bahwa PKBM sebagai salah satu penyelenggara pendidikan non formal, seperti yang diamanatkan Undang-Undang sistem pendidikan nasional No. 20 Tahun 2003, harus mengoptimalkan peran mereka, terutama dalam peningkatan kapasitas kelembagaan tersebut, untuk menunjang perluasan akses pelayanan pendidikan masyarakat.
    "PKBM harus bisa membuktikan diri, bahwa lembaga yang secara filosofi dibuat oleh, dari dan untuk masyarakat ini, benar-benar menjadi lembaga peningkatan kualitas hidup masyarakat. PKBM harus bisa bekerja keras, cerdas dan bekerja sama dengan segala pihak, maupun instansi terkait, terutama dalam peningkatan peran PKBM di tengah masyarakat," ungkap Hilman sang pimpinan PKBM Iqra' Lubuk Alung ini.
    Acara itu dibuka Plt Bupati Padang Pariaman, yang diwakili Staf Ahli bUpati, Drs. Zulwadi Datuak Bagindo Kali, dan ditutup Asisten Deputi IV Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar