Selasa, 19 April 2016

Meneguhkan Semangat NKRI Lewat Ajaran Gerakan Pramuka

Meneguhkan Semangat NKRI Lewat Ajaran Gerakan Pramuka

Sungai Limau--Kwartir Cabang 0303 Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Pariaman merupakan bagian terpenting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter muda bangsa, sehingga saking pentingnya peran tersebut pemerintah menerbitkan undang-udang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.
    Dengan terbitnya UU tersebut, semua pihak dan semua elemen bangsa, terutama aparatur pemerintah harus memberikan dukungan yang serius untuk keberlansungan kegiatan kepramukaan.
    Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, Yuslaini ketika membuka jambore Pramuka Ranting Sungai Limau, Senin lalu menyampaikan hal itu.
    Menurut dia, jambore ranting yang dilaksanakan ini sejalan dengan program Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yang akan menggelar Jambore Nasional ke-X tahun 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, DKI Jakarta, Agustus mendatang. Kemudian juga sejalan dengan perjuangan dan cita-cita Gerakan Pramuka, yaitu membina persahabatan, persaudaraan dan perdamaian.
    "Jambore ranting merupakan ajang bagi setiap anggota untuk membina diri sendiri," kata dia. Selanjutnya, membentuk dan mengembangkan kepribadian, meningkatkan pergaulan, kesatuan dan persatuan, menambah ilmu dan pengetahuan, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, meningkatkan mental, spritual dan intelektual diri agar bisa dan mampu tampil sebagai pribadi yang menjadi panutan di tengah masyarakat, serta memiliki kepribadian yang menjadi contoh tauladan di sekolah dan di rumah tangga.
    Ketua Panitia Jambore Ranting Sungai Limau, Sumiarti mengatakan, jambore ranting merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan sekali dalam lima tahun. Selain itu, ada kegiatan lain yang selalu dilaksanakan secara rutin, diantaranya latihan gabungan, kemah bakti dan pelantikan gabungan. "Penggalang SD sama SD, SMP sama SMP dan SMA/SMK sama SMA/SMK pula," tutur Sumiarti.
    Perkemahan besar lima tahunan pramuka penggalang ini dilaksanakan selama empat hari, diikuti 115 peserta, yang berasal dari lima SMP yang ada di Kecamatan Sungai Limau 100 orang, dan peserta SD sebanyak 15 orang, yang berasal dari SDN 13 Sungai Limau. Kemudian pimpinan kontingen, pembina pendamping dan asisten pembina sebanyak 24 orang.  
    Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan selama Jambore Ranting Sungai Limau, kata Sumiarti, ada tiga macam, yaitu edukasi berupa pemberian materi kepada peserta, diantaranya materi kebencanaan, wawasan kebangsaan, pola hidup bersih dan sehat (PHBS), narkotika dan obat-obat terlarang, tehnik kepramukaan tentang penyelesaian SKK & SKU.
    Selanjutnya out bond, yang meliputi out dor api suci, halang rintang, permainan tradisional, hiking. Terakhir giat prestasi berupa lomba tapak perkemahan dan pioneering. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar