Sabtu, 02 April 2016

Pemkab Padang Pariaman Harus Menepati Janjinya

Pelantikan Walinagari Ketaping
Pemkab Padang Pariaman Harus Menepati Janjinya

Ketaping--Anggota Komisi I DPRD Padang Pariaman, Drs. Rosman minta pada Pemkab untuk segera merealisasikan janjinya tentang pelatikan Walinagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai, yang cukup lama terkatung-katung. Memang, seperti yang pernah disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Nagari Setdakab Padang Pariaman, Syamsuardi Surma, S. Sos, bahwa di Kenagarian Ketaping sudah tidak ada lagi persoalan, tinggal pelantikan walinagari terpilih, Yulisman.
    Kepada Singgalang, Senin kemarin Rosman melihat proses pemilihan walinagari yang telah terlaksana dengan sangat demokrasi, telah cukup lama, namun hingga kini belum juga dilantik. Beberapa waktu lalu, dijanjikan pelantikan usai Pilkada. "Kini, Pilkada sudah selesai, jangan lagi biarkan masyarakat Ketaping bagaikan ayam kehilangan induknya. Saatnya walinagari terpilih dilantik, sehingga proses pemerintahan di nagari itu bisa terlaksana dengan baik dan benar," katanya.
    Untuk menghindari berbagai kepentingan, yang pernah terjadi sejak dari mulai pemilihan walinagari hingga kini, lanjut Rosman, agaknya Walinagari Ketaping perlu dilantik di kantor bupati. Sebab, perbandingan waktu pemilihan dengan pelantikan sudah keterlaluan jauhnya. Padahal, walinagari lain yang baru saja menyelesaikan pemilihan tidak perlu menunggu waktu yang panjang, untuk sebuah pelatikan.
    Menurutnya, tidak ada lagi alasan untuk menunda pelantikan tersebut. Semua petunjuk yang diberikan Pemkab Padang Pariaman telah dipatuhi masyarakat, termasuk memenangkan pasangan Irwan-MK pada Pilkada 30 Juni lalu. "Jangan lagi ciderai, apa yang kini terjadi ditengah masyarakat Ketaping. "Kita semua tahu, bahwa Ketaping adalah nagarinya internasional, lantaran beroperasinya Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di kenagarian tersebut. Sangat disayangkan, bila pemerintahannya tidak jelas ujung pangkalnya, akibat keterlambatan pelantikan walinagari terpilih," tegas Ketua DPD Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) Padang Pariaman ini.
    Rosman minta dan berharap pada bupati Muslim Kasim yang sebentar lagi akan meninggalkan Padang Pariaman untuk segera melantik walinagari tersebut. "Begitu juga berbagai persoalan yang terjadi dinagari lainnya, seperti Sungai Durian, Kecamatan Patamuan alangkah baiknya diselesaikan, sebelum Muslim Kasim dilantik sebagai wakil gubernur oleh Mendagri nantinya. Hal itu sangat penting, mengingat agar jangan timbul image yang tidak baik terhadap bupati dikemudian hari dari masyarakat itu sendiri," kata Rosman. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar