Kamis, 07 April 2016

Akibat Banjir Kerugian Mencapai Rp53 Miliar di Padang Pariaman

Terungkap dalam Musrenbang
Akibat Banjir Kerugian Mencapai Rp53 Miliar di Padang Pariaman

Parit Malintang--Bupati Ali Mukhni membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Padang Pariaman, dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tahun 2016, di Hall Parit Malintang, Senin, (4/4) lalu.
    "Musrenbang hari ini merupakan yang pertama kepemimpinan kami sebagai Bupati dan saudara Suhatri Bur sebagai Wakil Bupati. Kami berkomitmen kepada seluruh masyarakat untuk mewujudkan visi 2016-2021, yaitu mewujudkan Kabupaten Padang Pariaman yang Baru, religius, cerdas, dan sejahtera," kata Ali Mukhni.
    Hasil Musrenbang, kata Ali Mukhni, akan mewujudkan sinkronisasi antara perencanaan yang telah disusun di tingkat nagari, kecamatan, Renja SKPD serta kompilasi terhadap pokok-pokok pikiran DPRD. Sinkronisasi terhadap prioritas dan arah kebijakan pembangunan serta sinkronisasi dengan prioritas pembangunan di tingkat provinsi. Selanjutnya, kesepakatan Musrenbang ditetapkan sebagai program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang.
    Bupati Ali Mukhni yang diberi gelar 'Bapak Pembangunan' itu mengingatkan stakeholders agar pembangunan yang direncanakan bukan hanya fisik saja, tapi juga non fisik. Dikarenakan potensi Padang Pariaman cukup menjanjikan seperti di bidang pariwisata, coklat dan  kuliner.
    "Promosi cokelat harus dikemas secara masif. Saya pun dikenal sebagai bupati cokelat oleh wisatawan dalam dan luar negeri," ujarnya. Terkait dengan kerugian dan kerusakan pasca banjir yang terjadi pada Maret lalu, Ali Mukhni telah mengirimkan surat kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Gubernur Sumbar. Ia juga
memohon penganggaran dari anggota DPRD Sumbar untuk membantu tanggap darurat dan rekonstruksi pasca banjir.
    "Tercatat kerugian mencapai Rp53 miliar. Jumlah yang sangat besar. Sekarang kita berjuang untuk meminta dana dari pusat," kata alumni Lemhanas 2012 itu.
    Sementara Kepala Bappeda Hendri Satria melaporkan, Musrenbang dihadiri anggota DPRD SUmbar Darmon, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Forkopimda, narasumber dari Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Sekretaris Daerah Jonpriadi, Kepala SKPD, Camat dan Walnagari serta pimpinan Organisasi sosial lainnya.
    "Alhamdullilah, kegiatan Musrenbang berjalan lancar dan banyak masukan dari Bapak Bupati dan DPRD dalam perencanaan ke depan," kata jebolan STPDN angkatan V itu. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar