Selasa, 30 Agustus 2016

Yang Belum Punya KTP-el Ditunggu Hingga 30 September

Di Padang Pariaman
Yang Belum Punya KTP-el Ditunggu Hingga 30 September

Padang Pariaman--Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padang Pariaman, M. Fadhly menegaskan kembali informasi yang disampaikan sebelumnya tentang perekaman data biometrik (sidik jari, iris mata dan lain-lain) bagi penduduk yang sampai saat ini masih enggan datang ke kantor Camat untuk melakukan perekaman data.
    "Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui Dinas Dukcapil akan menonaktifkan data penduduk tersebut jika belum merekam datanya," kata dia.
    Ini berakibat pada yang bersangkutan, akan sangat merepotkan nantinya untuk mendapatkan pelayanan publik, seperti BPJS Kesehatan dan lain lain yang semuanya akan online dan berbasis pada NIK dan KTP El yang menjamin ketunggalan data penduduk. "Kita tunggu sampai 30 September 2016," tambahnya lagi di sela-sela sidang paripurna DPRD, Minggu lalu.
    Bupati Padang Pariaman menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan yang saat ini sudah gratis. "Semuanya gratis. Sebagaimana intruksi Menteri Dalam Negeri, hanya dengan menunjukkan foto kopi KK, masyarakat sudah bisa dilayani untuk merekam KTP Elektronik," ujar Ali Mukhni.
    Ali Mukhni menjelaskan, Disdukcapil telah menyiapkan lokasi perekaman di kantor-kantor Camat. Saat ini 15 kecamatan melakukan perekaman, sedangkan dua kecamatan lainnya masih dalam proses maintenance karena proses pindah ke kantor yang baru.
    Sebagaimana dijelaskan Fadhly, masyarakat bisa melakukan perekaman data KTP el di mana saja dalam Kabupaten Padang Pariaman walaupun beda kecamatan. "Yang penting bawa Kartu Keluarga dan belum pernah merekam di daerah manapun di Indonesia, kita siap untuk melakukan perekaman," ujarnya.
    Sampai akhir September, Disdukcapil mengejar target masyarakat yang diketahui belum melakukan perekaman. Data tersebut dikeluarkan secara lengkap untuk ditelusuri ke alamat-alamat yang tertera pada nagari-nagari di Kabupaten Padang Pariaman.
    "Dalam waktu dekat, akan kita koordinasikan dengan semua Camat dan kami akan sampaikan data lengkap by name by address untuk ditelusuri," tambahnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar