Rabu, 20 Juli 2016

Laksanakan Tugas dan Fungsi Secara Profesional, Layani Masyarakat Sepenuhnya

Ali Mukhni Minta CPNS
Laksanakan Tugas dan Fungsi Secara Profesional, Layani Masyarakat Sepenuhnya

Padang Pariaman--Sebanyak 95 orang Calon Pegawai Negeri Sifil (CPNS) Padang Pariaman mengikuti Diklat Prajabatan Golongan I, II dan II Kategori II angkatan XIII, XIV dan XV. Dilaksanakan di Kampus INS Kayutanam, dari 19 Juli - 4 Agustus. Diklat tersebut dibuka langsung oleh Bupati Ali Mukhni yang dihadiri Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Sumbar, H. Rosman Efendi, Kepala BKD; Idarussalam dan Kabag Humas; Hendra Aswara.
    Bupati Ali Mukhni menekankan kepada CPNS agar menjadi pelayan masyarakat, bukan minta dilayani masyarakat. Laksanakan tugas dan fungsi secara profesional, bertanggungjawab dan beretika yang baik. Komitmen untuk melayani masyarakat menjadi hal utama dalam penyelengaraan pemerintahan yang dipimpin oleh Ali Mukhni-Suhatri Bur sehingga CPNS bisa menjadi tauladan bagi masyarakat.
    "Sering saya sampaikan, mulai dari bupati, wakil bupati hingga staf adalah pelayan masyarakat. Tidak ada istilah pejabat di Padang Pariaman. Artinya, CPNS dituntut melayani masyarakat tak kenal waktu dan tanpa pamrih," kata Ali Mukhni, Selasa (19/7).
    Kepada peserta Diklat Prajabatan yang mayoritas dari tenaga Kesehatan, Ali Mukhni menyatakan tidak ingin mendengar adanya warga yang mengeluhkan pelayanan kesehatan baik di rumah sakit, Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu (Pustu). Apalagi bupati telah mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat bidang kesehatan, yaitu Ksatria Bhakti Husada melalui Program Padang Pariaman Sehat (PPS).
    "Tenaga kesehatan adalah ujung tombak suksesnya PPS," tegas Ali Mukhni. Untuk itu, lanjutnya, datangi rumah-rumah masyarakat setiap hari, tanyakan keluhan kesehatannya lalu obati. Jika perlu dirujuk ke rumah sakit terdekat. Biaya berobat gratis dari BPJS dan dana Baznas.
    Menurutnya, jika tidak menemui yang sakit petugas kesehatan agar memberikan penyuluhan dan sosialisasi pola hidup sehat untuk menghindari mewabahnya penyakit.
    Kabandiklat Provinsi Sumatera Barat, Rosman Efendi apresiasi Pemkab Padang Pariaman yang bekerjasama dengan Bandiklat dalam penyelenggaraan acara itu. Bandiklat provinsi telah memiliki akreditasi sebagai penyelenggara Diklat sesuai standar yang ditetapkan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI).
    Ia juga memuji motto Bupati Ali Mukhni yang menempatkan seluruh penyelenggara pemerintahan sebagai pelayan masyarakat, bukan sebagai pejabat yang minta dilayani. "Atas nama Pemprov Sumbar, kami ucapkan terima kasih kepada bupati yang telah bekerjasama dalam Diklat ini. Semoga kerjasama ini terus berlanjut, dan Bandiklat akan terus meningkatkan kualitas sesuai harapan pemrintah daerah," kata mantan Sekda Kabupaten Pesisir Selatan itu.
    Kepala BKD Padang Pariaman, Idarussalam mengatakan bahwa hasil yang diharapkan setelah Diklat tersebut adalah untuk menciptakan PNS yang berkualitas, berwawasan, berdedikasi, berintegritas sebagai pelayan masyarakat yang baik. "Kepada peserta, ikuti Diklat dengan baik agar lulus dengan nilai yang baik pula," kata Idarussalam yang didampingi Kabid Diklat, Tafril. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar