Rabu, 20 Juli 2016

Ali Mukhni Harus Memangkas Habis Pejabat yang Ego Sektoral

Soal Evaluasi SKPD Padang Pariaman
Bupati Ali Mukhni Harus Memangkas Habis Pejabat yang Ego Sektoral

Padang Pariaman--Terkait evaluasi yang dilakukan Bupati Ali Mukhni terhadap para pemangku kepentingan di Padang Pariaman, dalam menunjang jalannya pemerintahan yang dipimpinnya pada periode kedua ini, DPRD daerah itu inginkan hal yang terbaik, dan Ali Mukhni harus bisa menjadikan periode pertama jadi kaca perbandingan.
    "Hingga saat ini masih ada kepala SKPD yang ego sektoral. Nah, ini harus dibuang habis, agar pemerintahan berjalan maksimal dalam mewujudkan impian kesejahteraan masyarakat," kata Ketua DPRD Padang Pariaman, Faisal Arifin Rangkayo Majo Basa, Kamis kemarin.
    Menurut dia, para kepala dinas, badan, kantor dan lainnya adalah perangkat daerah. Mereka dalam bekerja harus sesuai dengan garis dan tupoksi yang ada, dan tidak semau gue. Sebab, kegagalan yang mereka torehkan akan berdampak pada buruknya kinerja Ali Mukhni - Suhatri Bur dalam menjalankan roda pemerintahannya.
    Disisi lain, politikus Partai Golkar Padang Pariaman ini sangat apresiasi terhadap apa yang dilakukan Bupati Ali Mukhni dalam mengawali tugas dan tanggungjawabnya selaku kepala daerah pilihan masyarakat. "Ada semacam langkah maju dari periode sebelumnya. Dan itu harus terus dilakukan, terhadap semua petugas atau anak buahnya," ujar Faisal Arifin.
    Sesuaikan bidang tugas
    Di lain pihak, anggota Komisi IV DPRD Padang Pariaman, Bagindo Rosman minta ketegasan bupati dan wakil bupati soal bidang tugas yang diemban oleh kepala SKPD. "Janganlah orang yang tidak mengerti seluk-beluk dunia pendidikan ditempatkan di Dinas Pendidikan, misalnya. Dan jangan pula yang menjadi camat itu orang yang tak lulus IPDN," tegas Rosman, anggota dewan dari PAN ini.
    Khusus soal pendidikan, lanjut Rosman, Ali Mukhni harus berani mengambil langkah yang tepat, meskipun itu tidak populer. "Pendidikan Padang Pariaman sudah merosot dari tahun lalu. Kemudian pungutan liar yang meresahkan orangtua murid masih berlangsung, serta sejumlah kasus lainnya, yang menuntut Kadisnya diganti," ujar dia.
    Rosman ingin, dalam mengawali masa transisi periode kedua ini, Ali Mukhni harus memulainya dari nol kilometer. "Sebagian besar para pejabat dan kepala SKPD punya banyak masalah. Dan untuk menyelamatkan daerah ini, semua harus diganti dengan yang kapabel, punya tanggungjawab penuh dan sesuai dengan budang tugasnya," ujarnya lagi. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar