Rabu, 27 Juli 2016

125 JCH Delapan Kecamatan Matangkan Manasik Haji

Padang Pariaman
125 JCH Delapan Kecamatan Matangkan Manasik Haji

Padang Pariaman--Sebanyak 125 Jemaah Calon Haji (JCH) asal delapam kecamatan, yakni Kecamatan 2x11 Kayutanam, Ulakan Tapakis, Lubuk Alung, 2x11 Enam Lingkung, Batang Anai, Sintuak Toboh Gadang, Enam Lingkung, dan Kecamatan Nan Sabaris memantapkan manasiknya di Masjid Baiturrahmah, Lubuk Alung, Kamis kemarin.
    Ketua Panitia Syafral Abdi bersama Sekretarisnya Kasmir kepada Singgalang menyebutkan, bahwa sesuai amanat undang-undang tentang haji JCH di kecamatan harus mengikuti delapan kali tahapan manasik, sebelum meninggalkan tanah air.
    "Alhamdulillah, jelang keberangkatan ada dua kali lagi para JCH ini mematangkan manasiknya," kata Kasmir yang Kepala KUA Kecamatan Enam Lingkung ini.
    Menurut dia, penggabungan delapan kecamatan di Padang Pariaman ini terjadi dikarenakan tidak cukupnya kuota 45 orang JCH setiap kecamatan di daerah ini. Dan itu adalah aturan yang harus pula diikuti secara bersama.
    Katanya lagi, selama manasik demikian para JCH mendapatkan bimbingan dari orang-orang yang telah berpengalaman. Mulai dari Kepala Kemenag Padang Pariaman, H. Masrican Tuanku Marajo Basa, bersama Kasi Haji, Syaiful Alazhar, H. Zulharmen, H. Buchari, H. Taslim Mukhtar, H. Syafruddin. Sedangkan dari Kesehatan ikut memberikan materi Kadis Kesehatan, Aspunuddin dan Resmita.
    "Sesuai jadwal yang disepakati bersama, kita telah melakukan manasik sejak 18 Juli dan berakhir nantinya pada 4 Agustus," ungkap Kasmir. Dia ingin, JCH yang tergabung dalam kelompok manasik ini mampu menjadi haji yang terbaik, sesuai niat dan keinginan mereka dalam menunaikan rukun Islam yang kelima. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar