Rabu, 20 Juli 2016

Bangun SDM Nagari, Ali Mukhni Serahkan Mahasiswa Padang Pariaman ke Unitas

KBM di Ponpes Madinatul 'Ilmi Islamiyah Sungai Sariak
Bangun SDM Nagari, Ali Mukhni Serahkan Mahasiswa Padang Pariaman ke Unitas

VII Koto--Secara simbolis, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Sabtu (19/9) menyerahkan mahasiswa baru asal daerah ini ke Rektor Universitas Tamansiswa (Unitas) Padang, Dr. Irwandi Sulin, dan Ketua Yayasan Tamansiswa, Irwandi Yusuf. Mahasiswa sebanyak 58 orang pada Fakultas Ekonomi dan 27 orang di Fakultas Pertanian ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara Pemkab Padang Pariaman dengan pihak universitas tertua di Indonesia tersebut.
    Acara penyerahan demikian berlangsung dalam suasa Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) Unitas tahun ini, yang diadakan di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren (Ponpes) Madinatul 'Ilmi Islamiyah, Buluah Kasok, Nagari Sungai Sariak, Sabtu dan Minggu (19-20/9).
    Rektor Unitas Padang, Irwandi Sulin menilai, lokasi yang dijadikannya sebagai tempat KBM tahun ini cukup punya arti dan makna tersendiri. Apalagi, lokasinya bersentuhan dengan pesantren yang tiap tahun melahirkan ulama dan cendikiawan muslim di Sumatera Barat ini. "Tentu kita berharap, acara ini dapat berkah dari Yang Maha Kuasa," kata Irwandi Sulin yang tokoh masyarakat Lubuk Alung ini.
    "Di samping itu, diadakanya Padang Pariaman sebagai pusat kegiatan Tamsis, adalah tingginya komitmen Bupati Ali Mukhni dalam memajukan SDM masyarakat, terutama yang bekerja pada kantor walinagari. Sebuah komitmen dan sambutan luar biasa. Apalagi, Padang Pariaman masa depan itu sebagai pusat lapangan pekerjaan yang besar bagi Sumatera Barat," ujar dia.
    Dengan kerjasama antara Tamsis dan Pemkab Padang Pariaman, lanjutnya, khusus dalam peningkatan SDM, merupakan lompatan yang sangat luar biasa dari seorang Ali Mukhni selaku kepala daerah saat ini. Boleh di bilang, bupati itu berbuat jauh sebelum yang lain memikirkannya.
    Ketua Yayasan Tamansiswa yang menaungi Unitas tersebut, Irwandi Yusuf menilai secara nasional Padang Pariaman itu jauh terkenalnya. Pertumbuhan ekonominya yang terus menajak naik, tentu tidak terlepas dari kegigihan seorang Ali Mukhni selaku kepala daerah yang dipilih masyarakatnya.
    "Secara umum, Tamsis mengalami kemajuan yang cukup meningkat saat ini. Tahun ini ada 30 persen peningkatan jumlah mahasiswa baru bila dibandingkan dengan tahun lalu. Tentu ini bagian dari komitmen bersama dalam memajukan Unitas, termasuk juga kerjasama yang baik dengan Pemkab Padang Pariaman," kata dia.
    Bupati Ali Mukhni memastikan, bahwa kerjasama dalam peningkatan SDM aparatur di nagari itu, hanya dengan Tamsis satu-satu perguruan tinggi yang digandengnya. "Kerjasama ini terus kita lakukan. Dan Alhamdulillah, jumlah mahasiswa dari daerah ini meningkat jumlahnya dari tahun lalu. Tentu kita ingin, tiap tahun jumlah terus bertambah," kata Ali Mukhni.
    Ali Mukhni juga memberikan apresiasi, atas dijadikannya Padang Pariaman sebagai pusat KBM mahasiswa tahun ini. Pada kesempatan itu, secara resmi Unitas menobatkan Ali Mukhni sebagai Dewan Penyantun Tamsis Padang.
    Harifal Suandi, Ketua Panitia KBM Tamsis menyebutkan, jumlah peserta KBM tahun ini mencapai 327 mahasiswa. "Di samping penanaman pohon, kami juga melakukan penyebaran bibit ikan, bakti sosial dengan mencat asrama dan pesantren tempat KBM ini di lakukan," ungkapnya. (adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar