Sabtu, 23 Juli 2016

Distanakhut Padang Pariaman Apresiasi KTTS Padang Mantuang



Distanakhut Padang Pariaman Apresiasi KTTS Padang Mantuang

Padang Pariaman--Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (Distanakhut) Kabupaten Padang Pariaman Yurisman mengapresiasi Kelompok Tani Talago Sakato (KTTS) Padang Mantuang, Kayutanam. Kesungguhan dan kekompakan mereka telah menghasilkan.
Ungkapan itu dikemukakan Yurisman ketika meninjau KTTS yang bergerak dalam usaha peternakan dan sapi perah, Jumat (22/7) lalu. Kedatangan Yurisman yang didampingi Kepala Bidang Peternakan Zukhailisman dan tiga staf disambut Ketua KTTS Afriadi bersama 10 anggota.
Kelompok yang dibina secara intens oleh Disnakhut itu saat ini sudah mampu menghasilkan susu segar hasil perahan berkisar 180 hingga 200 liter / hari atau 12 liter / ekor / hari. “Produksi sebesar itu berasal dari 20 ekor induk sapi. Selain itu juga terdapat 19 sapi remaja hasil peternakan,” ujar Yurisman.
Zulkhailisman menambahkan, lahan yang dimanfaatkan kelompok tidaklah begitu luas, kurang dari satu hektare. Bahkan, luas kandang untuk 19 sapi hanya berkisar 100 meter persegi. “Karena areal hijauan makanan ternak (HMT) terbatas, KTTS menandatangkan rumput dari luar dengan mempekerjakan tiga karyawan,” ujarnya.
Produksi susu segar yang dihasilkan KTTS dipasarkan ke Padang Panjang, Pariaman dan Kota Padang. “Kami akan menjalin kerjasama dengan Pabrik Coklat Adam Kampuang Dalam guna memasok susu segar sebagai bahan baku,” kata Yurisman.
Sejak beberapa tahun terakhir, sektor peternakan sapi di Padang Pariaman menunjukkan perkembangan pesat. Hal itu berkat inovasi dan terobosan Distanakhut dalam membina kelompok tani peternak. Di antaranya pola embrio transfer (bayi tabung) yang sudah berhasil dikembangkan.
“Selain itu, kami juga sukses menerapkan GBIB (gertak birahi inseminasi buatan). Caranya dengan menyuntikkan hormon perangsang birahi kepada sapi betina sasaran. Selanjutnya barulah menyuntikkan sperma pejantan,” papar Zulkhailisman. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar