Jumat, 30 September 2016

Padang Pariaman Punya Banyak Sumber Mata Air

Padang Pariaman Punya Banyak Sumber Mata Air

Batang Gasan--Komitmen Pemkab Padang Pariaman dalam penyediaan sarana air minum untuk masyarakat patut diapresiasi. Banyaknya sumber air bersih menjadikan daerah ini sebagai pilot project pemerintah pusat untuk program pengembangan air minum. Salah satunya bantuan dari negara Hungaria yang bertempat di Nagari Malai V Suku, Kecamatan Batang Gasan. Bantuan diberikan secara bertahap dengan nilai Rp40 miliar melalui Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.
    "Insya Allah, di sini sedang di bangun jaringan induk penyediaan air minum untuk wilayah utara," kata Bupati Ali Mukhni saat meninjau pembangunan ruang instalasi pengolahan air di di Nagari Malai V Suku itu, Selasa (27/9) lalu.
    Orang nomor satu di Padang Pariaman dan PAN Sumbar itu berharap, instalasi air segera diselesaikan sehingga pada tahun 2017 sudah dapat dioperasionalkan untuk memenuhi harapan masyarakat.
    "Airnya nanti berkapasitas 40 liter per detik. Kita doakan semoga lancar-lancar saja. Tahun 2017 sudah bisa dinikmati oleh masyarakat," kata Bupati Ali Mukhni didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.
    Pada kesempatan itu, Bupati Ali Mukhni juga menghimbau masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan dan terus melakukan upaya penghijauan terhadap hutan yang sudah gundul. Ia sudah meminta Dinas Pertanian untuk melanjutkan reboisasi dengan menanam pohon sengon di seluruh hutan Padang Pariaman.
    "Banyaknya sumber mata air di Padang Pariaman itu karena hutan kita masih terjaga. Tapi jika ada penebangan liar akan mengancam pula kekayaan air kita," ujar alumni Lemhanas pada 2012 itu.
    Direktur PDAM Padang Pariaman, Aminuddin mengatakan saat ini sedang di bangun empat ruangan, terdiri dari ruang kimia, rumah operasional, ruang mekanikal engenering (ME), rumah jaga dan tempat limbah dengan nilai Rp2 miliar. Selanjutnya pembangunan jaringan pipa sepanjang 15 kilometer dari Nagari Malai V Suku, Batang Gasan ke Sungai Limau.
    "Air PDAM ini nantinya akan dapat dinikmati sekitar 20 ribu KK dari Gasan, Sungai Limau bahkan sampai ke Nareh, Kota Pariaman," ungkapnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar