Rabu, 14 September 2016

Himbauan Men PAN-RB Asman Abnur Bupati Ali Mukhni Pastikan Tidak Ada ASN Padang Pariaman yang Masuk Jalur Titipan

Himbauan Men PAN-RB Asman Abnur
Bupati Ali Mukhni Pastikan Tidak Ada ASN Padang Pariaman yang Masuk Jalur Titipan

Padang Pariaman--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Asman Abnur apresiasi kinerja Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dalam pengembangan teknologi informasi dalam pelayanan publik. Di antaranya dalam pelayanan administrasi kependudukan, penyediaan website desa/nagari dan tersedianya layanan untuk keluhan masyarakat melalui SMS gateway.
    "Tadi Bupati Ali Mukhni sampaikan, bahwa di Padang Pariaman sudah menerapkan e-Government sejak lima tahun yang lalu," kata Asman Abnur di ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau, Rabu (14/9).
    Pada kesempatan itu, ia menghimbau seluruh ASN di kabupaten dan kota se-Indonesia untuk meninggalkan cara-cara konvensional dalam bekerja. Manfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan dan mempercepat akses informasi dan pelayanan kepada masyarakat.
    "Kalau pelayanan publik sudah secara elektronik, akan menghindari pelayanan yang bertele-tele, lebih transparan dan mencegah KKN," kata politisi PAN itu.
    Dikatakannya, bahwa ASN merupakan jantung bagi suatu negara. Dia harus di kelola dengan profesional yang berorientasi kepada kepuasan dan kepercayaan publik, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, dia memiliki kebijakan akan merekrut mahasiswa dengan nilai cumlaude menjadi ASN.
    "Usulan ini sudah saya sampaikan kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden," kata mantan Wakil Walikota Batam dan putra Batukalang, Padang Sago itu. Asman juga meminta bupati/walikota untuk selalu berinovasi dalam percepatan pelayanan perizinan, promosi wisata, pelayanan kepegawaian bila perlu sharing informasi dengan daerah yang lebih dahulu telah sukses menerapkannya.
    "Contoh, kita bisa belajar ke Banyuwangi, Jawa Timur dalam membuat akta kelahiran satu jam siap," kata dia.
    Bupati Ali Mukhni menyambut positif usulan Menteri PAN dan RB itu untuk merekrut lulusan terbaik di universitas ternama untuk menjadi ASN. Kebijakan tersebut tentunya akan melahirkan generasi muda yang cerdas akan mengisi posisi-posisi penting dalam pemerintahan.
    "jadi tidak ada lagi namanya pegawai titipan, anak si itu, adik si anu. Mesti profesional dan cerdas, Saya sangat setuju program Menteri itu," kata Ali Mukhni didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.
    Terkait penyelengaraan e-Government, Ali Mukhni mengaku telah membentuk Tim Pengembangan Teknologi Informasi, di singkat Tim Petik pada 2010 yang lalu. Tim Petik bertugas melakukan pemetaan masterplan kebutuhan aplikasi berbasis teknologi informasi di masing-masing SKPD. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar