Minggu, 04 September 2016

Padang Pariaman Punya Akademi Komunitas

Padang Pariaman Punya Akademi Komunitas

Sungai Limau--Dirjen Kelembagaan IPTEK dan Perguruan Tinggi Kemenristek, Patdono Suwignjo, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan Wakil Ketua DPRD, Januar Bakri letakan batu pertama pembangunan kampus Akademi Komunitas UNP, Kamis (1/9) pagi.
    Kampus Akademi Komunitas UNP Padang Pariaman di bangun di lahan yang dihibahkan alm Hj Umi Kalsum di Korong Sungai Sirah, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau yang nantinya akan membuka bidang studi Teknik Eletronika dan Perhotelan.
    Wabup Suhatri Bur mengatakan, pembangunan kampus akademi komunitas merupakan bentuk dukungan dan komitmen Pemda memajukan sektor pendidikan. "Melalui kerjasama dengan seluruh pihak, langkah ini menjadi awal upaya tersebut," kata Suhatri Bur.
    Dikatakannya, dipilihnya Nagari Pilubang sebagai lokasi pembangunan kampus ini tidak terlepas dari keinginan pemerataan pembangunan dan perekonomian di wilayah Padang Pariaman. Selain itu, posisi Nagari Pilubang yang terletak di bagian utara, serta dekat dengan beberapa kabupaten lain di Sumatera Barat, menjadikan kampus ini nantinya idola bagi tamatan SMA.
    "Nanti putra terbaik lulusan SMA tidak jauh-jauh lagi untuk kuliah. Bagi yang berada di kabupaten bagian utara Sumatera Barat akan lebih dekat jika ngampus di sini," urainya. Selain pembangunan infrastruktur pendidikan, seperti sekolah, kampus dan Diklat, sebagai bentuk komitmen Padang Pariaman mencapai visi cerdas, Pemda bersama Baznas juga menyalurkan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa seluruh tingkatakan. Langkah itu merupakan upaya peningkatan SDM melalui pendidikan.
    Tokoh masyarakat Pilubang Tri Suryadi mengatakan, pembangunan kampus tersebut akan memberikan "multi effect" bagi nagari Pilubang dan kawasan sekitar. Pembangunan kampus akan merangsang tumbuhnya peluang ekonomi baru. Dengan adanya kampus ini akan di ikuti dengan kebutuhan fasilitas penunjang, seperti rumah kos mahasiswa, rumah makan, toko ATK dan peluang ekonomi lain.
    Tri Suryadi yang anggota DPRD Padang Pariaman asal Partai Gerindra itu mengusulkan agar Dirjen DIKTI membuka program studi bidang kelautan dan perikanan. "Daerah kita adalah daerah pesisir. Salah satu potensinya, kemaritiman. Tentu kita harapkan agar bidang kelautan dan perikanan bisa diadakan," ulasnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar