Kamis, 29 September 2016

Akibat Hempasan Sungai Batang Tapakis Kondisi Jembatan Parit - Kampuang Pauah Mirim

Akibat Hempasan Sungai Batang Tapakis
Kondisi Jembatan Parit - Kampuang Pauah Mirim

Tapakis--Jembatan yang menghubungkan Korong Parit dengan Korong Kampuang Pauah, Nagari Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman yang dibangun sejak era desa dulu kini kondisinya miring, lantaran sebuah tonggaknya patah akibat hempasan air di Sungai Batang Tapakis tersebut.
    Walinagari Tapakis Rusli Muslim Rangkayo Majo Basa bersama Ketua KAN setempat, Zul Azmi Rangkaro Batuah menilai, jembatan itu paling banyak dilewati banyak orang. Sebab, jalur itu bisa mempercepat jarak Tapakis ke Lubuk Alung.
    "Saya yang juga bertugas di nagari ini, tiap hari paling kurang itu dua kali melewati jembatan tersebut," tambah Zul Azmi yang Kepala KUA Kecamatan Ulakan Tapakis ini. Pihak nagari belum menganggarkan pembangunan jembatan itu, lantaran tak cukup dana untuk jatah nagari tahun ini.
    Namun demikian, kata Walinagari Rusli Muslim, jembatan itu telah ditinjau langsung oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni. "Bupati minta proposalnya langsung dikasihkan ke dia. Dan itu sedang kita siapkan. Kita berharap, pembangunan jembatan ini bisa dianggarkan di APBD tahun depan," ujarnya.
    Rusli Muslim dan Zul Azmi ingin, pembangunan jembatan itu kedepannya lebih besar lagi. "Selama ini hanya motor dan kendaraan roda dua yang bisa lewat. Kedepan itu, bagaiman mobil bisa lewat. Sebab, aktivitasnya semakin tinggi dari masa ke masa.
    Menurut Rusli Muslim, Bupati Ali Mukhni telah perintahkan anak buahnya, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum untuk melihat langsung kejadian yang sesungguhnya. "Melihat kondisi yang ada, bila terjadi air bah di Batang Tapakis ini sekali saja, diyakini jembatan ini akan ambruk dan itu akan memutuskan hubungan masyarakat itu sendiri," katanya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar