Minggu, 25 September 2016

Generasi Muda Dituntut Lebih Peduli Akan Potensi Daerah

Generasi Muda Dituntut Lebih Peduli Akan Potensi Daerahnya

Pariaman--Malam minggu, halaman SDN 01 Sicincin bersinar bermandikan cahaya dan padat dikerumuni masyarakat Padang Pariaman. Malam itu tidak ada murid yang belajar malam, selain malam Final Pemilihan Cik Uniang dan Cik Ajo.
    Seperti tahun lalu, pelaksanaan puncak pemilihan Cik Uniang dan Cik Ajo diselenggarakan di lapangan terbuka, bermandikan cahaya bulan dan bintang. Kali ini, halaman SDN 01 Sicincin mendapat kehormatan menjadi tempat pelaksanaannya.
    Malam yang semarak itu dihadiri Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni beserta Ny. Rena Ali Mukhni, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumbar, Burhasman, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekda Jonpriadi dan seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Padang Pariaman.
    Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mengapresiasi acara pemilihan Cik Uniang dan Cik Ajo karena melalui ajang pemilihan yang dapat menggalakkan pariwisata melalui promosi.
    "Padang Pariaman kaya dengan objek wisata. Kualitasnya tidak kalah dengan objek wisata daerah lain seperti Bali. Kita punya alam yang sangat indah. Seperti Lubuk Nyarai," ujarnya.
    Kata pak Gubernur, Lubuk Nyarai tidak kalah indahnya dari Air Terjun Niagara di benua Amerika. Lalu, ada wisata kuliner di Tiram, wisara religius Makam Syech Burhanuddin di Ulakan, kata Ali Mukhni lagi mengutip pujian Gubernur Irwan Prayitno.
    Ali Mukhni berharap, diselenggarakannya acara seperti ini mampu meningkatkan citra pariwisata Padang Pariaman. Dengan semakin banyaknya even pariwisata baik secara nasional maupun internasional, sosok duta wisata diperlukan untuk mempromosikan pariwisata, khususnya pariwisata di Kabupaten Padang Pariaman.
    Menurut Ali Mukhni, sasaran pemilihan duta wisata tidak hanya terfokus pada promosi wisata saja, tapi juga untuk dapat mempromosikan produk-produk daerah seperti kerajinan sulaman dan cinderamata, kesenian dan budaya daerah serta menjadi role model bagi generasi muda untuk lebih memperdulikan pengembangan kepariwisataan daerah.
    "Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan pemilihan Cik Uniang Cik Ajo duta wisata dan duta pelopor keselamatan berkendara, kami harapkan supaya generasi muda lebih peduli akan potensi daerahnya masing-masing serta mampu mensosialisasikan keselamatan dalam berkendara kepada masyarakat. Selain itu, acara ini diharapkan untuk menghimbau para generasi muda untuk aktif dan ikut serta dalam pembangunan ekonomi daerah melalui pariwisata," urainya menutup kata sambutan.
    Sementara itu, Desmawati, Kabid Pariwisata menjelaskan, proses pelaksanaan acara telah berjalan selama dua bulan mulai tanggal 17 Maret dan berakhir 17 Mei 2015. "Peserta yang mendaftar sebanyak 157 orang, lulus administrasi 75 orang dan akhirnya malam final ini didapat 10 pasang peserta untuk memperebutkan peringkat dan beberapa penghargaan lainnya," katanya. (501)
-----------------------------------------------------------------

Ditaksir Kerugian Rp50 Juta, Rumah Nurlela Hangus Terpanggang

Padang Sago--Malang benar nasib Nurlela. Ibu rumah tangga berusia 32 tahun ini, Senin sore kemarin dapat musibah. Rumah yang terbuat dari kayu, merupakan bantuan pascagempa yang dihuninya hangus terpanggang. Dua unit mobil pemadam milik Pemkab Padang Pariaman yang datang, tak mampu lagi menyelamatkan pondok tersebut.
    Semua isi dan rumah yang terletak di Korong Sungai Pua Tanjung Mutuih, Nagari Koto Dalam, Kecamatan Padang Sago itu tak bisa diselamatkan. Menurut Kepala BPBD Padang Pariaman Amiruddin, penyebab kebakaran masih dalam penyidikan pihak berwajib. Kerugian mencapai Rp50 juta.
    Amiruddin menyebutkan, pihak BPBD telah berbuat secara maksimal. Namun, nasib berkata lain. "Sekarang korban Nurlela butuh tenda dan logistik lainnya, yang segera kita kirim ke lokasi. Bersyukur kita, tidak korban jiwa dalam kejadian menjelang malam itu," kata Amiruddin.
    Nurlela termasuk keluarga miskin. Tinggal jauh pula di kampung tersuruk. Bahkan, rumah kayu yang dihuninya merupakan bantuan, yang disambung-sambungnya dengan rumah bekas reruntuhan milik orangtuanya.
    Pemadam yang datang berhasil mematikan api, sehingga tidak berimbas pada rumah lainnya yang berdekatan dengan rumah Nurlela. Pemerintah melalui BPBD berharap, Nurlela sabar dan tabah menerima cobaan demikian. Sebab, semuanya berjalan atas kehendak Yang Maha Kuasa. (501)
------------------------------------------------------

Kantongi 520 Suara, Hendri Jadi Walikorong Tanjung Basung I

Batang Anai--Pemilihan Walikorong Tanjung Basung I, Nagari Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman, Minggu lalu berhasil dimenangkan Hendri. Dia mampu mengantongi 520 suara masyarakat yang punya hak suara dalam pemilihan yang berlangsung aman dan tertib tersebut.
    Dengan demikian, calon lainnya; Nasrul harus menerima kekalahannya dengan ikhlas yang hanya dapat 426 suara, Yuhendri harus pula puas dengan hanya 383 suara, dan Irwanto yang dapat 46 suara.
    Dalam pemilihan itu ditemukan 13 suara tidak sah alias batal. Mungkin akibat salah coblos, atau satu suara dicoblos dua calonnya. Melihat kondisi yang ada, ternyata partisipasi pemilih lumayan tinggi.
    Menurut panitia, pihaknya akan mengajukan hasil pemilihan walikorong itu ke pemerintahan nagari Sungai Buluah, untuk selanjutnya di-SK-kan sebagai perpanjangan tangan walinagari di korong terkait. (501)
--------------------------------------------------------------

Hari Ini
Jenderal TNI Moeldoko Panen Raya di Demplot Padi Organik Tong Blau

Batang Anai--Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko melakukan panen raya di Demplot Padi Organik wilayah Korem 032/Wirabraja di Tong Blau, Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman, Rabu (20/5) ini. Panen raya ini juga dihadiri Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Edy Rahmayadi, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan jajaran Korem 032/Wirabraja serta Dandim se-Sumatera Barat.
    Hal tersebut disampaikan Bupati Ali Mukhni usai menghadiri Pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan kepala daerah serentak tahun ini, di Aula IKK di Parit Malintang, Senin (18/5).
    "Insya Allah, Besok (20/5) Rabu hari ini, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko akan hadir pada panen raya di Demplot Kasang," kata Bupati yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.
    Acara panen padi perdana tersebut, rencananya akan dihadiri ribuan masyarakat yang terdiri dari kelompok tani, penyuluh, walinagari dan walikorong se-Kabupaten Padang Pariaman.
    Ali Mukhni mengatakan, kunjungan kerja Panglima TNI Jenderal Moeldoko untuk mengetahui secara langsung terkait pelaksanaan program swasembada pangan nasional, sebagaimana yang dicanangkan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Swasembada pangan nasional terkait dengan upaya peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan dalam jangka waktu tiga tahun ke depan.
    Ia juga apresiasi Korem 032/Wirabraja dan Kodim 0308 Pariaman yang telah serius dalam mensukseskan program swasembada pangan nasional di Sumatera Barat, khususnya Padang Pariaman. Berbagai upaya dan langkah-langkah strategis dilakukan dengan dukungan pemerintah pusat dan daerah mulai dari pengadaan bibit, perbaikan irigasi, alat-alat pertanian dan tenaga penyuluh.
    "Alhamdulillah, bersama Pak Dandim kita juga telah lakukan panen padi perdana di lokasi tersebut. Hasilnya sangat memuaskan dan yang paling membanggakan adalah pola tanam semuanya dengan sistim organik," kata Bupati Ali Mukhni yang meraih penghargaan Ketahanan Pangan tahun 2014 itu. (501)
------------------------------------------------------------------

Koalisi Gerindra - PKS Semakin Oke
Kepastian Duet Refrizal - Happy Neldy Masih Menunggu Petunjuk Majelis Syuro

Pariaman--Teta teki PKS dan Partai Gerindra Padang Pariaman bakal berkoalisi untuk mengusung pasangan calon kepala daerah, nampaknya semakin meyakinkan masyarakat. Apalagi, ada sinyal dari pusat, bahwa kedua partai itu diajurkan untuk satu paket dalam memenangkan Pilkada serentak 9 Desember mendatang.
    Anggota Tim Optimalisasi Daerah (Tomda) DPD PKS Padang Pariaman, Iskandar Bustami menjelaskan sinyal untuk berkoalisi tersebut. "Namun, untuk mengajukan pasangan Refrizal - Happy Neldy, PKS masih menunggu intruksi (perintah) dari Majelis Syuro terhadap pribadi Refrizal yang tiga periode di DPR RI untuk maju jadi calon bupati di kampungnya sendiri, Padang Pariaman," kata Iskandar Bustami yang mantan anggota DPRD ini.
    Menurut Iskandar Bustami, DPD dan DPC PKS se Padang Pariaman telah memberikan mandat atau persetujuan, kalau Refrizal layak dan pantas untuk calon bupati. "Rekomendasi demikian telah kita berikan ke DPW PKS Sumbar, yang selanjutnya diteruskan ke DPP PKS. Informasi kelanjutan rekomendasi demikian, kata Refrizal, menunggu dulu hasil musyawarah Majelis Syuro PKS," ujarnya.
    "Dari tahapan Pilkada yang dilakukan di internal PKS, sudah ditetapkan tiga nama yang pantas untuk dimajukan. Mereka; Refrizal, yang saat ini telah tiga periode di DPR RI, Dasril, mantan anggota DPRD Padang Pariaman yang pernah jadi ketua DPD PKS, dan Risdianto yang saat ini jadi Ketua DPD PKS daerah ini," Iskandar Bustami menjelaskan.
    Namun, kata Iskandar Bustami lagi, dari yang tiga nama demikian hanya Refrizal dan Dasril yang patut diajukan, karena Risdianto masih panjang jalan yang akan ditempuhnya. "Ya, kita tunggu saja kebijakan Majelis Syuro DPP PKS yang akan menentukan calon bupati dan wakil bupati dari koalisi PKS - Gerindra," ujarnya.
    Sebelumnya, Happy Neldy, Ketua DPC PKS mengaku tengah membangun komunikasi politik antara dia dan Refrizal, yang nantinya kalau ketemu kecocokan akan dianjukan ke KPU. "Gerindra dan PKS masing-masingnya punya empat kursi di DPRD Padang Pariaman. Artinya, cukup 20 persen kursi dewan sebagai prasyarat untuk mengusung calon kepala daerah," kata dia. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar