Senin, 21 Agustus 2017

DI dan Bendungan Selesai Dibangun Ratusan Henktare Sawah dan Kolam Ikan Masyarakat Petani Kembali Berfungsi

DI dan Bendungan Selesai Dibangun
Ratusan Henktare Sawah dan Kolam Ikan Masyarakat Petani Kembali Berfungsi

Tandikek--Lebih dari 300 meter Daerah Irigasi (DI) Mudiak Balai, Tandikek dan sebuah bendungan selesai dibangun. Memakan anggaran APBD Padang Pariaman sekitar Rp400 juta, Jumat lalu DI itu serah terima dari pihak pekerja ke Pemkab daerah itu.
    "Kehadiran DI dan bendungan ini amat dirasakan masyarakat Korong Pulau Aie, Nagari Tandikek. Dengan bendungan, air dengan mudah masuk saluran intake, dan selanjutnya mengaliri ratusan hektare sawah masyarakat petani," kata Jahendar, salah seorang tokoh masyarakat Tandikek.
    Menurut Mak Etek Jay, panggilan akrap Jahendar, seiring dengan beroperasinya DI dan bendungan itu, kolam ikan dan sawah petani tidak lagi kekeringan. "Ini sebuah kemajuan dan langkah tepat yang dilakukan Pemkab Padang Pariaman dibawah komando Bupati Ali Mukhni dan Wabup Suhatri Bur," kata dia, Senin (21/8) kemarin di Tandikek.
    Memang, sebut Mak Etek Jay, banyak lahan sawah yang telah beralih fungsi jadi ladang pepaya, akibat tidak adanya irigasi yang sehat selama ini. Dan, alhamdulillah, DI dan bendungan yang siap pakai ini akan menjadi era kebangkitan pertanian padi kembali oleh masyarakat Pulau Aie.
    Menurut dia, kehadiran DI dan bendungan ini tak terlepas dari komunikasinya dengan Bupati Ali Mukhni. "Saya bersama masyarakat termasuk yang nyinyir mengusulkan pembangunan DI tersebut. Berkat kesungguhan, resfon baik Pemkab pun menjadi pijakan masyarakat untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraannya," ungkap mantan Caleg DPRD Padang Pariaman dari Gerindra itu.
    "Dulu, betapa susahnya masyarakat mengalirkan air ke sawahnya. Di buat bendungan tradisional dengan menyusun batu untuk memagari bendungan, agar air bisa masuk saluran," ujar Mak Etek Jay bersama Topik Hidayat, kontraktor yang mengerjakan DI demikian.
    Jadi, kata dia, keinginan untuk sebuah bendungan bersama saluran air ini sudah lama diidamkan masyarakat. Boleh dibilang mimpi lama yang baru saja terwujud. "Terima kasih Pemkab Padang Pariaman," sebutnya.
    Topik Hidayat, kontraktor yang mengerjakan kegiatan itu mengaku dukungan masyarakat Pulau Aie dan Mudiak Balai cukup besar dalam kesuksesan pengerjaan DI dan bendungan ini. Sebab, masyarakat tahu betul arti penting kehadiran DI dan bendungan dalam memajukan kesejahteraan lewat pertanian. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar