Kamis, 24 Agustus 2017

Batang Anai dan Ulakan Tapakis Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Bupati Ali Mukhni Sikapi Serius Sekolah Unggul 

Padang Pariaman--Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni bergerak cepat dalam menindaklanjuti kehadiran sekolah unggul bertaraf internasional yang ada di wilayah itu. Hal itu ditandai dengan intensifnya diadakan rapat koordinasi jajaran Dinas Pendidikan, Kepala SMP dan SMA, Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan yang berlangsung di pendopo Bupati, Sabtu lalu.
    Rakor yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Syamsulrizal tersebut, merupakan ajang persamaan persepsi untuk memajukan kualitas pendidikan di Padang Pariaman. Syamsulrizal memuji langkah maju yang dilakukan Bupati Ali Mukhni beserta jajaran Dinas Pendidikan untuk mewujudkan keberadaan sekolah unggul bertaraf internasional.
    "Atas nama pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kami apreasiasi Bupati Ali Mukhni yang menjadikan Padang Pariaman sebagai kabupaten dan pertama di Sumbar yang menindaklanjuti sekolah unggul bertaraf internasional. Diharapkan nantinya sekolah unggul itu bisa mengantarkan dunia pendidikan daerah ini lebih baik lagi," kata dia.     Ia mencontohkan, sekolah unggul bertaraf internasional yang ada di Padang Pariaman, yaitu SMAN 1 Lubuk Alung berhasil meraih prestasi peringkat 5 terbaik Sumbar, dari 279 SMA negeri/swasta di Sumbar. SMA 1 Lubuk Alung juga mengantarkan siswanya lebih dari 80 persen untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia.
    Bupati Ali Mukhni menegaskan, sejauh ini sekolah unggulan telah banyak melahirkan prestasi menggembirakan. Seperti SMAN 1 Lubuk Alung yang keluar sebagai juara olimpiade tingkat Sumbar. Demikian pula halnya TK/SD Model bertaraf internasional di Limpato. "Seandainya ada 4 sekolah seperti SMAN Lubuk Alung ini, tentunya Padang Pariaman akan semakin banyak menghasilkan prestasi yang membanggakan," ungkapnya.
    Dijelaskannya, sekolah unggul tersebut terdiri dari empat dapil. Masing-masing dapil akan diwakili satu sekolah. Nantinya sekolah tersebut akan studi banding ke SMA 1 Lubuk Alung. Dan pada akhirnya akan bersaing menjadi yang terbaik. (525)
---------------------------------------------------

TMMN di Nagari Parit Malintang
Banyak Pembangunan Fisik dan Non Fisik

Parit Malintang--iada hari libur bagi Bupati Ali Mukhni. Kepala daerah yang terkenal peduli dengan kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya, terus melihat dan memantau berbagai lini kehidupan masyarakat.
    Terbukti, ketika pejabat lain menikmati libur panjang, ia malah menggunakan waktu luangnya tersebut untuk meninjau program pembangunan yang ada di daerah yang dia pimpin sejak 2010 lalu itu.
Disaat terik matahari, Bupati Ali Mukhni bersama Dandim 0308 Pariaman Letkol Arm Nur Samsudin dan jajaran meninjau persiapan TNI Manunggal Membangun Nagari (TMMN) ke-92, tingkat Sumatera Barat di Nagari Parit Malintang, Sabtu lalu.
    "Alhamdulillah, program TMMN telah berjalan sesuai rencana.
Berbagi Infrastruktur jalan dan jembatan telah dibangun TNI dan masyarakat," kata Ali Mukhni.
    Adapun pusat TMMN di Korong Padang Toboh dilaksanakan pembukaan dan pengerasan jalan, dari Padang Baru menuju jalan lingkar sepanjang 800 meter. Sedangkan di Korong Padang Baru juga dilakukan pembukaan dan pengerasan jalan Padang Baru menuju jalan lingkar Duku-Sicincin sepanjang 1 kilometer.
    "Jadi ada pembukaan dan pengerasan jalan di dua korong tersebut lebih kurang 2 kilometer," kata Bupati Ali Mukhni yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.
    Selain itu, juga ada kegiatan rehab rumah tidak layak huni sebanyak lima unit, rehab kantor korong Padang Toboh, rehab 4 unit MCK, rehab satu buah surau, pembuatan gorong-gorong dan talud jalan.
    Disamping kegiatan fisik diatas, diadakan juga kegian non fisik berupa penyuluhan kesehatan, penyakit masyarakat, keagamaan yang melibatkan TNI, Pemda dam masyarakat.
    Bupati Ali Mukhni sangat terharu dengan antusias masyarakat terutama perangkat nagari, pemuda dan kaum bundo kanduang menyambut kegiatan TMMN dan siap membantu pemerintah daerah dan TNI untuk suksesnya program nasional tersebut.
    "Program nasional TMMN ini bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Saya berterima kasih kepada TNI, khususnya kepada Bapak Dandim yang telah mengusulkan Padang Pariaman sebagai tuan rumah," kata Bupati Ali Mukhni. (525)
------------------------------------------------

Padang Pariaman
Batang Anai dan Ulakan Tapakis Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Padang Pariaman--Bupati Ali Mukhni meminta Bappeda setempat menyiapkan grand design kawasan wisata pantai. Mulai dari Pantai Pasar Ketaping hingga Pantai Ulakan, tepatnya di depan makam Syekh Burhanuddin. Grand design melibatkan konsultan luar negeri yang profesional dalam pengembangan wisata bahari.
    Hal tersebut disampaikan Ali Mukhni ketika meninjau persiapan lokasi pembukaan Tour de Singkarak (TdS) 2014, Senin lalu. "Kawasan pantai mulai dari Pasar Ketaping hingga makam Syekh Burhanuddin akan ditata seindah mungkin," kata Ali Mukhni didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.
    Ia beralasan, penataan kawasan pantai ini mendesak harus dilakukan karena dalam jangka waktu 2-3 tahun ke depan, Kecamatan Batang Anai dan Ulakan Tapakis merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat.
    Faktanya, saat ini telah dibangun Badan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP), yang nantinya akan menimbulkan multi player effect terhadap perbaikan ekonomi dan kesejahteraaan masyarakat sekitar. Selanjutnya, pembangunan pelabuhan Tiram sebagai tempat berlabuhnya kapal pesiar dari berbagai negara, yang tentunya menikmati keindahan pantai dan aneka kuliner yang menggugah selera.
    "Banyak infrastuktur yang dibangun, akan menjadikan Kecamatan Ulakan Tapakis sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Sumbar ke depan. Untuk kawasan Pantai Tiram dibuat dam yang akan menghambat air pasang naik ke rumah makan warga. Air pasang tahunan bisa mencapai setinggi lutut orang dewasa, yang tentunya memberikan ketidak-nyamanan wisatawan domestik maupun luar negeri," sebutnya. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar