Senin, 22 Januari 2018

Taklukkan Pemkab Padang Pariaman dan Ujuang Batuang

Di Padang Pariaman
Berhasil Mengharumkan Daerah, 21 Qori Telah Diberikan Bonus Umrah

Parit Malintang--Pemkab Padang Pariaman selalu memberikan yang terbaik terhadap putra-putri daerah itu yang mampu mengharumkan Padang Pariaman. Baik di tingkat Sumbar apalagi di tingkat nasional.
Bupati Ali Mukhni bicara demikian, Rabu kemarin usai pelantikan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), dimana dia sendiri yang jadi ketua umum-nya. Kata dia, sebanyak 21 orang qori daerah ini yang berhasil membawa nama baik Padang Pariaman di kancah MTQ tingkat Sumbar, telah diberikan bonus umrah. Tentunya, penghargaan demikian akan terus ditingkatkan di masa mendatang. "Pembinaan keagamaan lewat MTQ terus pula ditingkatkan. Sejak saya menjabat kepala daerah, MTQ tingkat kecamatan dan kabupaten sudah dilakukan sekali dalam setahun, yang sebelumnya hanya sekali dua dan tiga tahun," kata Ali Mukhni. Melalui LPTQ, Ali Mukhni mengharapkan prestasi qori asal Padang Pariaman bisa ditingkatkan juga. "Kita pernah tiga besar saat menjadi tuan rumah MTQ tingkat Sumbar beberapa tahun silam. Namun, belakangan prestasi itu terus merosot. Tentunya harus menjadi kajian bersama pengurus LPTQ yang beru dilantik, agar giat bekerja, melakukan pembinaan terhadap qori dan qoriah," ungkapnya.
Ketua III LPTQ Sumatera Barat Syahril yang melantik pengurus tersebut menyebutkan, bahwa untuk meningkatkan prestasi ada baiknya dilakukan MTQ pada tingkat yang paling bawah, yakni korong dan nagari. Kemudian memperkuat jaringan dengan pondok pesantren yang ada.
"Kita ingin, lewat terobosan baru yang dilakukan Pemkab terhadap kemajuan kompetensi baca kita suci, ditingkatkan pula dengan pembinaan hafiz dan hafizah. Sebab, Program ini akan mampu mengantarkan qori kita ke tingkat internasional," kata Kepala Biro Binsos Setdaprov Sumbar itu. (525)
--------------------------------------------------

Di 3 Kecamatan dan 10 Nagari
FKPM Padang Pariaman Kembali Melantik Personilnya

Padang Pariaman--Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Kabupaten Padang Pariaman terus menggencarkan konsolidasi, dan pemantapan organisasinya di tengah masyarakat. Selasa (17/6) depan, FKPM daerah itu melantik personilnya yang ada di tiga kecamatan dan 10 nagari.
Ketua FKPM Padang Pariaman Aljufri kepada Singgalang, Kamis kemarin menyebutkan, FKPM kecamatan yang tiga itu; Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Patamuan, dan FKPM Kecamatan Padang Sago. Dalam kecamatan tersebut, ada 10 nagari yang juga sekalian dilantik FKPM-nya pada hari yang sama.
Mulai dari Nagari Sungai Sariak, Sungai Durian, Tandikek, Batukalang, Koto Baru, Koto Dalam, Lurah Ampalu, Lareh Nan Panjang, dan Tandikek Utara. Pelantikan rencananya akan dihadiri Kapolres Padang Pariaman, Kejari, Pengadilan Negeri Pariaman, serta Bupati Ali Mukhni.
Aljufri bersama Kasat Bimas Polres Padang Pariaman, AKP Sumardi menilai, pelantikan FKPM kecamatan dan nagari tersebut merupakan yang ke-3, setelah diawali dengan pelantikan FKPM kecamatan dan nagari dalam Kecamatan Batang Anai dan Lubuk Alung sama Sintuak Toboh Gadang.
Dia mengharapkan, pengurus yang akan dilantik di Nagari Tandikek itu mampu memberikan yang terbaik, di tengah masyarakatnya. Apalagi momen Pilpres saat ini, tentu peran-serta FKPM sangat dituntut untuk ikut-serta dalam menyukseskannya.
AKP Sumardi menambahkan, sesuai peran FKPM itu sendiri, keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat bisa di tingkatkan. Dan kemudian, segala tindak pidana ringan bisa pula di eleminir. Tentunya kerja demikian bisa dilakukan, bilamana FKPM eksis dalam masyarakat. (525)
----------------------------------------------------

Labergo Berpeluang Juara Grup
Taklukkan Pemkab Padang Pariaman dan Ujuang Batuang

Nan Sabaris--Tim Labergo FC dari Pungguang Kasiak Lubuk Alung berpeluang menjadi juara grup, pada pertandingan liga nagari memperebutkan piala Walinagari Kurai Taji, Kecamatan Nan Sabaris, setelah Labergo mampu mengalahkan tim Pemkab Padang Pariaman 2-0 dan Ujuang Batuang Pariaman 2-0 pula.
Ijep, supporter Labergo FC kepada Singgalang menyebutkan, dalam dua kali main tersebut membuat Labergo selangkah lagi untuk menjadi juara grup. "Kamis kemarin Labergo berhadapan dengan Mangau Saiyo FC, tuan rumah sebagai penentuan juara grup," kata dia.
"Dua tahun lalu, Labergo berhasil meraih piala Walinagari Kurai Taji demikian. Tentunya, bila saat ini kita mampu mendapatkannya kembali, maka piala tersebut sudah sepenuhnya menjadi milik Labergo," ungkap Ijep yang didampingi Rafendi Sanjaya, pembina Labergo.
Menurut dia, saat Labergo berdahapan dengan tim Pemkab Padang Pariaman, kedua gol diciptkana Fuji. Tidak ada perlawanan dari Pemkab, sehingga kemenangan dua kosong tidak berbalas. Begitu juga saat Labergo menghadapi tim Ujuang Batuang Pariaman. Sama sekali tidak ada perlawanan, sehingga dua gol dengan mulusnya juga diciptakan pemain hebat Labergo; Fuji. (525)
-----------------------------------------------------

Gelar Deklarasi Besar di Lubuk Alung
Ali Mukhni Targetkan Kemenangan Prabowo-Hatta 90 Persen

Padang Pariaman--Targetkan 90 persen kemenangan di Padang Pariaman, tim pemenangan Prabowo-Hatta gelar deklarasi, Rabu (18/6) depan di lapangan sepakbola Sungai Abang Lubuk Alung. Rencanya menghadirkan 10 ribu orang pendukung.
"Untuk mencapai target kemenangan 90 persen di Padang Pariaman, seluruh tim harus bergerak sebelum deklarasi dilaksanakan," kata ketua tim pemenangan Probowo-Hatta daerah itu, H. Ali Mukhni dihadapan ratusan tim, Rabu (11/6) di Anai Resort.
Pada kesempatan itu, seluruh tim pemenangan yang terdiri dari pengurus partai koalisi pendukung Prabowo-Hatta, sejumlah tokoh masyarakat Padang Pariaman, serta relawan, sepakat untuk menyediakan atribut Prabowo-Hatta, yang dananya berasal dari kantong sendiri.
"Tidak cukup hanya menunggu gerakan tim pemenangan pusat dan provinsi. Kita harus bergerak cepat. Waktu hanya tinggal 26 hari lagi," terang Yulius Danil, mantan ketua DPRD Padang Pariaman yang ikut dalam tim tersebut.
Ali Mukhni yang Bupati Padang Pariaman itu didampingi sekretaris pemenangan, Happy Neldy bertekad untuk memperoleh suara 90 persen untuk kemenangan pasangan dengan nomor uru satu demikian. Salah satu upaya untuk pencapaian target tersebut, sebelum deklarasi dilaksanakan, tim pemenangan telah terbentuk hingga ketingkat korong.
Kepada seluruh tim dan pendukung Prabowo-Hatta, Ali Mukhni mengingatkan, untuk berkampaye yang santun dan tidak saling menjelekkan. "Lampu awak sajo yang dipompa, lampu urang jangan dipadamkan pula," jelas Ali Mukhni.(525)
--------------------------------------------------------

IGM Sungai Durian Gelar MTQ Antar TPA/TPSA

Patamuan--Ikatan Guru Mangaji (IGM) Korong Sungai Durian, Kenagarian Sungai Durian, Kecamatan Patamuan mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat korong, antar TPA/TPSA yang ada dalam korong itu. Hal itu diadakan untuk memotivasi dan mencari bibit, agar bisa tampil di tingkat yang lebih tinggi.
Ketua IGM setempat, Januarlis Tuaku Sidi menyebutkan, kegiatan tingkat korong antar TPA ini diadakan untuk mencari bibit, karena selama ini belum ada MTQ antar TPA dalam korong.
"Selama ini banyak anak-anak yang berbakat dalam membaca Al-quran dengan berirama, tapi belum bisa tersalurkan. Makanya IGM dalam Korong Sungai Durian memfasilitasinya," ujar Januarlis.
Dia menjelaskan, di dalam korong ini ada tujuh TPA/TPSA yang dinilai aktif dalam melakukan aktivitasnya. "Kalau dilihat, di korong ini TPA sangat banyak, tapi belum difungsikan untuk belajar mengaji," katanya.
Pada MTQ itu, katanya, diikuti sebanyak 26 peserta. 13 orang untuk tingkat anak-anak, dan 13 orang untuk tingkat remaja. Pelaksanaan MTQ ini satu malam siap, masyarakat antusias mengikutinya. Ada yang membawa nasi dan makanan lainnya untuk panitia pelaksana dan dewan juri. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar