Selasa, 30 Januari 2018

Lapau Coklat Piaman Diresmikan Bisa Menghilangkan Stres, Mampu Meningkatkan Ekonomi

Padang Pariaman--Menjelang Tour de Singkarak 2014, Pemkab Padang Pariaman kembali membuka produk unggulannya; "Lapau Coklat Piaman" di Anai Resort, Senin (12/5). Lapau coklat ini adalah yang ketiga. Sebelumnya, telah ada di jalan By Pass Bandara dan di bekas Kantor Badan Kepegawaian Daerah di Pariaman.
"Kita ingin memperkenalkan Coklat Piaman ke dunia internasional. Coklat made in Piaman. Coklat ini diolah murni hasil dari petani Padang Pariaman," kata Bupati Ali Mukhni yang didampingi Ibu Hj. Rena Ali Mukhni.
Dijelaskannya, ketiga lapau coklat yang ada akan menampung hasil home industry yang ada di Sumbar. Jadi bukan hanya coklat saja. Ia juga mengajak masyarakat untuk makan coklat karena coklat sangat bagus untuk kesehatan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ia mencontohkan coklat bisa mencerdaskan anak dan coklat bisa menghilangkan stres bagi orang dewasa.
Ali Mukhni sangat senang melihat antusias masyarakat dan pengunjung ke lapau coklat. Ia pun berencana akan mengundang Gubernur dan Wagub Sumbar ke lapau coklat, dengan tujuan untuk dukungan pembangunan lapau coklat ke luar Sumbar ke depannya.
Ali Mukhni menjelaskan, lahan coklat yang telah ditanami seluas 20 ribu hektar di Padang Pariaman. Saat ini harga kakao mencapai Rp30 ribu per kilo. Tentunya prospek yang sangat menjanjikan sebagai sumber ekonomi masyarakat. Tanaman coklat harus dirawat dan dijaga seperti merawat anak gadis. Harus dipupuk, dipangkas dan dibersihkan.
"Prospek menanam coklat sangat menjanjikan. Bayangkan saja saat ini harganya mencapai Rp30 ribu per kilo. Kalau petani coklat lebih giat lagi, bukan tak mungkin penghasilannya melebihi gaji seorang Bupati," kata Ali Mukhni yang didampingi Sekda Jonpriadi.
Sementara itu tokoh masyarakat Nagari Guguak, Ismail Datuak Bagindo Basa mendukung program pemerintah. Ia bersama masyarakat akan menjaga keamanan dan ketertiban kawasan Anai Resort, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung lokal maupun wisawatan asing.
Pengelola Lapau Coklat, Hj. Neti Simamora mengatakan kehadiran lapau coklat semakin menegaskan Padang Pariaman sebagai sentra penghasil coklat di wilayah Sumatera. Ia banyak sekali mendapat dukungan dari tamu-tamu manca negara yang singgah di lapau coklat. Seperti salah satu tamu dari Jepang mengatakan, coklat Piaman sangat enak, murni dan layak ekspor. Pernyataan tersebut sangat menyentuh pintu batinnya untuk fokus mengembangkan lapau coklat hingga ke luar pulau Sumatera.
"Pernah suatu kali tamu dari Jepang berkunjung ke lapau coklat. Ia mengatakan, coklat Piaman sangat enak, murni dan layak ekspor. Itu merupakan motivasi bagi kami dalam mengembangkan lapau coklat," kata Neti Simamora optimis.
Disamping itu, ia mengatakan keberhasilan dalam pengembangan lapau coklat merupakan andil dari Bupati Ali Mukhni. Karena diawal pendirian lapau coklat ini ia kerap kali mendapat cemoohan dari orang-orang, tapi dengan motivasi yang diberikan Bupati beserta Ibu Rena Ali Mukhni, maka lapau coklat tumbuh dan berkembang pesat sesuai harapan. (525)
-----------------------------------

Perdana di Sumbar
Program Paten di Kantor Camat Lubuk Alung Dilounching

Lubuk Alung--Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menekankan kepada seluruh kabupaten dan kota agar segera menerapkan program Pelayanan Terpadu Kecamatan (Paten). Paten dilaksanakan di seluruh Indonesia, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor; 4 tahun 2010 tentang pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).
"Sudah empat tahun terbitnya aturan mengenai Paten, dan telah ditindak-lanjuti dengan edaran gubernur, namun dari laporan Kabiro Pemerintahan Umum bahwa dari 19 kabupaten dan kota, baru satu yang telah menerapkan Paten, yaitu Kabupaten Padang Pariaman. Insya Allah, kita lounching awal Juni mendatang. Tentunya ini perlu diapresiasi," kata Irwan Prayitno.
Kabiro Pemerintahan Syafrozal Ucok membenarkan, bahwa lounching Paten di Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman akan dihadiri Dirjen PUM Kemendagri. Lounching Paten akan dilaksanakan setelah pelaksanaan Rakor bupati dan walikota se-Sumbar pada awal Juni mendatang.
Syafrizal Ucok mengatakan, lounching Paten merupakan yang pertama dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Ia salut melihat komitmen Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni beserta jajarannya dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, dengan penerapan Paten di wilayahnya.
Bupati Ali Mukhni mengatakan, bahwa ia bersama jajaran berkomitmen menjalankan program Paten, yang sudah harus dilaksanakan paling lambat awal Juni mendatang.
Pelaksanaan paten, tegas dia, adalah mutlak sebagai pelayanan wujud nyata, dalam rangka mendekatkan pelayanan tersebut kepada masyarakat. Dengan demikian, tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh terhadap pelayanan, karena adanya kepastian waktu dan biaya yang ditetapkan.
Dijelaskannya, program Paten merupakan dibawah koordinasi, sekaligus bahan penelitian dari Asisten Tata Pemerintahan Anwar yang sedang mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat II di Jatinangor, Bandung. Jadi, setiap hari dilakukan rapat-rapat koordinasi dan peninjauan ke kecamatan-kecamatan yang ditunjuk sebagai pilot project paten, yaitu Kecamatan Lubuk Alung, 2x11 Enam Lingkung dan Sungai Limau.
"Jadi hasil penelitian Asisten bisa langsung di implementasikan para camat beserta jajaran," kata Alumnus Harvard Kennedy School di Amerika Serikat ini.
Untuk memperlancar operasional aparatur dalam penyelenggaraan Paten, Bupati Ali Mukhni menganggarkan pengadaan 17 unit kendaraan dinas roda dua, bagi sekretaris kecamatan se Padang Pariaman yang telah diserahkan awal bulan lalu. Tentunya
Pengadaan kendaraan dinas roda ini merupakan motivasi bagi aparatur, sebagai ujung tombak pelayanan di kecamatan.
Camat Lubuk Alung Azminur ketika dihubungi mengatakan siap melounching Paten di wilayahnya. Seluruh fasilitas telah dilengkapi dan representatif layaknya seperti suasana di hotel berbintang.
"Insya Allah, sesuai arahan Bapak Bupati Ali Mukhni, Kecamatan Lubuk Alung siap melounching Paten yang pertama di Sumatera Barat," ujar Azminur, camat berprestasi ini.
Sebagaimana diketahui, Paten merupakan pelayanan publik mulai dari permohonan hingga penerbitan dokumen dilakukan melalui satu loket pelayanan. Ketika masyarakat datang ke kantor camat, cukup menyerahkan berkas kepada petugas, lalu duduk sejenak, kemudian dipanggil untuk menerima dokumen yang sudah selesai. Jika ada biaya akan dicatat sesuai ketentuan. (525)
--------------------------------------------------

Ada Toilet Bertaraf Internasional
Band Nidji Meriahkan Grand Opening TdS di Pantai Tiram

Tapakis--Grand opening Tour de Singkarak (TdS) pada 6 Juni mendatang di Pantai Tiram akan dimeriahkan oleh grup bank terkenal asal ibukota, Nidji Band. Dihadirkan Band Nidji ini untuk menambah animo masyarakat guna beramai-ramai datang bersama keluarga di kawasan wisata bahari, Pantai Tiram.
Hal itu diungkapkan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni ketika meninjau persiapan grand opening TdS di Pantai Tiram, Kamis lalu. "Grand opening TdS akan dimeriahkan oleh Grup band terkenal dari Jakarta, dan disukai oleh kawula muda, yaitu Band Nidji. Kita punya target, Pantai Tiram menjadi lautan manusia yang didatangi pengunjung dari dan luar Sumbar," kata Ali Mukhni yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.
Dijelaskannya, pada saat grand opening, Pantai Tiram akan disulap menjadi kawasan penuh cahaya lampu, seperti layaknya kota di kawasan pantai di luar negeri. Di setiap sudut akan dipasang lampu sorot. Untuk acara puncak diadakan pesta kembang api yang akan menghiasi langit kawasan pantai.
Untuk kenyamanan tamu yang berasal dari 33 negara tersebut, telah disediakan fasilitas toilet bertaraf internasional. Toilet yang representatif, wangi dan air yang bersih, disediakan petugas yang bertugas untuk mengawasi.
"Di Pantai Tiram telah dibangun toilet bertaraf internasional. Toilet yang wangi, airnya bersih dan sangat nyaman. Kita persiapkan seluruh kegiatan Grand Opening dengan standar internasional," kata Ali Mukhni yang setiap hari selalu memonitor persiapan TdS. (525)
------------------------------------------------

Khatam Quran di Sekolah Patut Dilanjutkan

Kayutanam--Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni terlihat haru, sekaligus bangga dengan pendidikan agama yang diterapkan di SMP 2 Kecamatan 2x11 Kayutanam. Ia mengatakan, pendidikan di sekolah bukan hanya membahas prestasi akademik, tetapi yang tak kalah penting adalah mengisi qalbu anak didik dengan nilai agama, sehingga melahirkan generasi yang bermoral dan berakhlak mulia.
"Saya kira, inilah salah satu SMP yang sangat peduli dengan tingkah laku dan akhlak anak didiknya, yaitu dengan cara mewajibkan khatam Quran bagi setiap siswa. Ini tentunya harus diapresiasi," kata Bupati Ali Mukhni, Jumat lalu di sekolah itu.
Ali Mukhni memuji harmonisnya hubungan kepala sekolah dengan komite dan wali murid, dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Salah satu hasilnya; terwujudnya khatam Quran di lingkungan SMP.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Ali Mukhni juga menyerahkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu untuk dua orang siswa yang meraih juara umum di SMP 2 2x11 Kayutanam demikian.
"Saya harap program khatam Quran ini dapat ditiru oleh sekolah lain, termasuk juga tingkat SMA. Program ini sangat positif dan harus ditingkatkan," kata Ali Mukhni yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.
Kadis Pendidikan Mulyadi mengatakan, program khatam Quran ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan jajaran Dinas Pendidikan, untuk lebih mendekatkan diri anak didik kepada ajaran agama Islam. Bertujuan untuk mencegah terjadinya tingkah laku negatif, yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di tengah masyarakat. (525)
----------------------------------------------------

Bupati Ali Mukhni Bantu Siswa Sekolah INS Kayutanam

Kayutanam--Kepedulian dan komitmen untuk mencerdaskan anak bangsa, adalah tugas bersama pemerintah dan stakeholders demi lahirnya calon penerus pemimpin bangsa.
Hal ini nampaknya menjadi pemicu oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, yang mempunyai latar belakang seorang pendidik. Sebelum menjadi bupati, Ali Mukhni adalah seorang guru olahraga di SMA 1 V Koto Kampung Dalam.
Usai menghadiri dan memberikan santunan dari kocek pribadinya bagi siswa berprestasi di SMP 2 2x11 Kayutanam, Bupati Ali Mukhni meninjau pelaksanaan proses belajar dan mengajar di INS Kayutanam, Jumat lalu.
Inspeksi mendadak yang dilakukannya bersama Kapolres AKBP Tofik Ismail, adalah untuk mengetahui secara langsung dan menyerap aspirasi tenaga pendidik di INS. Di sekolah ini ia juga menemui anak asuh yang telah dibinanya selama beberapa tahun terakhir. Anak asuh tersebut diberikan bantuan, termasuk empat orang siswa berprestasi yang akan berangkat ke Jakarta, untuk mengikuti bimbingan belajar  sebagai persiapan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun ini. Masing-masing siswa berprestasi dibantu Rp1 juta.
"Terima kasih pak. Uang ini akan kami gunakan untuk ongkos ke Jakarta. Semoga menjadi amal ibadah atas keikhlasan Bapak membantu kami," kata salah seorang siswa tersebut.
Ali Mukhni berpesan, agar siswa dan siswa INS Kayutanam memiliki cita-cita setinggi langit, menjadi kebanggaan orangtua. Disamping juga memjadi contoh bagi adik-adik kelas di INS ini.
"Yang diharapkan orangtua terhadap anaknya, adalah ingin melihat anaknya sukses, dan tidak susah hidupnya jika dewasa nanti. Caranya belajar sungguh-sungguh, dan jangan lupa sholat," kata Ali Mukhni yang alumnus Harvard Kennedy School di Amerika Serikat ini. (525)
-----------------------------------------------------------

Bentengi Moral Generasi
Indojalito Peduli Gelar Tabligh Akbar di Sungai Limau

Sungai Limau--Pemkab Padang Pariaman menggelar tabligh akbar dan silaturahim dengan Yayasan Indojalito Peduli, di Masjid Raya Sungai Limau, Sabtu (17/5).
Pada kesempatan tersebut, Yayasan Indojalito Peduli dalam sambutanya yang disampaikan Mira Syarif, selaku Ketua Bidang Sosial Indojalito, bahwa salah satu bentuk kepedulian Yayasan Indojalito terhadap terkikisnya nilai moral, khususnya generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah, yaitu melalui safari ke masjid-masjid, memberikan tausyiah, dan siraman rohani untuk kebaikan akhlak dan sikap mental siswa di Padang Pariaman.
"Yayasan Indojalito Peduli merasa terpanggil untuk menyikapi menurunnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, khususnya terhadap generasi muda. Untuk itu, tabligh akbar sebagai salah satu cara untuk memberikan pencerahan, serta mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa," kata Mira Syarif.
Tausyiah yang disampaikan Ustadz Hasan Dalil dari Jakarta itu mengajak jamaah untuk mengikuti ajaran Rasullullah, yaitu Quran dan Hadis. "Berpegang kepada Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup, dan untuk kebaikan dunia dan akhirat," kata dia.
Bupati Ali Mukhni menyambut baik kehadiran Yayasan Indojalito Peduli di tengah masyarakat Padang Pariaman. Ia mengatakan, kegiatan Indojalito ini bukanlah yang pertama kalinya, baik kegiatan sosial maupun keagamaan. Indojalito sering berkunjung ke Padang Pariaman, dan memberikan bantuan untuk masyarakat. Seperti kegiatan sunatan massal sebanyak 200 orang di Kecamatan Batang Anai, dan juga memberikan Sembako, uang kepada masyarakat tidak mampu sebanyak 250 kk, di IKK beberapa waktu lalu.
"Yayasan Indojalito Peduli sangat tinggi perhatiannya kepada masyarakat Padang Pariaman. Atas nama pemerintah kami mengapresiasi kegiatan positif ini, dan kami harap terus berlanjut ke depannya. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan Yayasan Indojalito Peduli," kata Bupati Ali Mukhni didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Rena Sovia.
Tabligh akbar dihadiri ribuan jamaah. Di ikuti siswa SMP dan SMA se-Padang Pariaman. Indojalito juga menyerahkan bantuan Quran sebanyak 240 buah, untuk Masjid Raya Sungai Limau. (525)
-------------------------------------------------

Pondok Quran Darul Hikmah Diresmikan

Enam Lingkung--Keberadaan Pondok Quran Darul Hikmah Enam Lingkung di komplek Masjid Raya Pincuran Tujuh, Pakandangan sudah lama adanya. Namun, pemakaiannya baru diresmikan, Kamis lalu oleh Camat setempat Irsyaf Bujang, Kepala KUA Kasmir Diram, dan sejumlah ulama dari MUI kecamatan itu.
Diharapkan, kehadiran pondok Quran demikian mampu memberikan yang terbaik. Melahirkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah. "Lewat pondok ini, agaknya Kecamatan Enam Lingkung layak disebut sebagai kota santri," kata Irsyaf Bujang dan Kepala KUA Kasmir Diram.
"Betapa tidak, hampir tiap saat, siang dan malam para santri dan santriwati akan bersileweran, datang dan pergi menuntut ilmu di pondok ini. Dan ini pula satu-satunya pondok Quran yang ada di kecamatan ini, selain dari surau dan masjid yang membangun TPA/TPSA dan MDA," ungkap mereka.
Awaluddin, Ketua Pondok Quran Darul Hikmah menyampaikan, bahwa peresmian ini adalah langkah awal untuk kemajuan masa datang. "Dulu, kecamatan ini sangat terkenal sebagai sarangnya santri yang pandai dan lihai baca Quran. Hampir setiap kali MTQ tingkat Sumbar, ada saja peserta asal kecamatan ini yang tampil. Namun, belakangan mulai hilang," kata dia.
Berangkat dari pemikiran demikian, kata Awaluddin, pihaknya ingin mengembalikan kejayaan itu lewat pondok tersebut. Untuk ini, dia mengajak semua pihak dalam Kecamatan Enam Lingkung untuk ikut-serta dalam meramaikan pondok demikian. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar