Minggu, 07 Januari 2018

Rp820 Juta ADD untuk Pembangunan Fisik di Lubuk Alung

Lubuk Alung--Sebanyak Rp820 juta lebih Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari pusat untuk Nagari Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman tahun lalu digunakan untuk pembangunan fisik, berupa jalan rabat beton, jembatan, drainase, talut dan pembangunan lainnya.
Menurut Andri Septian, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Nagari Lubuk Alung, di antara pembangunan yang bersumber dari ADD demikian, drainase dari Koto Buruak ke Singguliang sepanjang 179 meter dengan dana Rp141 juta.
Kemudian, kata dia, drainase di belakang Bukik Lubuk Alung sepanjang 87 meter dengan nilai Rp48 juta, drainase di Kayu Gadang senilai Rp87 juta, jalan rabat beton di Asam Jawa dengan nilai Rp48 juta. Selanjutnya, jalan rabat beton menuju kantor walinagari senilai Rp32 juta.
"Pembukaan dan pengerasan jalan Koto Buruak Mudiak sepanjang 187 meter dengan dana Rp87 juta juga bersumber dari ADD," kata Alex, sapaan akrap Andri Septian. Kemudian, kata dia lagi, pembuatan jalan baru di Korong Padang Baru sepanjang 200 meter dengan anggaran Rp87 juta.
"Tahun lalu itu, kita juga membuat talut di Surantiah sepanjang 46 meter secara timbal balik dengan tinggi 1,8 meter dengan dana Rp75 juta," katanya. Di Surantiah, pihaknya juga membangun jembatan plat duker yang memakan anggaran Rp19 juta.
Sedangkan pembangunan kubah makam Tuanku Lubuk Alung, katanya, menelan biaya sebanyak Rp29 juta. Sedangkan pembangunan irigasi di Gantiang sepanjang 89 meter dengan total anggaran Rp82 juta juga telah selesai dan dinikmati oleh masyarakat.
Menurutnya, semua pembangunan demikian tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat petani di Gantiang yang selama ini susah dapat air sawah, kini alhamdulillah, telah punya sarana irigasi.
Begitu juga pembangunan talut di surantiah, yang intinya untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan hantaman sungai. "Dengan selesainya semua pembangunan tersebut, kita berharap masyarakat Lubuk Alung bisa berkembang dan terus meningkat perekonomiannya," harapnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar