Minggu, 21 Januari 2018

Padang Pariaman Etalase Bencana di Sumatera Barat

LA Trac Gelar Latihan
Refresing Sambil Menikmati Indahnya Bukik Sikayan Lubuk Alung

Lubuk Alung--Komunitas pencinta motor trail yang tergabung dalam LA Trac, Minggu (27/4) merancahi rimba dan hutan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Ini dilakukan, tentunya untuk mengembangkan diri, serta terus mengasah adrenalin komunitas yang terdiri dari anak muda tersebut.
Latihan rutin setiap Minggu itu diikuti pembina LA Trac dan ITA Kabupaten Padang Pariaman, Happy Neldy dan Jhon Emil. Diikuti lebih kurang 20 peserta. Mengambil rute di Bukik Sikayan Lubuk Alung, sungguh menyenangkan peserta karena ragam kondisi jalan yang ditemui.
Mulai gravel, batu besar, tanah keras, jalan becek, hingga bukit terjal. Paling top, tentu menikmati pemandangan indah Bukik Sikayan Lubuk Alung. Happy Neldy sebagai pembina komunitas LA trac menyambut positif kegiatan tersebut.
"Latihan rutin ini disamping menyalurkan bakat dan hobi, dapat juga dijadikan sebagai refresing untuk mengenal alam, serta membina adik-adik agar jangan ugal-ugalan di jalan raya," kata Ketua DPC Partai Genrindra Padang Pariaman yang terpilih jadi anggota dewan dalam Pileg lalu ini.
Happy Neldy mengatakan, motor yang dipakai tak mesti rancak. Yang penting nyaman dikendarai, bertenaga cukup, dan membuat percaya diri. Selain itu, yang penting kaki menapak di tanah, tak mesti motornya merek terkenal. (525)
-------------------------------------------------

Diikuti Sembilan TPA/TPSA
Pasie Laweh Lubuk Alung Gelar Khatam Quran Terpadu

Lubuk Alung--Sembilan dari 13 TPA/TPSA di Nagari Pasie Laweh Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Minggu (27/4) menggelar khatam Quran bersama. Acara yang di pusatkan di Surau Banda Heler, Korong Padang Galapuang ini meriah, diikuti banyak santri dan santriwati.
Walinagari Pasie Laweh Lubuk Alung, Adnan kepada Singgalang menyebutkan, bahwa khatam secara bersama itu pertama kali dilakukan, sejak Pasie Laweh tagak samo tinggi, duduak samo randah dengan Lubuk Alung.
"Hanya pawai yang tak bisa dilangsungkan, lantaran siang sampai sore Pasie Laweh Lubuk Alung dilanda hujan lebat. Namun, prosesi lainnya tetap berjalan sesuai rencana awal diadakannya khatam demikian," kata Adnan.
Menurut dia, khatam terpadu secara bersama itu sangat berkesan dan tentunya memberi arti dalam membangun kebersamaan di tengah komunitas guru mengaji dan santrinya. "Selama ini, kalaupun ada khatam, itu hanya dilakukan di surau masing-masing," ujarnya lagi.
Jadi, kata Adnan, nanti saat khatam bersama IGM Kecamatan Lubuk Alung, peserta dari Pasie Laweh cukup mengikuti pawainya saja lagi. (525)
---------------------------------------------------------

Wakil Ketua DPRD Sumbar dari PAN
Berhasil Jadi Kader Amanat Utama, Darmon Digadang-gadangkan

Padang Pariaman--Dengan meraih delapan kursi di DPRD Sumbar, PAN dipastikan mendapatkan satu kursi pimpinan, sebagaiman hal itu didapatkan partai pimpinan Hatta Rajasa ini pada Pileg 2009, yang diduduki Ketua DPW PAN Sumbar Mhd. Asli Chaidir.
Pileg 9 April, Asli Chaidir naik tingkat dari Sumbar menuju Indonesia; DPR RI. Kepada siapa wakil Ketua DPRD Sumbar diserahkannya? Dari delapan kursi, empat diantaranya diduduki oleh unsur pengurus harian DPW PAN Sumbar.
Siapa mereka; Iswandi Latif yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Pessel, dan salah seorang pengurus di DPW PAN Sumbar. Kemudian H. Darmon. Mantan anggota DPRD Padang Pariaman dua periode ini, disamping salah seorang pengurus harian DPW PAN Sumbar, juga telah berhasil jadi Kader Amanat Utama.
Dua lagi, Gupasdi Gaus dan Musli M. Nur. Meskipun Guspardi Gaus seorang pengurus juga di DPW, tapi dia baru dilingkungan birunya PAN, pentolan politisi senior di PPP dulunya.
Darmon berhasil menyelesaikan jenjang pengkaderan tertinggi dilingkungan partai berlambang matahari itu. Dan dia satu-satunya pengurus harian DPW PAN dari anak muda yang berhasil melenggang ke DPRD Sumbar.
Posisi Darmon di DPW PAN tidak tanggung-tanggung. Wakil Ketua Bappilu, yang punya andil besar dalam perolehan dan peningkatan suara. "Saya juga sebagai Ketua Dewan Instruktur DPW PAN, dan Dewan Instruktur Nasional," kata pria kelahiran 1972 ini.
Kepada Singgalang, Darmon yang seorang Buya ini belum memikirkan soal siapa yang akan jadi pimpinan itu. "Sebagai kader yang memperkuat di Dapil II Sumbar, Padang Pariaman dan Kota Pariaman telah dinilai aman untuk meraih sebuah kursi. Soal pimpinan, tentu ada aturan dan mekanisme yang harus didudukkan secara bersama pengurus DPW PAN Sumbar," kata dia. (525)
--------------------------------------------------------

Bupati Ali Mukhni di MAS Persada
Tidak Ada Nagari di Padang Pariaman Yang Bebas Dari Narkoba

Ulakan--Siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Persada terlihat sumringah melihat kehadiran orang nomor satu di Padang Pariaman, Bupati Ali Mukhni saat perpisahan di sekolah berbasiskan agama yang terletak di Bungo Pasang, Nagari Ulakan itu, Sabtu lalu.
"Alhamdulillah, izin Allah SWT, setiap tahun kami selalu hadir acara perpisahan di MAS Persada ini," kata Ali Mukhni. Ali Mukhni mengatakan kepada lulusan, tamat dari MAS Persada bukan berarti proses pendidikan telah berakhir. Tetapi harus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, universitas.
Karena itu, ia meminta para lulusan segera mendaftar ke perguruan tinggi favorit. Menyinggung adanya ketiadaan biaya untuk melanjutkan pendidikan, Bupati Ali Mukhni memberikan solusi agar siswa tersebut segera melapor, dan akan dibantu melalui Badan Amil Zakat (BAZ) Padang Pariaman.
"Saya tidak ingin mendengar adanya masyarakat Padang Pariaman yang punya kemampuan dibidang akademik, tapi tidak punya uang untuk kuliah. Silahkan ananda melapor kepada bupati. Insya Allah kita bantu," ujar Ali Mukhni, yang seorang pendidik ini.
Dijelaskannya, saat ini ada lima MAS yang sedang proses untuk perubahan status menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Pemkab bersama Kemenag terus berjuang, agar status MAN tersebut bisa terealisasi segera.
Bupati Ali Mukhni menghimbau masyarakat dan orangtua, agar tidak ragu-ragu mendaftarkan anaknya untuk bersekolah di MAS Persada. Kualitas dan prestasi sekolah ini tidak kalah dengan sekolah negeri. Ia berdoa dan berharap akan lahir calon pemimpin bangsa dari MAS Persada ini.
Mengenai maraknya peredaran narkoba yang merusak generasi muda, Ali Mukhni minta seluruh masyarakat untuk bersatu dan bertekad memerangi narkoba. "Saya dapat data dari Pak Kapolres, tak satupun nagari di Padang Pariaman yang bebas narkoba. Bahkan, ibu-ibu pun sudah terlibat mengkonsumsi atau mengedarkan narkoba. Nauzubillah," kata Ketua LSM PEKAT Sumbar ini.
Ali Mukhni memberikan apresiasi atas kepedulian perantau, terutama H. Sidi Dahlan yang telah membangun MAS Persada. Ini sebagai bukti kecintaan perantau untuk kemajuan pendidikan anak nagari di kampung halaman.
Kepala Kemenag Masrican mengatakan, keberadaan MAS yang dibangun tahun 2000 ini untuk menegakkan ajaran Rasulullah kepada generasi muda, sungguh luar biasa. Kemenag telah memberikan bantuan labor IPA 2013 lalu. Sedangkan 2014, MAS Persada dapat dana BOS Rp1 juta per siswa.
Kepala MAS Persada Yassirli melaporkan, lulusan sebanyak 74 orang terdiri dari tiga jurusan, yaitu; IPA, IPS dan Ilmu Keagamaan. (525)
----------------------------------------------------

Naik Pangkat ke IV/d
Sekdakab Padang Pariaman Jonpriadi Syukuran Sama Anak Yatim

Padang Pariaman--Sebagai rasa syukur atas kenaikan pangkat dari IV/c ke IV/d, Sekdakab Padang Pariaman Jonpriadi menggelar syukuran bersama anak yatim dan kaum dhuafa, Sabtu lalu di rumah dinasnya. Wujud syukuran yang dilakukan induk semang pegawai di lingkungan Pemkab ini juga sekalian banyaknya kesuksesan pembangunan berskala nasional yang sedang berjalan.
Sekdakab Jonpriadi mengatakan, syukuran yang amat sederhana ini diadakan sebagai wujud syukur kehadirat Allah SWT, atas berbagai rahmat yang telah dilimpahkan kepada Padang Pariaman tercinta. Diantaranya, telah selesainya Pileg 9 April dengan aman dan lancar, tanpa kendala yang berarti, dimana Padang Pariaman sebagai daerah teraman dalam penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.
Selanjutnya, kata dia, kepastian pembangunan asrama haji oleh Kementerian Agama RI yang akan dimulai peletakan batu pertama pada awal 2015 mendatang.
Jonpriadi berharap, rasa syukur yang diiringi dengan berbagi bersama anak yatim ini, semoga Padang Pariaman lebih maju lagi, dan kesejahteraan masyarakat juga meningkat.
Bupati beserta Ketua TP PKK Hj. Rena Ali Mukhni yang hadir saat itu mengatakan, berbagai kemajuan dan keberhasilan Padang Pariaman merupakan hasil kerja keras. Baik legislatif, muspida, SKPD, perantau, pers dan seluruh lapisan masyarakat.
Bupati Ali Mukhni memberikan selamat kepada Sekdakab Jonpriadi yang telah menerima kenaikan pangkat satu tingkat dari golongan IV/c ke IV/d yang menjadikannya sebagai PNS dengan golongan tertinggi di jajaran aparatur Padang pariaman.
Syukuran tersebut diisi dengan tausyiah oleh Ilyas Tuanku  Bagindo. "Kemajuan dan berbagai prestasi yang diraih Padang Pariaman karena pemimpin dan masyarakatnya mensyukuri nikmat Allah SWT," kata dia.
Disamping itu, ia memuji kegigihan Bupati Ali Mukhni selaku kepala daerah yang tanpa kenal lelah membangun Padang Pariaman. "Dari lubuk hati yang paling dalam, saya salut dengan kegigihan Bupati Ali Mukhni membangun daerah. Man Jadda Wa Jadda. Siapa yang bersungguh-sungguh, dialah yang akan berhasil. Jika bupati tidak gigih, tentunya tak akan berhasil dan tidak akan ada perubahan," kata tuanku yang asli Toboh Gadang ini. (525)
------------------------------------------------------------

PMI Harus Jadi Garda Depan
Padang Pariaman Etalase Bencana di Sumatera Barat

Pariaman--Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Padang Pariaman menggelar musyawarah kabupaten. Dihadiri Ketua PMI Sumbar Sulthani Wirman dan Bupati Ali Mukhni di hall Pemda, Sabtu lalu.
Sulthani Wirman mengatakan, peran PMI sangat signifikan terhadap kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Mulai dari kegiatan donor darah hingga penanganan bencana di seluruh daerah. Tujuan mulia ini sesuai amanat dari Presiden Soekarno yang mendirikan PMI satu bulan setelah kemerdekaan RI.
Menyinggung bencana alam yang mengancam keselamatan masyarakat, merugikan moril maupun materil. Sulthani menekankan, PMI berada digaris terdepan dalam penanganan bencana. Ia mengakui, Padang Pariaman etalase bencana di Sumatera Barat. Bencana alam tersebut antara lain longsor, banjir, gempa, puting beliung, kebakaran dan lain-lain.
Ia juga mengapreasiasi PMI Padang Pariaman yang melaksanakan bulan dana dengan baik, dan mendapat animo positif di kalangan PNS dan masyarakat. Mulai dari dana bantuan sebanyak Rp9 juta dari PMI Sumbar, dan sekarang sudah menjadi Rp104 juta. Dana tersebut diguanakan untuk kegiatan pelatihan bagi relawan PMI, dan sebagian lagi untuk kegiatan bantuan kebencanaan.
Katanya lagi, kesungguhan pengurus PMI Tidak ada imbalannya. Yang ada itu hanya rasa kebanggaan, dan kesenangan tersendiri, manaka tugas selesai dengan baik. Untuk itu, pengurus PMI jangan berharap imbalan. Jadikan saja untuk modal di akhirat kelak.
Bupati Ali Mukhni yang juga Ketua PMI Padang Pariaman mengatakan, untuk mobilitas dan memudahkan akses masyarakat, perlu didirikan kantor cabang PMI di kawasan Rumah Sakit Umum Daerah, di Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung. Sedangkan untuk operasional PMI, telah dianggarkan setiap tahun sebanyak Rp75 juta.
Pada kesempatan itu, Bupati Ali mukhni memberikan penghargaan kepada jajaran PNS yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan bulan dana PMI. Penghargaan diberikan kepada Dinas PU, Kecamatan Lubuk Alung dan Kecamatan Nan Sabaris. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar