Senin, 08 Januari 2018

Di Padang Pariaman Hari Pertama Pendaftaran Balon Walinagari tak Banyak yang Datang

Padang Pariaman--Hari pertama masa pendaftaran Bakal Calon (Balon) Walinagari, Senin (8/1) ke panitia Pilwana di 74 nagari di Padang Pariaman ternyata tak seorang Balon yang datang mengantarkan permohonannya untuk ikut bertanding dalam Pilwana serentak April nanti.
"Mungkin karena masa pendaftaran agak panjang, yakni dari tanggal 8 hingga 16 Januari ini, maka Balon lebih memilih bertenang-tenang saja," kata Sutan Yardi, Ketua Panitia Pilwana Nagari Lubuk Alung.
Jadi, kata dia, pada hari petama belum ada yang masuk dan mendaftar. Namun, sebelumnya ada tokoh yang bertanya tentang persyaratan yang harus mereka bawa ke meja panitia.
Dan itu pula, lanjut Yardi, pada awal-awal pendaftaran ini panitia bukanya hanya saat jam kerja. "Masa terakhir penerimaan berkas Balon, baru kita buka sampai pukul 24.00 WIB," ujarnya.
Hal yang sama juga disebutkan Hendri Dunan, Ketua Panitia Pilwana Nagari Balah Hilia. "Dari info yang beredar, yang akan ikut Pilwana ada empat sampai lima orang nanti. Tetapi yang pastinya, tentu kita tunggu siapa yang akan mengajukan calon," kata dia.
Untuk Kecamatan Lubuk Alung, sembilan nagari yang ada, semuanya ikut Pilwana serentak tersebut. Kesembilan nagari demikian; Lubuk Alung, Balah Hilia, Pasie Laweh, Sikabu, Pungguang Kasiak, Salibutan, Sungai Abang, Singguliang, dan Aie Tajun.
Sama dengan Kecamatan Lubuk Alung, di Nagari Toboh Gadang Barat, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang pada hari pertama juga belum ada Balon yang datang ke panitia Pilwana.
"Insya Allah, hari ini, Selasa ada kemungkinan Balon yang datang mengambil formulir," kata Pejabat Walinagari Toboh Gadang Barat, Mirza Harmadi.
Menurut dia, berapapun calon yang akan maju tak masalah. Panitia akan menerima semua anak nagari yang berkeinginan untuk maju. "Dari informasi yang beredar itu akan ada lima Balon yang akan maju nantinya," ungkap Mirza Harmadi.
Di Nagari Lurah Ampalu, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, hari pertama masa pendaftaran, datang seorang Balon Walinagari, Zulkifli, yang saat ini menjabat Walikorong Kampuang Surau.
"Rencananya, hari ini, Selasa (9/1) mantan Walinagari Lurah Ampalu, Syofyan akan datang untuk mengambil formulir yang telah disedikan panitia," kata Kasril, Pejabat Walinagari Lurah Ampalu.
Sebagai Pejabat Walinagari, Kasril punya tanggungjawab moral untuk menyukseskan jalannya Pilwana di nagarinya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar