Selasa, 17 Oktober 2017

Pembuatan Akte Kelahiran Gratis dan Langsung Jadi Diserbu Warga Lubuk Alung

Pembuatan Akte Kelahiran Gratis dan Langsung Jadi Diserbu Warga Lubuk Alung

Lubuk Alung--Ternyata masih banyak warga Lubuk Alung yang belum punya akte kelahiran. Buktinya, ketika Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Padang Pariaman menggelar pembuatan akte kelahiran gratis dan langsung jadi di tempat, masyarakat pun berduyun-duyun menddatangi kantor Camat Lubuk Alung, Selasa (17/10) kemarin.
    Ediyanto, Petugas Register Kependudukan Padang Pariaman menyebutkan, pembuatan akte kelahiran gratis ini masih berlangsung. "Sepanjang Selasa kemarin tercatat 60 orang lebih yang aktenya langsung diterbitkan," kata dia pada Singgalang.
    "Khusus untuk Kecamatan Lubuk Alung, kita diberikan target 500 orang. Hari ini, kita perkirakan ada 200-an masyarakat yang akan mengurus akte kelahiran anaknya atau orangtua yang belum punya hal itu," ujar Ediyanto.
    Menurutnya, banyaknya warga yang datang tak lain karena lancarnya sosialisasi yang dilakukannya di tengah masyarakat di sembilan nagari yang ada di Kecamatan Lubuk Alung itu. Tentunya, sebuah kesadaran yang kuat akan pentingnya dokumen ini oleh masyarakat itu sendiri.
    Bayangkan, kata Ediyantto, anak yang akan masuk sekolah saja butuh akte kelahiran. Begitu juga untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), untuk berangkat umroh atau haji, mengurus paspor, butuh yang namanya akte kelahiran. "Sesuai juklak dan juknis yang diberikan Disdukcapil Padang Pariaman, maka sepanjang masih ada warga yang mengurus itu, kita tampung dan diterima dengan sepenuh hati," ungkap Ediyanto.
    Ediyanto selaku Petugas Register Kependudukan yang diberikan tugas oleh Disdukcapil di Kecamatan Lubuk Alung ingin semua masyarakatnya punya dokumen tersebut. "Ya, mumpung hal ini gratis, warga harus memanfaatkannya dengan baik. Dan kita pun, sebelum membuka layanan ini hampir tiap hari dan malam melakukan sosialisasinya di tengah masyarakat, terutama di surau/masjid dan lapau," ulas Ediyanto.
    "Alhamdulillah, di hari pertama dan kedua ini warga cukup banyak yang datang untuk membuat akte kelahiran anaknya, di Kantor Camat Lubuk Alung yang langsung jadi di tempat. Kita berharap, semoga di hari berikutnya masyarakat bertambah banyak yang datang," sebutnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar