Senin, 23 Oktober 2017

Jatah Beras Miskin dan Jamkesmas di Lubuk Alung Masih Kurang

Jajaran KUA V Koto Kampuang Dalam
Tanamkan Nilai Kebersamaan Dengan Semangat Goro

Kampuang Dalam--Seluruh pegawai dan penyuluh agama dilingkungan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan V Koto Kampuang Dalam, Padang Pariaman, Rabu lalu melakukan kegiatan gotong royong (goro) bersama.
    Menurut Kepala KUA setempat Zamzami, kegiatan goro itu sangat bermanfaat. Selain lingkungan akan menjadi bersih dan rapi, goro juga bisa membuat kekompakan antara satu dengan yang lainnya.
    "Goro merupakan tradisi rang Piaman dari dulu. Kita harus melestarikan budaya tersebut, karena dengan bekerjasama dan saling membantu untuk sesuatu yang bermakna sosial, akan mencapai suatu hasil yang didambakan," ungkap Zamzami.
    Zamzami menyebutkan, goro adalah satu kegiatan sosial yang sangat mulia, tanpa pamrih untuk mencapai suatu tujuan bersama. "Bisa kita bayangkan, andai kata hidup tanpa bergotong royong sungguh kita tidak pernah tahu apa itu arti kebersamaan," katanya.
    Dengan bergotong royong, lanjut Zamzami, semua tugas yang silakukan akan menjadi ringan. Hidup di dunia ini bukan seorang diri. Tetapi bersama dengan orang lain sebagai satu kelompok dan punya tujuan.
    "Untuk meraih tujuan tersebut, maka kita harus siap untuk bekerjasama dengan semangat goro. Akan lebih banyak yang dapat kita raih, bila kita lakukan dengan bersama-sama," terang Zamzami.
    Setiap bulan, tambah Zamzami, KUA V Koto Kampuang Dalam rutin melaksanakan goro dan rapat periodik yang dihadiri oleh seluruh staf, pegawai dan penyuluh. Untuk rapat periodik, dilakukan pada awal bulan di minggu pertama. Sedangkan untuk kegiatan goro, dilakukan pada akhir bulan sekitar minggu keempat. "Bulan depan kita akan merencanakan senam masal yang dijadwalkan pada minggu kedua atau ketiga," tutupnya. (525)

-------------------------------------------

Meriahkan HPN
Wartawan Piaman Bertolak ke Bengkulu

Padeang Pariaman--Sejumlah wartawan yang tergabung dalam wadah PWI Perwakilan Padang Pariaman yang meliputi kabupaten dan Kota Pariaman, bertolak ke Bumi Rafflessia, Bengkulu menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN), Jumat (7/2) mendatang.
    Bustanul Arifin, panitia keberangkatan menyebutkan, sejumlah nama yang dipastikan dalam rombongan tersebut adalah Ikhlas Bakri (Ketua PWI), Efanurza (Sekretaris), Darmansyah (Bendahara), Dedi Salim, Damanhuri (Ketua Seksi Organisasi),  Alwi Darwis, Wahdi Septiawan, Abrar Khairul Ikhirma.
    Diakui Ikhlas, kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sekarang banyak anggota yang berangkat, lantaran dekat. Dengan perjalanan darat, berangkat melalui Lubuk Linggau, pulangnya melalui Pantai Barat Sumatera.
    Dua Kabag Humas Ikut
    Kabar gembira juga datang dari mitra kerja wartawan di pemerintahan. Kabag Humas Pemkab Padang Pariaman Hendra Aswara dan Kabag Humas Pemko Pariaman Hendri turut pula dalam rombongan. “Secara lisan beliau sudah menyampaikan ikut. Selain atasnama pribadi, mereka juga mewakili bupati dan walikota,” kata Ikhlas.
    Peringatan HPN yang menurut rencana akan dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah pejabat tinggi negara, serta para menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Selain sebagai ajang silaturrahim wartawan secara nasional, HPN juga membahas berbagai persoalan bangsa dan konvensi nasional media massa.
    Kekompakan Anggota PWI Pariaman dalam beberapa hal sudah teruji dan diakui, sebagaimana yang pernah diungkapkan Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar, Fadril Aziz Isnaini saat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Grand Zuri, Padang beberpa waktu yang lalu. (525)
---------------------------------------

Dua Caleg PKB Serahkan Semen
Masyarakat Balai Sabuah Baripuah Ateh Goro Membuat Jalan

Tanah Datar--Wakil Ketua Tanfiz DPC PKB Kabupaten Tanah Datar Yonnarlis, yang juga Caleg DPRD daerah itu, Rabu lalu ikut melakukan goro bersama di Jorong Balai Sabuah, Nagari Batipuah Ateh, Kecamatan Batipuah.
    Goro yang membuka jalan baru, diikuti ratusan masyarakat setempat itu juga dihadiri calon anggota DPRD Sumbar dari PKB, Zulkarnaini. Tentunya, masyarakat berharap keikutan para calon anggota dewan terhormat itu tidak saja saat momen mencari suara. Tetapi bisa berkelanjutan nantinya.
    Ketua Pemuda Balai Sabuah, An Lemoang di dampingi Walijorong mengatakan, untuk membuka jalan baru ini masyarakat melaksanakan goro satu kali dalam seminggu, yaitu setiap Rabu.
"Alhamdulillah, berkat kekompakan masyarakat kita, jalan baru ini bisa terwujud. Nantinya jalan ini akan bermanfaat banyak bagi masyarakat untuk membawa hasil pertanian, dan membangkitkan ekonomi," katanya.
    Sebelumnya, lanjut dia, untuk membawa hasil pertanian masyarakat harus memikul sendiri. Dengan adanya jalan baru masyarakat bisa menggunakan angkutan roda empat atau pun motor.
Masyarakat sangat berterima kasih. Kehadiran caleg PKB yang mau turun bersama masyarakat dalam kegiatan ini.     "Kita melihat, sekarang ini banyak caleg hanya nampak gambarnya saja dimana-mana. Tetapi puncak hidungnya tak kelihatan sama sekali di masyarakat. Kita berharap, Yonnarlis yang merupakan anak Nagari Batipuah Ateh bisa duduk di DPRD Tanah Datar, sehingga bisa menjadi penyalur aspirasi masyarakat, terutama Nagari Batipuah Ateh," harapnya.
    Yonnarlis, lanjutnya, adalah anak muda enerjik. Mempunyai semangat yang tinggi untuk membangun nagari. Pengalamannya dalam berorganisasi dan jaringan dari daerah hingga nasional. Para caleg PKB ini membantu masyarakat 15 sak semen. Semoga ini bermanfaat bagi pembangunan jalan. (525)
-----------------------------------------

Terungkap Dalam Musrenbang Nagari
Jatah Beras Miskin dan Jamkesmas di Lubuk Alung Masih Kurang

Lubuk Alung--Musrenbang Nagari Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis kemarin berhasil memutuskan sejumlah agenda yang akan dilakukan oleh pemerintah tahun ini. Acara yang diadakan di kanmtor KAN Lubuk Alung itu, lengkap dihadiri semua elemen masyarakat dalam nagari tersebut.
    Dari enam korong yang ada di nagari yang terkenal dengan panasnya itu, masing-masingnya mengusulkan pembangunan infrastruktur dan sosial kemasyarakatan. Begitu juga lembaga lainnya, seperti Lembaga Pengelolaan Pendapatan Kekayaan Nagari (LPPKN) yang di ketuai Takarijon, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang saat ini dipimpin Happy Neldy.
    Bamus lewat juru bicaranya, Hilman H, Ketua KAN langsung disampaikan Ketuanya, S. Datuak Pado Basa. Semua pendapat yang berkembang selama temu ramah itu, dirangkum dan direkomendasikan untuk ditindaklanjuti kedepannya.
    "Yang menjadi skala prioritas, adalah kelanjutan pembangunan kantor walinagari yang telah dimulai di Bukit Lubuk Alung. Kemudian, nagari ini tidak ingin lagi pembangunan jalan atau sarana umum lainnya, sisa-sisa dari anggaran yang lain. Artinya, kita ingin semuanya utuh untuk nagari ini," kata Walinagari Harry Subrata.
    Menurutnya, Nagari Lubuk Alung masih kurang menerima jatah beras miskin. KK miskin masih banyak, jatah berasnya tidak sebanding. Begitu juga jatah pembagian Jamkesmas dan Jamkesda. Untuk ini, sidang Musrenbang menginginkan semua kekurangan demikian bisa dipenuhi tahun ini.
    Menariknya, Happy Naldy, Takarijon dan Hilman H yang saat ini juga menjadi calon anggota dewan Padang Pariaman sangat menginginkan Lubuk Alung kedepan harus lebih baik dari situasi yang dihadapi saat ini. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar