Senin, 09 Oktober 2017

Delapan Nagari di Batang Anai Ikut Pilwana Serentak Padang Pariaman

Delapan Nagari di Batang Anai Ikut Pilwana Serentak Padang Pariaman

Batang Anai--Delapan nagari di Kecamatan Batang Anai ikut dalam Pemilihan Walinagari (Pilwana) yang akan dilakukan awal Desember nantinya di Padang Pariaman. Delapan nagari itu, empat nagari lama atau nagari induk, dan empat pula nagari pemekaran.
    "Empat nagari lama; Sungai Buluah, Buayan, Ketaping, dan Nagari Kasang. Sedangkan nagari pemekaran; Sungai Buluah Utara, Sungai Buluah Barat, Sungai Buluah Timur, dan Sungai Buluah Selatan," kata Camat Batang Anai, Suhardi, Selasa (10/10) kemarin.
    Dengan ini, kata dia, tidak ada nagari yang tidak ikut Pilwana di Kecamatan Batang Anai ini. Semuanya ikut. Dan tentunya menjadi peluang tersendiri bagi anak nagari dalam melihat arti penting pengabdian di tengah masyarakat nagari itu sendiri.
    Menurut Suhardi, pihaknya ikut serta dalam melakukan kebijakan kali ini, terutama untuk mempercepat prosesnya. "Alhamdulillah, delapan nagari itu telah terbentuk panitia pelaksananya. Tinggal lagi kerja panitia, sesuai juklak dan juknis yang tertuang dalam Perbup Padang Pariaman tentang Pilwana demikian," ungkapnya.
    Katanya, dari empat nagari induk itu, hanya di Sungai Buluah terjadi pemekaran alias membuka pemerintahan nagari baru, seperti yang tersebut tadi. Dengan ini, pelayanan akan mengalami kecepatan dari biasanya, karena pusat pelayanan itu telah berada di tengah masyarakat itu sendiri.
    Kepada pihak-pihak yang berkepentingan di tengah masyarakat, Suhardi minta partisipasinya untuk kesuksesan Pilwana tersebut. "Pilwana hajatan anak nagari yang harus dijadikan pesta rakyat, melahirkan persaingan secara sehat," sebutnya.
    Sementara, terhadap tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang ingin maju dan ikut bersaing dalam helat itu, Suhardi minta untuk menaati aturan main yang berlaku. "Jadikan peluang ini sebagai tantangan sekaligus pengabdian untuk masyarakat nagari," ujar dia. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar