Minggu, 29 Oktober 2017

Bangun Taman di Kawasan Masjid Raya Sintuak Bhabinkantibmas Harus Dekat dengan Semua Masyarakat

Bangun Taman di Kawasan Masjid Raya Sintuak
Bhabinkantibmas Harus Dekat dengan Semua Masyarakat

Sintuak--Bhabinkamtibmas Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman, Aipda Roy Martin bangun taman penghijauan di kawasan Masjid Raya nagari Setempat. Pembuatan taman tersebut ditandai dengan pemasangan pembatas taman secara simbolis oleh Kasubbag Humas Polres Padang Pariaman, Iptu Irwan Sikumbang, Kapolsek Lubuk Alung AKP Eri, Walinagari Sintuak, Anasril Nazar, ulama sepuh Padang Pariaman, Azwar Tuanku Sidi, niniak mamak dan tokoh masyarakat, usai shalat Jumat (27/10) lalu.
Kasubbag Humas Polres Padang Pariaman, Irwan Sikumbang usai pemasangan pembatas taman secara simbolis menyebutkan, apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas Sintuak Roy Martin patut diberikan apresiasi karena mampu melakukan inovasi dan kreatifitas dalam meningkatkan hubungan polisi dengan masyarakat.
"Pembuatan taman ini seminggu lalu sudah dimulai dengan penanaman 100 bibit. Dari 40 orang Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah Polres Padang Pariaman, Roy Martin mampu menjalin komunikasi dan silaturrahmi yang baik dengan berbagai elemen masyarakat di Nagari Sintuak," kata dia.
Baik dengan Walinagari bersama perangkatnya, ulama, niniak mamak, pemuda dan anggota masyarakat. "Berbagai masalah kehidupan yang terjadi di Nagari Sintuak, berhasil dimediasi Roy Martin. Masalah yang dihadapi masyarakat tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan, musyawarah dan tidak sampai berlanjut ke pihak penegak hukum di tingkat Polsek," kata Irwan menambahkan.
Kapolsek Lubuk Alung AKP Eri menambahkan, inovasi yang dilakukan Roy Martin sejalan dengan apa yang dikumandangkan oleh Kapolri beberapa waktu lalu. Inti dari pesan Kapolri adalah bagaimana polisi dekat dengan masyarakat. Jika sudah dekat dan terjalin komunikasi yang baik, maka informasi semakin cepat dari dan ke masyarakat. "Apa pun kejadian dan peristiwa yang terjadi di Nagari Sintuak, silakan sampaikan informasinya. Setiap hari Bhabinkamtibmas harus berada di tengah masyarakat," ujarnya.
Bhabinkamtibmas Sintuak Roy Martin mengatakan, pembuatan taman di kawasan Masjid Raya dimaksudkan agar lebih nyaman, hijau, tidak gersang dari tanaman, dan menambahkan keindahan kawasan masjid. "Sebelum ide pembuatan taman dilakukan, terlebih dahulu berkonsultasi dengan ulama, niniak mamak dan walinagari Sintuak. Sehingga pelaksanaan dari pembangunan taman tersebut dapat berjalan lancar," kata Roy Martin.
Ulama Padang Pariaman, Azwar Tuanku Sidi menyebutkan, sosok Roy Martin memang mengagumkan bagi masyarakat Nagari Sintuak. Roy Martin dekat dengan masyarakat, termasuk dekat dengan ulama dan niniak mamak. Ia datang ke surau-surau, masjid dan kegiatan keagamaan lainnya.
"Secara pribadi, Roy Martin beberapa kali datang bertamu ke rumah saya. Mudah-mudahan dengan kehadiran Roy Martin di Sintuak, dapat mengangkat nama baik nagari ini," kata Azwar Tuanku Sidi yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Jamiatul Mukminin Sintuak ini.
Taman yang dibangun ini, kata Azwar Tuanku Sidi, diharapkan mampu menjadi pendingin dari suasana yang gersang sebelumnya. "Nagari Sintuak sendiri termasuk nagari yang sudah tua. Bahkan Syekh Burhanuddin, ulama terkemuka di Sumatera Barat, masa kecilnya berada di Nagari Sintuk," kata Azwar Tuanku Sidi. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar