Jumat, 06 Oktober 2017

Panitia Terbentuk Sungai Durian Ikut Pilwana Serentak Padang Pariaman

Panitia Terbentuk
Sungai Durian Ikut Pilwana Serentak Padang Pariaman

Patamuan--Panitia Pemilihan Walinagari (Pilwana) Sungai Durian, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman telah diambil sumpahnya oleh Ketua Badan Musyawarah (Bamus) nagari itu, Selasa (3/10) lalu. Panitia Pilwana tentu banyak tahapan pekerjaan yang harus diselesaikannya, dalam menentukan bakal calon (Balon) walinagari yang akan dipilih masyarakat.
    Ketua Bamus Nagari Sungai Durian, Zulkarnidi menyebutkan, panitia agar bisa bekerja sebaik mungkin untuk melakukan tahapan Pilwana. "Bekerjalah sesuai dengan aturan yang telah ditentukan," ujar Zukarnidi.
    Dia menjelaskan, meski sesama masyarakat satu nagari tentu harus mematuhi aturan. Jangan menggagalkan salah seorang Balon Walinagari hanya gara-gara kesalahan pribadi. "Pilwana ini adalah untuk mencari seorang calon pemimpin nagari untuk enam tahun mendatang. Untuk itu, jangan dulukan kepentingan pribadi. Tetapi utamakan kepentingan masyarakat nagari," terangnya.
    Kepada masyarakat nantinya, jika telah ditetapkan oleh panitia Pilwana calon walinagari, maka pergunakanlah hak suara dalam menentukan pilihan. Jangan mau diintimidasi oleh siapapun dalam menentukan pilihan itu. "Tentukan pilihan kepada calon yang diinginkan. Jangan memilih calon dengan cara ikut-ikutan. Ini adalah untuk kemajuan nagari kita bersama," ulas Zulkarnidi.
    Panitia Pilwana Nagari Sungai Durian yang telah diambilnya sumpahnya; Amzah (Ketua), Salnina (Wakil Ketua). Anggota; Darisman dan Endriwati serta Aldi Zulpadri. Sedangkan dari Sekretariat Nagari Eki Sajri, Hafiz Azni, Melisa Putriadi.
    Zulkarnidi menyebutkan, rapat pembentukan panitia Pilwana memang agak mendesak, karena surat dari Pemkab juga mendesak. "Setelah diadakan sosialisasi tentang Pilwana dan Pilwana serentak itu akan dilaksanakan pada 6 Desember mendatang. Dengan telah mendesaknya waktu, tentu kita sesegara mungkin membentuk panitia," ujar Zulkarnidi.
    Dia menjelaskan, setelah dibentuk panitia, pihaknya mengajukan struktur panitia tersebut ke kecamatan, sesuai tahapan Pilwana.
    "Tahapan Pilwana sudah dimulai. Sosialisasi kepada masyarakat nagari, siapa yang ingin mencalonkan diri untuk menjadi walinagari juga sudah harus tersosialisasi. Setelah diambil sumpah jabatan panitia Pilwana, kita serahkan juga untuk menjaring bakal calon wali nagari," ungkapnya.
    Untuk itu, katanya, masyarakat Nagari Sungai Durian yang ingin maju pada Pilwana ini, silahkan mendaftar kepada panitia yang telah terbentuk. (501)
--------------------------------------------------

Pilwana Peluang Bagi Masyarakat untuk Jadi Pemimpin

Sungai Limau--Abdul Gani Arif Datuak Rangkayo Mudo terpilih sebagai Ketua Panitia Pemilihan Walinagari (Pilwana) Koto Tinggi Kuranji Hilia, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat kemarin. Usai terpilih, panitia dilantik oleh Ketua Badan Musyawarah (Bamus) dan pengucapan sumpah oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Sungai Limau, El Yusra Amir, di kantor walinagari setempat.
    Pilwana serentak bakal digelar di Padang Pariaman, 6 Desember mendatang yang diikuti 72 nagari. Pilwana adalah demokrasi terdepan akan memilih walinagari priode 2018-2024. Panitia Pilwana Nagari Koto Tinggi terdiri dari, Ketua; Abdul Gani Arif Datuak Rangkayo Mudo, Wakil Ketua; Amstrong. Sedangkan Mahdalena, Erman dan Zulhakim Syarif, Junaidi sebagai Sekretaris. Sektariat; Eni Sulastri dan Zainal Efendi.
    Camat Sungai Limau Defriantos berharap, panitia dapat melaksanakan amanah rakyat ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehinggal Pilwana Koto Tinggi Kuranji Hilia berjalan dengan aman dan lancar.
    Kepada yang berminat untuk mencalonkan diri sebagai Balon Walinagari, silahkan ikuti aturan main dan mulailah dari sekrang mempersiapkan diri, dengan mengurus persyaratan adiministrasinya. "Ini peluang untuk menjadi pemimpin, baik laki-laki ataupun perempuan, tentu harus memenuhi kriteria pencalonan," ujar Defriantos. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar