Senin, 31 Juli 2017

Padang Pariaman Siap Menyukseskan Tour de Singkarak

-Bupati Ali Mukhni
Padang Pariaman Siap Menyukseskan Tour de Singkarak

Pariaman--Tour de Singkarak 2011 yang akan digelar pada tanggal 6-12 Juni mendatang, merupakan kegiatan sport tourism untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya Sumatra Barat. Event ini sudah menjadi agenda tahunan UCI (Union Cycliste Internationale) bukan hanya diramaikan oleh tim pembalap internasional, namun juga wisatawan mancanegara yang ingin ikut menyaksikan lomba dan menikmati keindahan kekayaan alam dan budaya Minangkabau.
    Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni menyampaikan hal itu, Jumat (3/6) saat gelar pasukan PAM Tour de Singkarak, di Kasang, Kecamatan Batang Anai. Katanya,    penyelenggaraan Tour de Singkarak kali ini diikuti 234 pembalap sepeda dari 15 tim (negara) yakni, Jepang, Iran, Filipina, Australia, Malaysia, Belanda, Taipei, Selandia Baru, Irlandia, Rusia, Kirgistan, Spanyol dan inggris.
    "Sedangkan kita sebagai tuan rumah, menurunkan 11 tim nasional diantaranya dari Pelatnas Sea Games. Kompetisi tahun ini nantinya akan melombakan tujuh etape, dan melintasi berbagai keindahan alam dan budaya di 12 kabupaten/kota di Sumbar, dengan total jarak 739,3 KM. Para pembalap akan berlomba dalam 7 etape, yakni Padang (etape 1), Padang-Sicincin-Pariaman (etape 2), Pariaman-Bukittinggi (etape 3), Bukittinggi-Lembah Harau (etape 4), Payakumbuh-Sawahlunto (etape 5), Sawahlunto-Istana Basa Pagaruyung (etape 6A), Istana Basa Pagaruyung-Padang Panjang (etape 6B), Padang Panjang-Danau Kembar (etape 7A), dan Danau Kembar-Danau Singkarak (etape 7B)," kata dia.
    Menurut dia, ajang lomba bersepeda ini juga merupakan promosi destinasi pariwisata Indonesia di dunia international. "Ini juga sebagai bukti bahwa citra pariwisata Indonesia dan Sumbar khususnya, demikian baik diterima oleh dunia internasional. Acara ini bukan hanya diramaikan oleh tim pembalap internasional, namun juga wisatawan mancanegara yang ingin ikut menyaksikan lomba dan menikmati keindahan dan kekayaan alam, serta budaya Minangkabau," kata Ali Mukhni.
    Gelar pasukan yang sekaligus persiapan akhir pengamanan perjalanan Tour de Singkarak di sepanjang kawasan Padang Pariaman itu, juga diiringi dengan terjunnya Bupati Ali Mukhni bersama Muspika, serta personil yang akan bertugas mengamankan itu ketitik yang akan dilewati peserta nantinya.
    Selama kegiatan, Ali Mukhni minta kepada masyarakat untuk selalu mematuhi, apa yang telah jadi ketetapan, terutama tentang penutupan jalan, yang dilalui di daerah itu. "Mari kita tunjukkan kepada banyak orang, bahwa Toue de Singkarak sukses di Padang Pariaman," kata Ali Mukhni, seperti disampaikan Kabag Humas, Zahirman.
    Katanya lagi, untuk pengamanan demikian di Padang Pariaman diterjunkan sebanyak 300 personil, yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, dan pihak Perhubungan. Kepada masyarakat, terutama yang dilewati jalur kegiatan, seperti Batang Anai, Lubuk Alung, Sicincin, Sungai Sariak, Sungai LImau, dan nagari lainnya, agar bersama-sama menyukseskannya. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar