Minggu, 30 Juli 2017

Bagi Tamatan SMA yang Tidak Kuliah KNPI Padang Pariaman Desak Pemkab Menciptakan Lapangan Pekerjaan

-Bagi Tamatan SMA yang Tidak Kuliah
KNPI Padang Pariaman Desak Pemkab Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Pariaman--Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri DPD KNPI Padang Pariaman, Yul Rahmat minta Pemkab setempat untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi tamatan SMA yang tidak lagi melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Disamping itu, juga menyediakan beasiswa bagi siswa miskin yang akan melanjutkan pendidikannya.
    "Hal itu sangat penting artinya, mengingat agar jangan terputus pendidikan para pelajar, yang seharusnya mampu melanjutkan terus ke jenjang pendidikannya yang lebih tinggi. Kita tidak ingin melihat para tamatan SMA yang tidak tahu apa yang harus dilakukannya, demi masa depannya yang masih panjang. Mereka butuh bimbingan yang harus dimulai dari pemerintah itu sendiri, dalam melihat arti penting pengurangan pengangguran di Padang Pariaman ini," kata dia pada Singgalang, Rabu (4/5) di Pariaman.
    Menurut pengurus BPD Himpunan Pegusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatra Barat ini, KNPI Padang Pariaman siap melakukan kerjasama dengan Pemkab dalam melakukan terobosan demikian, baik dalam maupun di luar negeri. "Untuk penyaluran tenaga kerja keluar negeri dimaksud, tentu ada semacam kebijakan bersama dari Pemkab Padang Pariaman itu sendiri, dengan melakukan penjajakan jaringan yang selama ini telah ada, serta membuka jaringan baru," katanya.
    Katanya lagi, sebelum hal itu dilakukan, harus ada pelatihan kewirausahaan yang jelas, terutama bagi tamatan SMA, yang tidak bekerja di perusahaan, dan tidak pula ingin jadi PNS. "Orang-orang yang seperti itu harus kita tampung, dan dicarikan jalan keluar dari persoalan yang dihadapinya, dalam mencari proses masa depan yang sedang dia hadapi. Apalagi, dalam waktu dekat ini, semua pelajar SMA yang telah ikut UN, tentu akan segera selesai. Dan kita yakin, tidak semua yang mampu kuliah. Disinilah peranserta yang harus kita tanggulangi bersama," ungkap Yul Rahmat.
    Yul Rahmat melihat, program demikian pernah dilontarkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni dan H. Damsuar Datuak Bandaro Putiah saat mejelang terpilih dulu. Nah, hal itu harus ditindaklanjuti segera, agar tidak terlalu banyak tamatan SMA yang tidak tahu arah ditengah masyarakat. Memang disadari, mereka yang hanya tamatan SMA, sama sekali belum memiliki skil. Dalam melakukan terobosan baru dibidang usaha apalagi.
    KNPI Padang Pariaman, lanjut Yul Rahmat, telah melakukan terobosan itu disejumlah negara tetangga. Bahkan, sejumlah perusahaan luar negeri telah sering datang, dan memberikan persentasinya untuk bisa dijadikan acuan dalam hal demikian. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar