Senin, 16 Juli 2018

Pembukaan Jalan Patamuan - Tarok City Diharapkan Memajukan Kesejahteraan Masyarakat

Patamuan--Kecamatan Patamuan adalah salah satu kecamatan yang berdekatan dengan Tarok City di Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayutanam. Rencana jalan sebagai arus transportasi dari Tarok menuju Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan akan dibuka.
Senin (16/7) kemarin Camat Patamuan, Imran Rafi'i bersama Walinagari Tandikek dan walikorong yang ada di Tandikek melakukan napak tilas dari Patamuan ke Tarok City. "Ada sekitar tujuk kilometer dari Korong Bukik Gadang ke Tarok. Di antara tujuh kilo itu, hanya dua kilometer yang tak bisa dilalui kendaraan sama sekali," kata Imran.
"Jadi, ada dua korong yang akan jadi objek pembukaan jalan Patamuan - Tarok City. Yakni Korong Bukik Gadang dan Korong Tungka," ujarnya. Napak tilas yang dilakukannya, memastikan akan adanya jalan demikian, sesuai apa yang disampaikan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni.  
Menurut Imran, sehabis napak tilas, Senin, sekarang pihaknya bersama walinagari, walikorong dan sebagian tokoh masyarakat Patamuan menunggu Bupati Ali Mukhni di Tarok, memastikan hasil napak tilas tersebut.
"Ini bagian dari nikmat kemajuan yang akan dinikmati oleh masyarakat Patamuan," sebutnya. Di samping pembukaan jalan sebagai akses utama bagi masyarakat, juga diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Dia melihat, dengan terbukanya jalan itu akses masyarakat Patamuan terhadap pusat pendidikan di Tarok, Kapalo Hilalang semakin dekat. Tak lagi jauh lewat ke Koto Mambang terus Sicincin. Puluhan kilometer terpotong jalan yang jauh selama ini ditempuh masyarakat.
Hasil pertanian masyarakat Patamuan, kata Imran, dengan cepat pula berputarnya. Sebab, sudah bisa cepat keluar masuknya lewat Tarok. "Patamuan terkenal dengan kecamatan yang banyak menghasilkan produk pertanian, seperti pepaya, durian, cokelat, kelapa, dan tanaman lainnya," sebutnya.
Pihaknya berharap, pembukaan jalan itu bisa cepat realisasinya. "Napak tilas tidak hanya sekedar jalan-jalan. Tetapi melihat potensi apa yang bisa dikembangkan, dan sekalian sosialisasi kepada masyarakat Bukik Gadang dan Tungka, bahwa kampungnya akan dibuka jalan besar yang tersambung dengan arus Sicincin - Malalak," ungkap Imran. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar