Senin, 16 Juli 2018

Fisik dan Pemberdayaan Harus Sejalan Banyak Kelompok Tani dan Nelayan Hidup Segan Mati tak Mau

Sungai Limau--Pembangunan infrastruktur fisik dengan pemberdayaan masyarakat harus sejalan dan seimbang, sehingga kemajuan masyarakat dan nagari saling topang-menopang. Betapa banyak kelompok tani, kelompok nelayan yang keberadaannya bagaikan hidup segan mati tak mau.
Tiga anggota DPRD Padang Pariaman, Tri Suryadi, Sa'amar Tuanku Sidi, dan Dewiwarman, Jumat (13/7) malam lalu secara bersamaan menyampaikan hal itu saat reses ke daerah pemilihannya.
"Pembangunan fisik dinilai cukup banyak. Sekarang kita fokus pada pemberdayaan masyarakat," kata Ketua Komisi I DPRD Padang Pariaman, Tri Suryadi. Dia menilai, banyak kelompok tani, kelompok nelayan yang harus diberikan perhatian oleh Pemkab daerah ini.
Secara pribadi, Tri Suryadi yang juga mantan Walinagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau itu menitipkan pokok pikirannya sebanyak Rp450 juta untuk pemberdayaan nelayan dan petani.
"Kita tahu, sebagian besar masyarakat Sungai Limau dan Batang Gasan, Sungai Geringging, dan IV Koto Aua Malintang hidup dari laut. Menggantungkan kehidupannya dari tangkapan ikan dan bertani. Hal ini juga kita disingkronkan dengan program Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Padang Pariaman dalam melihat arti penting kemajuan nelayan," ujar anggota dewan dari Gerindra yang akan maju menjadi Caleg DPRD Sumatera Barat ini.
Bertempat di Pasar Barebeh, Nagari Pilubang, reses tiga anggota dewan dari partai yang berbeda tapi dalam satu daerah pemilihan ini dapat sambutan antusias dari masyarakat. Resesnya juga diselingi dengan hiburan orgen tunggal main KIM, sehingga seluruh aspiransi masyarakat bisa ditampung, dan selanjutnya disalurkan kepada Pemkab Padang Pariaman.
Masyarakat Pilubang sendiri menilai, reses sekali jalan untuk tiga anggota dewan terhormat tersebut dijulukinya, berlindung di bawah pohon besar beringin, terbang dengan garuda menuju Ka'bah. Sa'mar Tunaku Sidi dari Golkar, partai yang konsisten memakai lambang pohon beringin. Sedangkan Tri Suryadi dari Gerindra, Partai Pimpinan Prabowo Subianto berlogo burung garuda.
Sedangkan Dewiwarman, anggota dewan yang naik lewat partai PPP, berlambang Ka'bah. "dari awal-awal, tiga anggota dewan ini selalu memanfaatkan masa resesnya secara bersama," kata masyarakat Pilubang, Ali Refno. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar