Rabu, 25 Juli 2018

Lomba UPPKS Kencana Mandiri Sakato Koto Baru Juara Satu Sumbar

Padang Sago--Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kencana Mandiri Sakato Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Padang Pariaman berhasil meraih juara satu tingkat Sumbar, dalam lomba UPPKS. Penghargaan dan hadiah langsung diserahkan Kepala BKKBN Sumbar mewakili Gubernur Irwan Prayitno pada peringatan Harganas di Gor Sungai Sariak, Jumat lalu.
Walinagari Koto Baru, H. Zulhendrayani menyebutkan, Kencana Mandiri Sakato yang banyak bergelud di bidang usaha kelapa dan turunannya, merupakan kelompok yang telah punya sejarah di nagari ini. Artinya, berkiprah telah cukup lama, memberdayakan kelapa yang merupakan komuditi unggulan Nagari Koto Baru.
"Kelompok ini mengolah kelapa menjadi berbagai produk yang bernilai jual. Ada yang dijadikan minyak tanak tangan, membuat sabun kelapa, dan bahan makanan serta minuman lainnya," ujar Zulhendrayani.
Di samping mempekerjakan anak nagari di komplek usaha tersebut, Kencana Mandiri Sakato juga banyak membuka usaha di rumah penduduk. "Artinya, pengrajin membuat sendiri di rumahnya, lalu kelompok menjemput untuk dikumpulkan lalu dijual. Dengan adanya kelompok ini, tak ada lagi turunan kelapa yang terbuang sia-sia. Semuanya bisa dimanfaatkan," sebut Zulhendrayani yang juga Ketua Forum Walinagari Kabupaten Padang Pariaman ini.
Dengan kelompok ini pula, kata Zulhendrayani, semua kaum peremuan Koto Baru punya kegiatan tersendiri dalam meningkatkan pendapatan keluarganya masing-masing. "Koto Baru memang telah lama terkenal nagari yang paling luas lahan kelapanya di Padang Pariaman. Melalui kelompok ini pula, harga kelapa bisa diharapkan oleh masyarakat petani," ungkapnya.
"Alhamdulillah, penghargaan sekaligus reward untuk Kencana Mandiri Sakato ini akan menjadi pelecut untuk lebih giat lagi melahirkan inovasi serta kreasi dalam menambah pemasukan buat masyarakat itu sendiri," ulas dia. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar