Rabu, 25 Juli 2018

14 Guru Mengaji di Nagari Koto Baru Terima Honor Tahap Dua

Padang Sago--Sebanyak 14 orang guru mengaji di Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Padang Pariaman menerima honor dari pemerintahan nagari setempat untuk triwulan kedua. Honor yang mereka terima dalam tahap dua itu adalah untuk tiga bulan, yang setiap bulannya senilai Rp200 ribu.
Walinagari Koto Baru, H. Zulhendrayani kepada Singgalang menyebutkan, pemberian honor itu sudah ditetapkan dalam nagari ini buat seluruh guru mengaji di surau dan masjid. "Hingga kini, mereka telah menerima honor selama tujuh bulan. Sebab, pada tahap satu diberikan untuk empat bulan. Jadi tinggal lima bulan lagi yang akan dibayarkan pada tahap tiga nantinya," kata Zulhendrayani.
Menurut Zulhendrayani yang juga Ketua Forum Walnagari Kabupaten Padang Pariaman ini, saat ini honor yang diberikan baru untuk guru mengaji. Sedangkan honor imam, khatib, bilal dan garin belum. Insya Allah pada kesempatan lain, sesuai agenda yang telah ditetapkan.
Dia menyebutkan, honor yang diberikan ini juga sesuai dengan anggaran yang dikelola Nagari Koto Baru. "Memang jumlahnya tak seberapa bila dibandingkan dengan pengabdian yang diberikan guru mengaji terhadap anak nagari, terutama yang berhubungan dengan pendalaman kitab suci Quran bagi anak-anak," ungkapnya.
"Jadi, masing-masing guru mengaji kita berikan Rp600 ribu untuk honor tiga bulan. Semoga, honor ini bisa memberikan yang terbaik bagi mereka dalam menambah biaya hidup. Kalau istilah lamanya, hanya buat pembeli sabun mandi," ujar Zulhendrayani.
14 orang guru mengaji itu, sebut Zulhendrayani, tersebar di seluruh korong yang ada di Koto Baru. Pada umumnya, para guru mengaji ini telah lama mengabdi di tengah masyarakat. Tiap hari mengajarkan Quran, cara beribadah yang baik, serta juga ikut mengajar yang tua-tua dalam wirid pengajian. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar