Sabtu, 21 Juli 2018

Jembatan Lubuak Tano Persingkat Jarak VII Koto - Padang Sago

VII Koto--Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menargetkan jembatan Lubuak Tano sudah bisa dilalui kendaraan roda dua minggu depan. Hal tersebut diungkapkannya saat meninjau perkembangan pembangunan jembatan yang menghubungan Kecamatan VII Koto Sungai Sariak dengan Kecamatan Padang Sago tersebut, Jumat (20/7) lalu.
Dengan memakai sandal jepit, Ali Mukhni memeriksa konstruksi jembatan dan pengecoran badan jembatan yang telah selesai dilaksanakan. “Alhamdulillah, jembatan Lubuak Tano sudah dicor. Minggu depan sudah bisa dilalui sepeda motor,” kata Bupati Ali Mukhni didampingi Kabag Humas Andri Satria Masri, di Buluah Kasok, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak.
Dikatakannya, bahwa jembatan Lubuak Tano sepanjang lebih kurang 100 meter, lebar 8 meter itu menghubungkan dua kecamatan; Padang Sago dan VII Koto Sungai Sariak. Peletakan batu pertama jembatan tersebut, kata Ali Mukhni, dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur pada 28 April 2017 yang lalu.
“Jembatan ini adalah kebanggaan Padang Pariaman. Mimpi yang menjadi kenyataan, salah satu jembatan terindah di Sumatera Barat,” ungkap bupati yang diminta masyarakat menjadi calon Gubernur Sumbar mendatang itu.
Menurut dia, adanya jembatan ini akan memperpendek jarak sekitar 20 kilometer. Karena sebelumnya, masyarakat VII Koto Sungai Sariak mesti menuju Kota Pariaman jika ingin ke Padang Sago atau sebaliknya. Pembangunan jembatan sudah direncanakan sejak Ali Mukhni menjabat sebagai wakil bupati 2005-2010. Namun keterbatasan dana, baru bisa diwujudkan tahun anggaran 2017.
Sementara, Kabid Bina Marga Rahim Thamrin mengatakan pembangunan jembatan Lubuak Tano terdiri dari dua tahap penganggaran. Unutk tahap I dialokasikan dana sebesar Rp6.170.129.000 pada tahun 2017. Sementara pada tahun 2018 ditambah anggaran sebesar Rp12 miliar pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang.
“Bapak Bupati Ali Mukhni sangat gigih memperjuangkan anggaran untuk jembatan Lubuak Tano. Insya Allah, September nanti sudah bisa dinikmati masyarakat,” ujar dia.
Masyarakat VII Koto Sungai Sariak sangat bersyukur adanya pembangunan jembatan Lubuak Tano karena kepedulian Bupati Ali Mukhni. Bahkan sudah banyak dilihat langsung oleh perantau saat lebaran beberapa waktu lalu. "Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Ali Mukhni. Perjuangannya untuk pembangunan di VII Koto Sungai Sariak sangat luar biasa," kata Edi, pemuda setempat. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar