Senin, 23 Juli 2018

Mahasiswa KKN Unitas Padang Dukung Penuh Pelestarian Nilai Adat dan Budaya Lewat Laga-laga Simpang Tigo

Sintuak--Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tamansiswa (Unitas), Padang yang tergabung dalam kelompok XII dari berbagai Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Pertanian, melakukan berbagai kegiatannya di Korong Simpang Tigo, Nagari Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman.
Angga Febrianto, Ketua Kelompok XII menyebutkan, pertama datang dan bermukim di korong, pihaknya merasa dapat sambutan dari masyarakat setempat. "Kita mendukung penuh kepemimpinan Satria Naldo, sebagai Walikorong Simpang Tigo yang baru saja ditetapkan oleh masyarakat," kata dia saat syukuran terpilihnya walikorong itu, Minggu lalu.
Bersama Andri Septian dan mahasiswa lainnya, Angga Febrianto menilai, syukuran yang dilakukan bersama masyarakat dan mahasiswa yang tengah melakukan KKN, adalah momen yang amat tepat, sekaligus menyosialisasikan kehadiran calon intelektual tersebut di tengah masyarakat.
Menurutnya, walikorong di tengah masyarakat adalah penggerak berbagai kegiatan, baik bersama pemerintah maunpun bersama pihak lainnya. "Alhamdulillah, sehabis syukuran dan peresmian walikorong, kita melakukan gotong royong bersama masyarakat dan walikorong di laga-laga Simpang Tigo," ungkapnya.
Angga yang mahasiswa Fakultas Ekonomi ini melihat, aktivitas masyarakat Simpang Tigo cukup bergerak dengan dinamikanya sendiri. Sarana umum, yang menjadi kegiatan sosial kemasyarakatan sangat mendukung untuk masyarakat.
"Laga-laga adalah tempat bersosialisasi, mengembangkan kesenian lokal yang sedang berkembang di tengah masyarakat. Bagi masyarakat Simpang Tigo, laga-laga cukup terawat dengan baik, sebagai tempat pelestarian kebudayaan," ujarnya.
Bersama walikorong, katanya, pihaknya banyak membicarakan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam memulai kepemimpinanya di Simpang Tigo. "Kita sangat mendorong tumbuh dan berkembangnya nilai adat dan budaya lokal, yang menjadi warisan dari yang tua-tua dulunya," sebutnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar