Rabu, 11 Juli 2018

Koto Baru Masih Fokus Pembangunan Jalan Rabat Beton

Padang Sago--Pemerintahan Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman masih memfokuskan pembangunan infrastruktur jalan dalam programnya tahun ini. Ada tiga titik pembangunan jalan rabat beton yang telah masuk dalam Anggaran Pembiayaan Belanja (APB) nagari itu.
    Walinagari Koto Baru, H. Zulhendrayani kepada Singgalang menyebutkan, jalan yang tiga titik itu, pembuatan jalan rabat beton dari Aro Jaya ke Tanah Runtuah, yang panjangnya mencapai 700 meter. "Tahapan ini sudah mulai, dan diharapkan selesai tepat pada waktunya," kata dia, Kamis (12/7) kemarin.
    Kemudian, katanya, jalan rabat beton dari Kampuang Panyalai ke Solok Pintu Gabang, yang panjangnya mencapai 500 meter. Dan terakhir jalan Guguak di Korong Tungka Kampuang Panyalai, yang panjangnya mencapai 200 meter. "Ketiga titik jalan ini merupakan usulan masyarakat yang dianggap paling krusial dan harus diwujudkan tahun ini," ungkapnya.
    Menurut Zulhendrayani yang juga Ketua Forum Walinagari Kabupaten Padang Pariaman ini, pembangunan jalan rabat beton merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan akses masyarakat. "Dengan jalan ini masyarakat tak lagi merasa kesulitan menempuhnya dalam suasana apapun juga," kata Zulhendrayani.
    "Yang tak kalah penting dari itu, jalan yang rancak akan meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri," sebutnya. Adanya jalan rabat beton, ulas dia, kendaraan roda empat sudah bisa keluar masuk menjemput hasil pertanian masyarakat.
    Dia melihat, bila hasil pertanian masyarakat cepat berputarnya, dengan sendirinya peningkatan ekonomi akan dirasakan masyarakat. "Di samping pembangunan jalan rabat beton, tahun ini kita juga melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kelompok usaha rumah tangga dan kelompok tani," sebutnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar