Senin, 18 September 2017

Walinagari Diingatkan Soal Tanggungjawab Besar

Bupati Ali Mukhni Ingatkan Para Walingari

Pariaman--Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni, ingatkan para walingari akan tugas dan tanggung-jawabnya sebagai pejabat pemerintahan. Salah satu diantaranya adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
    Ali Mukhni mengingatkan para walingari usai melantik Lazran sebagai Walinagari Padang Bintungan, Kecamatan Nan Sabaris, Selasa (31/2) lalu. Turut hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati H. Damsuar Dt. Bandaro Putiah bersama Kepala-
kepala SKPD dan pemuka masyarakat setempat.
    Dikatakan, walinagari memiliki tanggung-jawab yang sangat besar. Sebagai pemimpin, dia harus memikirkan bagaimana membangun dan meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat. "Saudara harus mengerti dan tahu akan kebutuhan masyarakat," ujar Ali Mukhni kepada Lazran.
    Begitu dilantik, tambah bupati, seorang Walinagari sudah harus mengorbankan sebagian waktu, tenaga dan pikiraannya buat masyarakat dan, hal ini harus dipahami pula oleh isteri dan anak-anaknya. "Kesuksesan seorang walingari sangat tergantung dari dukungan keluarga," ulasnya.
    Dalam kesempatan itu, dia pun mengingatkan akan tugas berat seorang walingari di tahun 2014. Tahun ini adalah tahun politik. Tahun pelaksanaan Pemilu dan Pilpres. Di tahun ini para walinagari akan diuji kemampuannya dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.
    "Atas nama pemerintah daerah, kami berpesan kepada Walinagari agar mewaspadai segala sesuatu yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan Pemilu dan Pilpres. Begitu juga kepada masyarakat, mari sama-sama kita sukseskan pesta demokrasi nanti," katanya.
    Apresiasi
    Sebelumnya Bupati Ali Mukhni juga menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan pemilihan walinagari di Nagari Padang Bintungan yang dia lihat telah berjalan aman dan lancara. Itu menandakan bahwa masyarakat Padang Bintungan sudah sangat memahami arti pentingnya sebuah demokrasi.
    Kepada Widdarmy selaku penjabat walinagari, dia mengucapkan terima kasih atas upaya dan kerjakerasnya melaksanakan roda pemerintahan dan, sekaligus menyukseskan pelaksanaan pemilihan Walinagari Padang Bintungan. (213)
--------------------------------------

Bupati Ali Mukhni Kecewa
RSUD Tandus dan Gersang, Puntung Rokok Berserakkan di IKK

Parit Malintang--Mengawali kegiatan 2014, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menjalani kegiatan seperti biasanya. Pagi-pagi sekali, dia berangkat dari pendopo menuju kantor di Parit Malintang. Sebelumnya singgah ke RSUD yang terletak di pinggir jalan Padang-Bukittinggi.
    Di RSUD, Bupati Ali Mukhni meninjau lingkungan sekitaran. Dia terlihat kecewa melihat pekarangan yang masih tandus dan belum ditanami pohon rindang untuk keindahan lingkungan. "RSUD sudah bagus. Jalannyapun sudah diaspal tapi belum ada penghijauan di sekelilingnya," kata Ali Mukhni.
    Dia minta manajemen RSUD ikut peduli mengenai penghijauan yang berwawasan lingkungan. "Silahkan ditanami dengan pohon-pohon yang rindang, tanaman yang produktif agar kelihatan indah dan tidak gersang," kata Ali Mukhni mengingatkan.
    Setelah melihat kondisi RSUD, Ali Mukhni melanjutkan perjalanan ke Ibukota Kabupaten (IKK). Setibanya di kantor seperti biasanya tidak langsung masuk ke ruangannya. Namun terlebih dahulu berkeliling kantor untuk melihat kebersihan, kondisi tanaman, serta bangunan di kawasan IKK.
    Ali Mukhni masih melihat adanya puntung rokok yang berserakkan dilantai atau sengaja dibuang di pot bunga. Padahal beliau telah acapkali mengingatkan PNS atau tamu agar tidak membuang sampah atau puntung rokok di sembarang tempat.
    Disamping itu, Bupati Ali Mukhni juga meninjau kondisi tanaman yang ditanam di sekitaran IKK yang mulai tumbuh subur dan hijau. Namun banyak rumput liar dan ada tanaman yang kelihatan jarang disiram. Spontan saja Bupati Ali Mukhni langsung membersihkan satu persatu tanaman tersebut menggunakan tangannya sekaligus disiram. "Sedih kita melihat tanaman yang mulai tumbuh subur tapi kurang terawat," kata Ali Mukhni yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara, Kabag Umum Armen Rangkuti dan Kasatpol PP Syafrimen.
    Bupati Ali Mukhni menceritakan ketika bangunan kantor ini selesai setahun yang lalu, belum ada satupun tanaman yang tumbuh subur di kawasan IKK. Saat itu dia bersama dinas terkait untuk mengadakan penghijauan dan pemupukan serta perawatan tanaman. Semula dia tidak yakin tanaman tersebut bisa tumbuh subur mengingat kondisi tanah dan medan yang bertingkat-tingkat. Namun izin Allah SWT, tanaman bisa tumbuh subur di sekitar IKK.
    Selanjutnya dia menjelaskan, mengapa begitu peduli dengan penghijauan dan kelestarian alam. Menurutnya, dimasa sekarang untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu daerah diukur melalui sejauhmana tingkat pertumbuhan ekonominya. Padahal tidak kalah penting yaitu sejauhmana suatu daerah peduli dengan kelestarian alam dan penghijauan di wilayah kerjanya. "Coba bayangkan tujuh milyar penduduk dunia butuh alam yang sehat untuk kehidupan," kata Ali Mukhni.
    Untuk saat ini saja banyak sekali pohon-pohon yang ditebang tanpa memikirkan dampak lingkungan nantinya. Dia mengajak seluruh PNS dan lapisan masyarakat Padang Pariaman untuk menanam pohon, baik dilingkungan kantor maupun disekitar tempat tinggal. Kelestarian alam adalah tanggungjawab bersama.
    Bupati Ali Mukhni juga mengingkatkab, bahwa gerakan menanam pohon ini juga sejalan dengan hadits Rasulullah: "Tanamlah bibit pohon yang ada ditanganmu sekarang juga, meski besok kiamat. Allah akan tetap memperhitungkan pahalanya". (525)
--------------------------------------------------------

Dimata Nasrul Syahrun
Bupati Ali Mukhni Sosok yang Santun dan Gigih

Parit Malintang--Mantan Bupati Padang Pariaman Nasrul Syahrun terlihat kagum melihat megahnya kantor bupati yang terletak di ibukota kabupaten (IKK) di Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Senin lalu. Orang nomor satu menjelang era reformasi itu juga salut dengan kerja keras dan kesungguhan Bupati Ali Mukhni dalam membangun pusat pemerintahan.
    "Tanpa kesungguhan dan kerja keras siang dan malam, mustahil kantor ini akan terbangun," katanya. Disamping itu, dia telah banyak melihat maupun mendengar infomasi dari media mengenai pesatnya pembangunan selama tiga tahun kepemimpinan Ali Mukhni - Damsuar. Mulai dari pembangunan BP2IP, pelabuhan Tiram, Irigasi Anai II, MAN Insan Cendikia, asrama haji dan program gotong royong badunsanak setiap pekan di nagari dan korong.
    Atas kerja keras dan kesungguhan seorang Bupati Ali Mukhni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Padang Pariaman, Nasrul Syahrun mengapresiasi dan bahagia melihat kampung halaman telah berubah ke arah yang lebih baik.
    Dia juga mengaggumi sosok Ali Mukhni yang sering berkunjung dan meminta pendapat dan kritikan yang membangun kepada senior-seniornya untuk perbaikan ke depannya. "Ali Mukhni sosok yang santun dan menghargai seniornya," sebut Nasrul Syahrun.
    Sementara itu, Bupati Ali Mukhni menyampaikan bahwa apa yang telah diperbuatnya untuk masyarakat Padang Pariaman tidak terlepas dari doa dan dukungan dari mantan bupati maupun mantan gubernur. "Mereka adalah guru-guru terhebat saya. kami sering berdiskusi mengenai pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Padang Pariaman," kata Ali Mukhni yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.
    Kunjungan Nasrul Syahrun disambut Bupati Ali Mukhni, Wabup Damsuar, Sekdakab Jonpriadi dan seluruh PNS yang berkantor di Parit Malintang. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar