Senin, 04 September 2017

Terkenal Kompak Bupati Ali Mukhni Kagumi Perantau Batam

Terkenal Kompak
Bupati Ali Mukhni Kagumi Perantau Batam

Padang Pariaman--Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni hadiri silaturahim sekaligus pelantikan DPC PKDP Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa lalu. Pelantikan dilangsungkan di Masjid Babussalam.
    Pada kesempatan tersebut, Bupati Ali Mukhni menyampaikan kekagumannya melihat kekompakan perantau urang awak. "Berada di Kota Batam terasa berada di kampung halaman sendiri," kata Ali Mukhni mengawali pembicaraannya.
    Dia berpesan, masyarakat perantau agar terus menjaga kekompakan dan saling membantu dalam kehidupan sehari-hari. Para perantau diminta selalu menjaga tradisi budaya badoncek, dalam melaksanakan suatu kegiatan seperti membangun mushalla atau masjid, pesta perkawinan dan hal-hal yang menyangkut kepentingan orang banyak.
    Bupati Ali Mukhni menjelaskan kondisi terkini Kabupaten Padang Pariaman yang dia pimpin sejak 2010 lalu. Baik segi pembangunan insfrastruktur, maupun sosial kemasyarakatan. Mega proyek nasional pembangunan Badan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) yang termegah di Indonesia, menelan biaya Rp1,3 trilun.
    "Selanjutnya, pembangunan pelabuhan kapal laut di Tiram, asrama haji seleuas 10 hektare di Sungai Buluah, Madrasah Insan Cendikia di Sintuak Toboh Gadang, jalan kereta api Duku-BIM dan Main Stadion di Lubuk Alung, untuk persiapan Sumbar sebagai tuan rumah PON 2024," kata dia.
    Disamping itu, lanjutnya, juga telah dibangun Rusun pesantren di Ringan-Ringan, Pakandangan, jalan lingkar Duku-Sicincin, jalan bandara menuju Ulakan. Untuk sektor pertanian, juga telah dibangun Irigasi Anai II, yang membelah dua wilayah Padang Pariaman, dapat mengairi 7.000 hektare sawah penduduk. Terdapat juga normalisasi Sungai Batang Anai, Batang Tampuniak, Batang Mangoe, Batang Kalampaian dan Batang Ulakan.
    Bidang sosial kemasyarakatan, Bupati Ali Mukhni sejak awal dilantik menjadi orang nomor satu di Padang Pariaman telah memiliki program unggulan, yaitu gotong-royong setiap minggunya bersama seluruh perangkat daerah, Muspida, kecamatan, nagari, pemuda, bundo kanduang serta masyarakat. (525)
-----------------------------------------------

Perantau Puji Kerja Bupati Ali Mukhni
Banyak Proyek Nasional, Padang Pariaman Semakin Tacelak

Padang Pariaman--Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni menyatakan kondisi daerah yang dia pimpin pascagempa 2009 lalu, sudah jauh lebih baik. Dia menyadari, tanpa doa dan dukungan dari perantau tentunya pembangunan tersebut tidak akan terwujud.
    "Kita tidak akan dapat membangun dengan lancar tanpa melibatkan tokoh masyarakat dan perantau. Ini artinya, jembatan hati antara pemerintah dan masyarakat ranah serta rantau telah terjalin erat. Alhamdulillah, dengan kerja ikhlas dan sungguh-sungguh kondisi Padang Pariaman sudah jauh lebih baik saat ini," kata Ali Mukhni saat bicara dihadapan PKDP Kota Batam, sepekan yang lalu.     Disamping itu, lanjutnya, bantuan beasiswa siswa yang tidak mampu, mulai dari SD hingga perguruan tinggi, bantuan biaya kesehatan serta bantuan untuk guru MDA yang dikelola oleh Badan Amil Zakat (BAZ), dapat sambutan luas dari masyarakat. Dana BAZ merupakan zakat dari seluruh PNS, dunia usaha dan masyarakat rantau. BAZ Padang Pariaman telah mendapat penghargaan tingkat nasional oleh pemerintah pusat, awal Januari lalu.
    Bupati Ali Mukhni memberikan kabar gembira kepada perantau urang awak di Kota Batam, bahwasanya Padang Pariaman diberi kepercayaan oleh pemerintah pusat sebagai tuan rumah pembukaan sekaligus grand start etape pertama Tour de Singkarak (TdS), yang akan berlangsung 6-15 Juni 2014 mendatang.
    "Adapun pembukaan TdS diadakan di lokasi wisata Pantai Tiram pada tanggal 6 Juni. Pada pembukaan TdS tersebut akan ditampilkan kesenian asli Piaman seperti indang, tari piring, tari panen. Disamping itu juga ada pameran dan bazar. Untuk hiburan bagi masyarakat, didatangkan grup band asal ibukota; Nidji Band.
    Ketua DPW PKDP Kepulauan Riau Syukri Farial mengatakan, kedatangan Bupati Ali Mukhni sangat dinanti-nanti masyarakat kota ini, khususnya urang awak untuk mendengarkan langsung perkembangan kampung halaman. Pelantikan DPC PKDP Bengkong terasa teristimewa, karena langsung dilantik Bupati Ali Mukhni.
    Syukri Farial bersyukur, Padang Pariaman saat ini sudah jauh berubah setelah gempa 2009 lalu, dikarenakan banyaknya mega proyek nasional yang terletak di wilayah itu.
    "Banyaknya mega proyek nasional menandakan Bupati Ali Mukhni telah bekerja siang malam, 24 jam untuk kepentingan umat dan masyarakat banyak," kata Syukri Farial, anggota DPRD Kepri ini.
    Ketua DPC PKDP Bengkong, Afrizal Chaniago mengatakan dalam waktu dekat akan diadakan validasi data warga Piaman yang berada di Kota Batam. Untuk itu, dia meminta kerjasama yang baik kepada warga Piaman, apabila petugas datang ke rumah-rumah untuk melakukan pendataan dimaksud.
    Disamping Ali Mukhni yang hadir acara pelantikan demikian, juga ikut pula Ketua TP PKK Hj. Rena Ali Mukhni, anggota DPR RI; Harry Azhar Aziz dan Asman Abnur, Ketua DPRD Padang Pariaman; Eri Zulfian, Kadis DPPKA; Hanibal, Kadis Pendidikan; Mulyadi, Kadis Perhubungan; Budi Utama, Kadis Koperindag; Rustam dan Kabag Humas; Hendra Aswara. Bupati Ali Mukhni menyumbang untuk pembangunan tempat wudhu masjid Babussalam sebesar Rp5 juta. (525)
-------------------------------------------------

Putri Indonesia 2014 Hadir di Padang Pariaman

Padang Pariaman--Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni beserta Ketua TP PKK Hj. Rena Ali Mukhni menyambut kedatangan putri Indonesia 2014,
Elvira Devinamira di ruang tunggu VIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Jumat (4/4).
    "Selamat datang di Kabupaten Padang Pariaman," kata Bupati Ali Mukhni. Pada kesempatan tersebut, Ali Mukhni menjelaskan potensi pariwisata yang sangat menjanjikan di daerahnya. Seperti wisata kuliner Pantai Tiram, wisata religius makam Syekh Burhanuddin, kawasan pemandian Anai Resort, dan Air Terjun Nyarai yang sangat indah dan eksotis di Lubuk Alung.
    Keindahan pantai di Sumbar tidak kalah dengan pantai di Bali. Bupati Ali Mukhni juga mengundang putri Indonesia untuk hadir pada malam pembukaan dan grand start Tour de Singkarak (TdS) pada tanggal 6-15 Juni mendatang.
    "Saya mohon kesediaan putri Indonesia untuk hadir pada malam pembukaan dan grand start TdS bulan Juni nanti," kata Ali Mukhni yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.
    Putri Indonesia 2014 Elvira Devinamira terkesan dengan keindahan alam di Sumatera Barat, yang baru pertama kali dijajakinya. Ditambah lagi dengan keramahan dan kehangatan penyambutan terhadap dirinya sejak turun dari pesawat.
    "Saya baru pertama kali ke Sumatera Barat dan sangat berkesan sekali dengan keindahan alam dan disambut langsung oleh Bapak Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni," kata Elvira yang berasal dari Jawa Timur itu.
    Terkait undangan Bupati Ali Mukhni untuk pelaksanaan Tour de Singakarak, Elvira mengaku suatu kehormatan sekali bisa hadir dan mempromosikan nama Indonesia di dunia internasional pada TdS yang akan dihadiri utusan 35 negara tersebut. "Insya Allah, jika tidak ada halangan dan disesuaikan dengan schedule, kami akan hadiri TdS nanti," kata Elvira antusias.
    Kunjungan Putri Indonesia 2014, Elvira Devinamira adalah sebagai ajang promosi wisata Sumbar, dan pengenalan produk-produk kerajinan yang berasal dari daerah ini. Untuk Padang Pariaman, putri Indonesia tersebut dijadwalkan mengadakan seminar Senin di Aula Kantor Bupati di Parit Malintang. (525)
-----------------------------------------------

Binaan Remaja Putri Sikabu Paling Aktif Melakukan Kegiatan

Lubuk Alung, Singgalang   
    Pembinaan kegiatan keagamaan di kalangan remaja amat penting artinya dalam membentengi berbagai masalah penyimpangan perilaku. Saat ini remaja menghadapi kegalauan karena tidak kuatnya pegangan keyakinan beragamanya.
    Caleg PKB Sumbar Armaidi mengungkapkan hal itu pada tablig akbar Binaan Remaja Putri, Nagari Sikabu Lubuk Alung asuhan PKK Nagari Sikabu, Jumat (3/4) malam di surau setempat. Tablig akbar digelar memeriahkan satu tahun berdirinya Binaan Remaja Putri, dihadiri Camat Lubuk Alung, H. Azminur, Caleg Hanura Kabupaten Padang Pariaman, Jalius Budhi. Tampil sebagai penceramah pengasuh Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Zulhamdi Tuanku Kerajaan Nan Sholeh.
    "Apapun kegiatan yang dilaksanakan remaja putri di surau dan di masjid harus mendapat apresiasi dan dorongan. Kita harus bangga dengan remaja putri yang mau mengurus kegiatanan keagamaan ini. Betapa banyak remaja putri yang makin jauh dari nilai-nilai agama. Jangankan untuk mengadakan kegiatan, hadir saja mereka banyak yang enggan," kata Armaidi.
    Sementara itu, Camat Lubuk Alung Azminur menyebutkan, dari lima nagari di Kecamatan Lubuk Alung, Nagari Sikabu remaja putrinya paling aktif menyelenggarakan kegiatan keagamaan. Ini perlu terus dikembangkan. Kegiatan ini merupakan antisipasi terhadap tingginya kasus asusila yang terjadi di Lubuk Alung. Menurut informasi, ada 50 persen pasangan calon pengantin yang sudah 'dulu bajak pado jawi', atau kawin 'kecelakaan'.
    "Melalui wirid remaja seperti ini, mental remaja dapat disiapkan untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Banyak remaja yang terjerumus kepada hal-hal tidak baik, karena dangkal pemahaman keagamaan," tambah Azminur.
    "Terkait pelaksanaan Pemilu 9 April ini, dihimbau remaja yang sudah punya hak pilih agar menggunakan haknya. Jangan sampai tidak memilih, karena dapat merugikan caleg yang menurut kita satu keyakinan dalam menjalankan nilai-nilai keagamaan," kata Azminur.
    Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Zulhamdi Tuanku Kerajaan Nan Sholeh dalam ceramahnya mengungkapkan, kegalauan remaja terjadi karena tidak adanya rasa bertuhan. Secara umum mereka yang galau dalam kehidupannya tidak melakukan shalat. Karena orang yang shalat pasti tidak akan galau menghadapi setiap persoalan kehidupan.
    "Agar remaja tidak galau dalam kehidupannya, harus sejak kecil ditanamkan nilai-nilai agama. Sehingga si anak memiliki keyakinan agama yang mantap. Banyak orangtua tidak lagi curiga ketika putrinya pulang dan terlalu akrab dengan lelaki. Ironisnya, anak kuliah di kota, pulang sudah membawa cucu. Tapi sayang si anak tidak ditemani suaminya, karena memang belum nikah," kata Zulhamdi.
    Ketua Umum Binaan Remaja Putri Sikabu Efifatul Hidayah menyebutkan, tabliq akbar bertemakan, 'Kegalauan Kami Remaja (pemuda-pemudi) Akhir Zaman di Persimpangan Jalan'. Organisasi ini  berdiri sebagai tekad kami untuk meningkatkan wawasan keagamaan bagi remaja. Selain itu, memanfaatkan waktu luang remaja agar dapat diisi dengan kegiatan positif dan terhindar dari perbuatan maksiat.
    "Meski Binaan Remaja Putri yang mengadakan kegiatan, tetap saja kami melibatkan kaum ibu-ibu dan sebagian bapak-bapak. Harus diakui, belum semua masyarakat yang meresponnya dengan baik untuk menghadiri wirid yang kami adakan," tambah Efifatul. (525)
-----------------------------------------------------

Bersama Polisi dan TNI
1.974 Personil Pol PP Siap Amankan Pemilu

Padang Pariaman--Peringatan hari jadi Satpol PP dan Sat Linmas tahun 2014 ini menjadi sangat istimewa, karena bersamaan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan Pemilu. Oleh karena itu, tidak berlebihan kiranya pada kesempatan yang sangat baik ini digelar acara apel siaga dalam rangka mengawal pelaksanaan Pemilu besok.
    Satuan Pol PP dan Satlinmas harus siap mengawal pelaksanaan Pemilu, melalui tugas pokok dan fungsi. Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas sebagai suatu kesatuan dalam SKPD yang memberikan dukungan kelancaran pada pelaksanaan Pemilu itu sendiri.
    Sekdakab Padang Pariaman, Jonpriadi bicara demikian dalam apel siaga HUT Pol PP dan Satlinmas daerah itu, Jumat lalu di IKK Parit Malintang. Kata dia, terdapat relevansi antara tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam penegakan Perda, serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.
    Menurutnya, Satlinmas mempunyai tugas membantu penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada, membantu penanggulangan bencana, serta tugas sosial kemasyarakatan lainnya. 
    "Berdasarkan Pasal 126 Undang-undang Nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu, seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas daerah ini diharapkan senantiasa meningkatkan kesiap-siagaan, dalam menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat," ungkap Jonpriadi.
    Dia menekankan, pentinya koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi. Baik secara vertikal, maupun horizontal dengan instansi terkait, seperti KPUD, Panwaslu, TNI, dan Polri serta Badan Kesbangpol, yang didasarkan atas hubungn fungsional, saling membantu dan saling menghormati, dengan mengutamakan kepentingan umum dan memperhatikan hirarki, serta kode etik birokrasi.
    Selanjutnya, sebut Jonpriadi, hal yang tidak kalah pentingnya, adalah menyampaikan laporan secara tertulis kepada Menteri Dalam Negeri setiap perkembangan situasi, dan kondisi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.
    Secara simbolis, Sekdakab Jonpriadi menyerahkan sebanyak 1.974 personil Pol PP dan Satlinmas kepada Polres Kota Pariaman dan Polres Padang Pariaman, untuk siap nantinya bekerjasama dalam menjaga Pemilu yang sukses dari kekacauan. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar