Rabu, 08 November 2017

Masih Banyak Masyarakat yang Belum Tersentuh Pelayan Kesehatan

Hilangkan Sangkaan Orang Ugal-Ugalan di Jalan
HSC Lubuk Alung Tunjukkan Kepedulian Dengan Berbagi Sama Penghuni Panti

Lubuk Alung--Puluhan anak yatim Panti Asuhan Aysiyah Lubuk Alung, Sabtu lalu mendapat kehormatan. Mereka dijamu oleh Happy Scooter Club (HSC) untuk buka puasa bersama di markar HSC yang merupakan komunitas pencinta motor Vespa. Komunitas yang beranggotakan sekitar 25 orang itu mampu memberikan yang terbaik, dengan saling berbagi di bulan yang penuh berkah tersebut.
"Selama ini, komunitas pencinta motor seperti Vespa akrap dengan ugal-ugalan, bahkan memekakkan telinga banyak orang. Itu pandang yang kita dengar dari banyak pihak. Dan itu tentu sah-sah saja. Tetapi, kami yang berdomisili di Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman ini ingin membalikkan keadaan, salah satunya buka puasa dengan anak yatim, sekaligus memberikan santunan," kata M. Zasli Rais, Ketua HSC Lubuk Alung.
Kata dia, meskipun beranggotakan masih terebatas, HSC punya cabang di Pontianak, Kalimantan Barat. Berbuka bersama dengan anak yatim, sekalian pemberian santunan ini, tentu langkah awal untuk melihat kedepannya, bagaimana komunitas ini lebih mampu lagi berbuat untuk sesama.
Buya Ilyas dalam taushiyahnya menyampaikan, bahwa Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang, kecuali seseorang itu yang akan merubahnya. Untuk itu, penting artinya iman, ilmu dan amal shaleh dilakukan setiap insan Muslim.
"Zaman sekarang, tidak ada yang tidak mungkin. Apalagi kalau Tuhan sudah berkehendak, di Panti Asuhan Aysiyah ini bisa terlahir Bupati Padang Pariaman. Ini tidak menutup kemungkinan. Nah, yang penting bagiaman penghuni panti tidak merasa terasing. Tingkatkan terus mencari ilmunya, sesuai anjuran Nabi Muhammad, yang menyuruh umatnya menuntut ilmu hingga liang lahat," kata Buya Ilyas.
Happy Neldy, tokoh masyarakat Lubuk Alung, dan Kapolsek Lubuk Alung AKP Arsyal saat diminta memberikan sambutan sangat apresiasi terhadap komunitas anak muda yang mencintai Vespa, atas kebaikannya memberikan santuan kepada anak yatim demikian.
"Kami mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan ini terus dilakukan. Biar kita domisilinya di Lubuk Alung, tetapi dari kampung ini digagas nantinya acara tingkat Sumbar, kapan perlu tingkat nasional sekalian," kata Happ Neldy yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Padang Pariaman ini. (525)
-----------------------------------------------------------------

MAN-IC Siap Melahirkan Kader Ulama Berwawasan Kebangsaan

Sintuak--Hari libur biasanya dimanfaatkan para pejabat daerah untuk menikmati rekreasi ke luar kota bersama keluarga. Namun, tidak demikian halnya dengan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni. Ia justru memilih untuk bekerja memonitoring kegiatan pemerintahan dan pembangunan di wilayahnya.
Minggu lalu siang misalnya, Ali Mukhni meninjau pekerjaan pembangunan lokal dan asrama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) di Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang. Saat itu ia didampingi Kepala Kemenag Masrican Tuanku Maharajo Basa dan Kabag Humas Hendra Aswara.
Ali Mukhni menjelaskan, pembangunan MAN IC berdiri diatas lahan 10 hektare. Saat ini pelaksanaan pekerjaannya sedang berlangsung dan diharapkan selesai akhir tahun 2014.
Untuk mendukung keberadaan MAN IC, lanjutnya, sarana jalan menuju ke lokasi sudah diaspal hotmix. Di antaranya ruas jalan masuk dari Masjid Toboh Apa menuju Toboh Sawah Mansi yang persis di depan kompleks MAN IC.
Ali Mukhni mengemukakan harapan, dengan selesainya bangunan ruang kelas dan asrama tahun ini, pada tahun 2015 MAN IC telah menerima siswa baru. Oleh karena itu, ia menghimbau masyarakat Padang Pariaman, khususnya bagi orangtua, agar mempersiapkan dengan matang anak-anaknya untuk belajar di sini.
"Perlu diketahui, untuk masuk madrasah ini diadakan tes secara nasional dan harus lulus 100 persen murni. Dalam hal ini tidak bisa diintervensi oleh siapa pun," ujarnya.
Lulusan MAN IC ini nantinya, kata bupati, sangat berpeluang untuk diterima di perguruan tinggi favorit. Sebab, madrasah ini adalah boarding school. Artinya, siswanya benar-benar dididik dan ditempa untuk dipersiapkan menjadi siswa yang cerdas dan berkualitas berlandaskan agama Islam.
Sebagaimana diketahui, dari 497 kabupaten/kota di Indonesia, hanya terdapat 13 unit MAN IC, satu di antaranya terletak di Kabupaten Padang Pariaman. Adapun dampak pembangunan MAN IC, Nagari Sintuak akan tumbuh pesat.
Kemajuan itu, menurut Bupati Ali Mukhni, mulai dari peningkatan sumber daya manusia yang akan mencetak kader ulama bangsa, membuka lapangan kerja hingga peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Diperkirakan milaran rupiah uang yang beredar setiap bulannya di tengah masyarakat daerah ini," papar Ali Mukhni. 
Kegigihan Bupati Ali Mukhni memajukan dunia pendidikan mendapat respons positif dan apresiasi dari masyarakat Sintuak Toboh Gadang. Di antaranya dari Ketua Pemuda Korong Balai Usang, Nagari Sintuk Id yang mengaku sangat bersyukur adanya bangunan MAN IC di kampunya.
Id mengungkapkan, pada awalnya di tengah masyarakat banyak yang meragukan dan kurang paham dengan keberadaan MAN IC ini. Namun, dengan pendekatan yang dilakukan oleh Bupati Ali Mukhni, para pemuda pun ikut membantu untuk menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai arti penting keberadaan madrasah ini.
"Intinya kami sangat bersyukur dengan pembangunan MAN IC. Kami sangat mengapresiasi kegigihan Pak Bupati dalam rangka memperjuangkan madrasah ini, baik di tingkat provinsi maupun pusat, sekaligus menyosialisasikan kepada masyarakat. Badan boleh kecil, tetapi beliau sangat lincah dan selalu penuh semangat melobi pemerintah pusat dan provinsi," cetus Id. (525)
---------------------------------------------------------------

Menjelang Idul Fitri
Pemkab Padang Pariaman Kebut Perbaikan Ruas Jalan

Parikmalintang--Padang Pariaman tampak semakin 'tacelak.'  Tingginya aktivitas perbaikan badan jalan dalam beberapa bulan terakhir telah berdampak terhadap kelancaran arus transportasi ke dan dalam daerah-daerah kecamatan. Terkesan, ini sebagai salah satu upaya pemerintahan Ali Mukhni - Damsuar untuk menyemarakkan Idul Fitri.
Dari pantauan Singgalang, tidak sedikit banyaknya ruas jalan di Padang Pariaman yang diperbaiki menjelang Idul Fitri ini. Diantaranya jalan antar kecamatan dan jalan-jalan lingkar dalam kecamatan. Salah satunya, yaitu ruas jalan dari Sungai Garinggiang ke Kecamatan V Koto Kampuang Dalam dan terus ke Kecamatan V Koto Timur.
Bupati Ali Mukhni yang ditemui Singgalang, Jumat (18/7), membenarkan banyaknya perbaikan dan peningkatan ruas jalan di Kabupaten Padang Pariaman dan, hal itu sebetulnya telah dimulai sebelum Ramadhan. "Beberapa ruas jalan diantaranya, terutama ruas jalan utama, kini memang sengaja dipacu pengerjaannya untuk menyambut Idul Fitri," akunya.
Seperti biasanya, sebut Ali Mukhni, seminggu menjelang lebaran, para perantau sudah banyak yang pulang kampung. Mereka pulang membawa kendaraan-kendaraan pribadi dan, selama satu bulan, Padang Pariaman akan terlihat sangat ramai. "Kita berharap, dengan adanya perbaikan ruas jalan, saudara-saudara kita yang dari rantau bisa merasa lebih menikmati lebaran di kampung," ulas bupati.
Dikatakan, untuk perbaikan dan pengingkatan ruas jalan sebagian besar dananya diambilkan dari anggaran daerah tahun ini. "Kita tak hanya memperbaiki ruas jalan, namun juga berupaya memperbaiki dan meningkatkan fasilitas-fasilitas umum lainnya," tukuk Ali Mukhni.
Dalam perbincangannya dengan Singgalang, Bupati Ali Mukhni juga menyinggung soal obyek-obyek wisata yang biasanya selalu ramai dikunjungi pada saat lebaran. Sekarang, salah satu obyek wisata yang tidak kala menariknya untuk diampiri perantau pada saat berlebaran nanti adalah obyek wisata Pantai Tiram. 
Obyek wisata Pantai Tiram yang terkenal dengan kuliner gulai ikannya itu sudah tersohor hingga ke mancanegara. Apalagi semenjak dijadikannya obyek itu sebagai tempat grand opening Tour de Singkarak, beberapa bulan lalu.
Disebutkan Ali Mukhni, Obyek Wisata Pantai Tiram yang rindang dan indah dengan pemandangan lautnya, sekarang juga telah dilengkapi dengan berbagai sarana, seperti mushala dan WC yang cukup baik. "Oyek ini sangat bagus buat wisata keluarga," tandasnya. (213)
-----------------------------------------------

Besarnya Peran Pers Dalam
Memajukan Padang Pariaman

Pariaman--Bupati Ali Mukhni akui besarnya peranan pers dalam membangun dan memajukan Kabupaten Padang Pariaman. Tanpa dukungan pers, dia yakin program pemerintahan tidak akan berjalan sebagaimana diharapkan. "Sosial kontrol dari pers atau para wartawan sangat penting baginya selaku kepala daerah," katanya.
Pengakuan itu diungkapkan Ali Mukhni kepada Singgalang disela acara buka puasa bersama dengan para wartawan peliput yang ada di Padang Pariaman di Pandopo Bupati, Pariaman, beberapa hari lalu. Juga hadir dalam kesempatan itu, para pengurus KNPI dan ratusan menjaga sekolah.
Selaku kepala daerah, Ali Mukhni sangat merasakan besarnya peran pers dalam membangun Kabupaten Padang Pariaman. Paling tidak, pemberitaan wartawan tentang kondisi dan harapan masyarakat, bisa dijadikan reperensi bagi pemerintah daerah didalam mengambil kebijakan. 
Hadirnya sejumlah megah proyek di Padang Pariaman, seperti Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) di Pantai Tiram, Kecamatan Ulakan Tapakis, menurut Ali Mukhni, itupun tidak terlepas dari dukungan para wartawan.
Begitu pula kaitannya dengan pemerintahan. "Berkat adanya sosial kontrol rekan-rekan wartawan, pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman bisa pula berjalan sesuai alurnya, sampai-sampai kita menapatkan Opini Tanpa Pengecualian atau penghargaan WTP dari BPK-RI," tukuk Ali Mukhni.
Sehubungan itu, Ali Mukhni mengharapkan, kerjasama yang terbangun bersama wartawan selama ini bisa lebih ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang. "Kami selaku pemerintah daerah, selalu mengharapkan dukungan dari rekan-rekan pers," tandasnya. (213)
------------------------------------------------

Bupati Ali Mukhni Terima
Penghargaan Bhakti Karya Koperasi

Parikmalintang--Lagi-lagi, Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni dapat penghargaan dari Presiden. Setelah penghargaan Satya Lencana Wira Karya, yaitu penghargaan tertinggi dibidang keluarga berencana dan kependudukan, Bupati Ali Mukhni mendapatkan penghargaan Bhakti Karya Koperasi.
Dihadapan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Koperasi dan UMKM, Syarief Hasan menyerahkan penghargaan pembangunan dibidang koperasi itukepada Bupati Ali Mukhni pada acara puncak peringatan Hari Koperasin 2014 di Lapangan Banteng, Medan, Sumatera Utara, Sealsa (15/7) kemarin.
Presiden, kata Kabag Humas Setdakab Padang Pariaman, Hendra Aswara, Bhakti Karya Koperasi merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada sesoerang atas dedikasi dan kepeduliannya dalam membina usaha perkoperasian di daerah.
Sementara Ali Mukhni menyebutkan, Bhakti Karya Koperasi adalah penghagaan Presiden yang telah dia terima buat seluruh masyarakat dan insan koperasi yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. "Ini adalah penghargaan buat masyarakat," katanya.
Selaku bupati, kata Ali Mukhni, dia merasa memang berkewajiban untuk melayani, meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. "Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan, usaha koperasi di Padang Pariaman bisa lebih maju lagi," ulas Ali Mukhni yang anggota Koperasi Pasar Padang Sago tersebut. 
Ali Mukhni menyebutkan, perekonomian masyarakat di Padang Pariaman sempat ambruk akibat terjadinya gempa pada akhir 2009 lalu. Hancurnya sektor riil dan usaha mikro kecil menengah akibat gempa itu sangat berdampak terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat.
"Namun, berkat kerja keras seluruh stakeholders dan peran serta koperasi, Padang Pariaman bisa kembali bangkit. Baik dibidang infrastruktur, ekonomi kreatif dan kemasyarakatan," ujar bupati.
Pesatnya perkembangan koperasi di Kabupaten Padang Pariaman, ulas Ali Mukhni, sangat berdampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi, sehingga Padang Pariaman tercatat sebagai kabupaten yang pertumbuhan ekonominya tertinggi di Sumatera Barat, yaitu 6,67 parsen.
"Alhamdulillah, peran serta koperasi dan pesatnya pergerakkan ekonomi kerakyatan membawa Kabupaten Padang Pariaman tercatat sebagai Kabupaten yang meraih pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera Barat yaitu 6,67 parsen dan Insya Allah bisa mencapai 7 pasen dalan kondisi normal," tukasnya.
Ketua Dekopinda Sumbar, Khairul Darwis mengatakan, pesatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, itu menandakan adanya komitmen pemerintah daerah yang terjalin kuat dengan pelaku koperasi. "Saya mendukung Padang Pariaman menuju salah satu kabupaten koperasi di Sumatera Barat," ujarnya.
Sementara Kepala Dinas Koperindag dan ESDM, Rustam menyampaikan, jumlah koperasi di Padang Pariaman sekarang tercatat 234 unit dan, itu tersebar pada 17 kecamatan. Disamping juga tidak kurang 10 ribu UMKM yang dibina untuk kesejahteraan masyarakat.
"Sesuai arahan Bapak Bupati, kami beserta jajaran bertekat untuk memajukan dan memasyarakatkan koperasi yang akuntabel di Kabupaten Padang Pariaman" kata Rustam.(213)
--------------------------------------------------------------

Bupati Ali Mukhni Ajak Masyarakat Bersimpati Terhadap Palestina

Aua Malintang--Bupati Ali Mukhni mengajak masyarakat Aua Malintang untuk ikut berdoa buat Palestina yang sedang mempertahankan tanah suci umat Islam dari kepungan tentara Zionis Israel.
Hal tersebut ia ungkapkan ketika kunjungan Tim Safari Ramadhan dalam rangka Nuzul Quran di Masjid Nurul Iman Durian Jantuang, Kecamatan IV Koto Aua Malintang, Sabtu lalu. "Dari media kita lihat sekarang bahwa tentara Zionis Israel meluncurkan roketnya ke Gaza yang menimbulkan korban jiwa, terutama anak-anak," kata dia.
"Mari kita berdoa, semoga saudara kita di Pelestina yang berjuang mempertahankan tanah suci umat Islam dalam lindungan Allah Yang Mahakuasa. Amin," kata Bupati Ali Mukhni penuh simpatik.
Selanjutnya, Ia ucapkan terima kasih masyarakat yang selalu meramaikan masjid, dan mengajak agar menggunakan rumah Allah itu sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Peringatan Nuzul Quran merupakan wujud rasa keimanan, dan cinta umat muslim kepada kitab sucinya sendiri.
Kata dia, banyak keistimewaan Quran karena dalam salah satu firman Allah mengatakan; barang siapa mendengarkan lantunan ayat suci Quran, maka dijauhkan dia dari siksa api neraka.
Ali Mukhni menyampaikan, jajaran Pemkab mengunjungi masjid dan surau, adalah upaya mendekatkan pelayanan pada masyarakat, dan menjalin tali sillahturahim serta mengekspos kegiatan pemerintahan dan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.
Khusus untuk Masjid Nurul Iman Durian Jantung, ia merasa pulang ke kampung halamannya karena banyak kenangan semasa remaja, ketika dia menjadi seorang pemain sepak bola. "Berada disini seperti dikampung sendiri, karena waktu remaja dulu, saya sering bermain dan bertanding sepakbola di Aua Malintang," kata Ali Mukhni yang juga mantan Pelatih PS Bengkulu ini.
Pada kesempatan itu, Ali Mukhni memberikan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp5 juta. Hadir pada acara tersebut, Kepala BKD Idarussalam, Kepala BPMKB Usman Mukhtar, Kadis Koperindag dan ESDM Rustam, Kabag Humas Hendra Aswara dan Camat IV Koto Aua Malintang Rahmang. (525)
----------------------------------------------------------------

Masih Banyak Masyarakat yang Belum Tersentuh Pelayan Kesehatan

Sei. Geringging--Masyarakat Sungai Geringging menyambut kedatangan kunjungan Tim Safari Ramadhan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumbar Leonardy Harmainy. Ikut mendampingi Bupati Ali Mukhni. Acara berlangsung di Masjid Raya Batu Gadang, Sungai Geringging, Jumat lalu.
Adapun kunjungan TSR ini didahului dengan berbuka bersama dengan tokoh masyarakat dan jamaah masjid itu. Sambil menunggu waktu berbuka diadakan diskusi ringan sekaligus menampung saran dan masukan masyarakat untuk kemajuan Padang Pariaman yang lebih baik.
"Saya lihat selama kepemimpinan Ali Mukhni, telah banyak perubahan. Lihat saja megahnya kantor bupati yang ada kebun binatangnya. Saya sangat kagum dan tak tahu mau bilang apa lagi. Sekarang digagas pula program Padang Pariaman sehat, dimana seluruh rumah masyarakat akan dikunjungi oleh dokter dan bidan desa. Ini tandanya, pemimpin yang memiliki rasa sayang kepada masyarakatnya," kata Tuanku Abu Bakar, salah seorang ulama pengelola pondok pesantren di Sungai Geringging.
Mendengar pujian dari Tuanku Abu Bakar tersebut, Ali Mukhni berucap bahwa ia adalah pelayan masyarakat. Sekecil apapun rahmat-NYa, maka kita tetap bersyukur kepada Allah. Ia menilai pesatnya pembangunan adalah berkat doa masyarakat Padang Pariaman dan tak terlepas dukungan dari DPRD sumbar, terutama Leonardy.
Dijelaskannya, Padang Pariaman sehat adalah paradigma baru dalam pelayanan kesehatan. Seluruh bidan desa mengunjungi rumah masyarakat di korong dan nagari untuk menanyakan, sekaligus mengobati warga yang sedang sakit. Kalau diperlukan dirujuk ke rumah sakit. Segala biaya ditanggung pemerintah daerah melalui BPJS Dan BAZ.
Sementara itu Leonardy mengajak masyarakat agar meningkatkan ibadah pada bulan suci Ramadhan. Perbanyak membaca Quran, dan sisihkan sebagian harta untuk membantu yang miskin.
Leonardy Harmainy apresiasi inovasi terhadap pelayanan bidang kesehatan, yaitu Padang Pariaman sehat. Ia menilai masih banyak masyarakat yang belum tersentuh pelayanan kesehatan, karena tidak punya biaya. Dengan adanya program itu, diharapkan seluruh masyarakat bisa berobat tanpa mengeluarkan biaya. (525)
------------------------------------------------------------

Tingkatkan Ibadah, Hindari Saling Memfitnah

VII Koto--Bupati Ali Mukhni punya perhatian yang tinggi terhadap keindahan surau dan masjid yang ada di Padang Pariaman. Buktinya, ia membantu pembangunan tempat berwuduk Surau Kajai Kampuang Bendang, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak dengan dana pribadinya.
Pada kunjungan safari Ramadhan ke surau itu bersama rombongan, Kamis lalu Ali Mukhni dengan spontan memberikan sumbangan untuk keindahan surau demikian. Ali Mukhni menjelaskan, Surau Kajai acap ia kunjungi. Terakhir kali ia hadir ketika batagak kudo-kudo surau ini tahun yang lalu.
Perkembangan surau sudah cukup bagus tentunya tidak terlepas dari dukungan masyarakat ranah dan rantau. Khusus untuk tempat berwuduk, ia akan bantu sepenuhnya melalui dana pribadi hingga selesai. "Surau Kajai kebanggaan masyarakat VII Koto Sungai Sariak. Saya ingin surau ini menjadi salah satu yang termegah di kecamatan ini," kata dia.
Pada kesempatan itu, Ali Mukhni mengajak masyarakat pada bulan puasa yang istimewa ini untuk tobat nasuha, dengan berzikir dan membaca Quran, sekurang-kurangnya satu kali khatam selama bulan suci Ramadhan. Jauhkan sifat memfitnah, bergunjing atau mencari kelemahan orang lain yang hanya akan mengurangi pahala puasa.
Pengurus Surau Kajai Zahirman mengatakan, pembangunan kembali surau ini pascagempa 2009 yang lalu telah dilakukan secara bertahap. Ia mengucapkan terima kasih atas perhatian yang tinggi dari Bupati Ali Mukhni yang membantu tempat berwuduk yang representatif, yang sangat diharapkan oleh masyarakat.
Pada safari Ramadhan itu, Bupati Ali Mukhni memberikan bantuan Rp1,5 juta dan beberapa Quran. Hadir juga Kadis Kesehatan Aspinuddin, Kepala Bappeda Hendri Satria, Camat VII Koto Jonizar, Sekretaris BKD Darfa Yenil dan Kabag Humas Hendra Aswara. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar