Kamis, 09 November 2017

APBD Sumbar Lewat Pokir Darmon Bebaskan Petani dari Kesulitan Air Irigasi Tersier Cahaya Baru Dibangun

APBD Sumbar Lewat Pokir Darmon
Bebaskan Petani dari Kesulitan Air Irigasi Tersier Cahaya Baru Dibangun

Lubuk Alung--Kelompok Tani (Keltan) Cahaya Baru merasa terlepas dari kesulitan akan air sawah yang selama ini dihadapinya, dengan dibangunnya saluran irigasi tersier. Ada 235 meter panjangnya irigasi yang dibangun dari anggaran APBD Provinsi Sumatera Barat, melalui pokok pikiran (Pokir) H. Darmon, anggota DPRD Sumbar itu.
"Alhamdulillah, dalam sepekan ini pengerjaan irigasi yang mengambil air dari Irigasi Anai I ini selesai dikerjakan," kata Sumardi, Ketua Keltan Cahaya Baru, Korong Ambacang, Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.
Menurut dia, anggota Keltan yang berjumlah 37 orang ini akan merasakan kemudahan dalam soal pasokan air sawah, yang selama ini selalu jadi problema kesulitan. "Dengan lahan 33 hektare yang jadi milik anggota Keltan, diharapkan hasil panen bisa bertambah dari yang biasanya," harapnya, saat ditemui, Jumat kemarin di Pungguang Kasiak.
Sumardi yang berencana maju jadi calon Walinagari Pungguang Kasiak itu merasakan betul kiprah anggota dewan Sumbar, Darmon asal Lubuk Alung ini di tengah masyarakat. "Sebagian besar sawah anggota Keltan ini berada paling ujung bawah, sehingga air masuk sawah agak tersendat-sendat, lantaran telah diambil oleh masyarakat di bagian atas," ungkapnya.
Dia melihat, dengan anggaran Rp200 juta dari APBD Sumbar, irigasi tersier ini akan selesai dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh anggota Keltan. "Terima kasih Darmon yang telah ikut andil dalam pembangunan ini. Semoga perjuangan pembangunan irigasi ini menjadi amal ibadah hendaknya," harap Sumardi.
Kepada Singgalang, Darmon menginginkan semua lahan sawah di Ambacang itu berfungsi sesuai peruntukannya. "Sawah bagi masyarakat Pungguang Kasiak adalah urat nadi perekonomian. Untuk ini, saluran air harus lancar, dan turun ke sawah harus pula teratur," katanya.
Darmon yang anggota Komisi V DPRD Sumbar dari PAN itu mengajak semua masyarakat petani di Ambacang, terkhusus anggota Keltan Cahaya Baru untuk memelihara dan merawat jalanya irigasi demikian.
"Membangun irigasi termasuk kegiatan paling mudah bagi pemerintah. Tetapi memeliharanya amat sulit. Untuk itu kerjasama yang baik dari seluruh anggota kelompok sangat dibutuhkan," ujar Darmon. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar