Selasa, 21 November 2017

Bupati Ali Mukhni Jadi Ketua Umum LPTQ Padang Pariaman

Pegawai Kemenag Padang Pariaman Diberi Pembinaan Hukum

Pariaman--Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu lalu menggelar; Pembinaan Pegawai Bidang Hukum dan Kerukunan Umat Beragama (KUB). Acara yang diadakan di Hotel Nan Tongga, Pariaman itu diikuti jajaran Kemenag daerah itu.
Mulai dari Kepala KUA di 17 kecamatan, Kepala Madrasah, Penyuluh Agama, Pengawas. Nara sumber, disamping dari Kasubag Hukum Kanwil Kemenag Sumbar, juga dari Polres Kota Pariaman.
Kepala Kemenag Padang Pariaman, H. Masrican Tuanku Marajo Basa bersama Kasubag TU-nya, H. Ali Anis kepada Singgalang menyebutkan, pembinaan masalah hukum demikian merupakan program dari lembaga ini terhadap personilnya.
"Hal ini, tentu diharapkan mampu memberikan yang terbaik, sehingga dalam penyelenggaraan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat, khusus bidang keagamaan tidak ada yang berbenturan dengan hukum yang akan menjeratnya," kata mereka.
Katanya, dengan pembinaan hukum juga, para pegawai dilingkungan Kemenang, baik yang dari fungsional, maupun yang strukturan bisa menjalankan tugas pokoknya, sesuai pula dengan prosedur yang berlaku.
Pindah kantor
Masrican menambahkan, pihaknya akan melakukan pindah kantor dari Kota Pariaman ke lokasi yang baru, yakni di Korong Kiambang, Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung pekan depan.
"Kantor yang telah lama selesainya itu saat ini sudah hampir selesai dibenahi. Untuk itu, sesuai pula anjuran Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Syahrul Wirda, saatnya pindah dan difungsikan sebagaimana mestinya," kata Masrican. (525)
----------------------------------------------------------

Bidan Erpita Yanti Dinilai IBI Sumbar

Pariaman--Erfita Yanti, seorang bidan anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Padang Pariaman dinilai IBI Sumbar, pada kategori Bidan Praktek Mandiri (BPM). Penilaian dilakukan, terkait HUT IBI yang ke-63 tahun ini.
Menurut Ketua IBI Sumbar, Mulyati Usman yang ikut melakukan penilaian, tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong BPM agar memberikan pelayanan yang berkulitas, sesuai standar pada masyarakat.
"Sekarang Disebut dengan Bidan Delima. Untuk Kabupaten Padang Pariaman baru mempunyai Bidan Delima sebanyak 5 orang," ujar Mulyati. Dia menjelaskan, selain Bidan Delima itu, juga ada tiga orang fasilitator yang bertugas untuk merekrut calon bidan Delima.
Dia menambahkan, selain itu IBI juga melakukan penilaian bidan berprestasi. Aspek yang dinilai; mulai dari kelengkapan fasilitas pelayanan, jenis pelayanan, kepatuhan petugas terhadap standar operasional prosedur (SOP) pelayanan, partisipasi bidan dalam pendidikan kebidanan, seperti membimbing mahasiswa bidan di tempat praktek.
"Keterlibatan Bidan dalam pemberdayaan masyarakat dilingkungan sekitar, dan keteladanan bidan dalam perilaku pelayanan dan perilaku hidup sehat, serta keikut-sertaannya dalam program KB. Pemenang tingkat Sumbar akan mendapat piagam penghargaan, tropy dan hadiah dari BKKBN Sumbar, dan diikutkan dalam lomba tingkat nasional," ulas Mulyati. (525)
----------------------------------------------

Bupati Ali Mukhni
Pengusaha Harus Tingkatkan Profesionalismen

Pariaman--Musyawarah Cabang (Muscab) Gapensi Padang Pariaman dan Kota Pariaman, Senin lalu berhasil menetapkan pengurus baru untuk masa jabatan lima tahun mendatang. Muscab itu dibuka secara resmi oleh Bupati Ali Mukhni, dan ditutup oleh Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar.
Untuk Gapensi Padang Pariaman, terpilih Surya sebagai ketua, dengan sekretaris; Syafinal, dan bendahara; Jalius. Sedangkan Gapensi Kota Pariaman, Riswandi ditetapkan sebagai ketua, dengan sekretarisnya; Mawardi, bendahara; M. Asyiddiqi.
Hingga saat ini, sebanyak 78 pengusaha tergabung dalam Gapensi Kota Pariaman, yang KTA-nya masih aktif. "Diperkirakan, ada seratusan pengusaha yang tergabung dalam wadah ini. Sebab, KTA yang masih dalam proses perpanjangan masih ada," kata Mawardi, panitia Muscab Gapensi.
Sedangkan di Gapendi Kabupaten Padang Pariaman, ada sekitar 80 an pengusaha yang tergabung. Namun, KTA yang aktif baru 48 pengusaha. Selebihnya, masih dalam tahapan proses perpanjangan. KTA Gapensi langsung secara nasional, dan di leges oleh Gapensi Sumatera Barat.
Bupati Ali Mukhni minta kepada seluruh pengusaha, untuk selalu profesional, dan meningkatkan daya saing yang tinggi. "Kita ingin, setiap kali ada proyek besar di daerah ini, pengusaha kita bisa bersaing atau bergandengan dengan pengusaha kelas besar," harap Ali Mukhni.
"Seiring dengan pengadaan barang dan jasa secara tekhnologi informasi, sangat dituntut para pengusaha mampu meningkatkan kemampuannya bidang tekhnologi demikian, sehingga bisa menciptaka kenyamanan berusaha," ungkapnya. (525)
--------------------------------------------------------------

Terpilih Dalam Musda
Bupati Ali Mukhni Jadi Ketua Umum LPTQ Padang Pariaman

Kayutanam--Musyawarah Daerah (Musda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), serta Rapat Kerja Daerah (Rakerda LPTQ) Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu-Minggu kemarin di Anai Resort, berlangsung secara baik, dan membuahkan hasil yang maksimal pula untuk pengembangan lembaga demikian.
Musda dan Rakerda yang berlangsung dua hari itu, dibuka secara resmi Sekdakab Padang Pariaman, Jonpriadi. Sedangkan dari LPTQ Sumbar dihadiri H. Maswar, yang juga Kabid Penais Zawa Kanwil Kemenag Sumbar.
Jonpriadi menekankan, dengan LPTQ ini Padang Pariaman diharapkan bisa dan mampu menjadi yang terbaik pada momen MTQ tingkat Sumbar, maupun tingkat nasional.
Maswar yang mewakili LPTQ Sumbar menyampaikan, sebaiknya Pemkab Padang Pariaman bisa menyediakan tenaga pengajar yang PNS, pandai pula mengaji di setiap pondok Quran. Hal ini banyak dibuat oleh daerah lainnya, baik di Sumbar maupun daerah lainnya di luar Sumbar.
Dalam Musda tersebut, melahirkan sejumlah program kerja dan rekomendasi ke Pemkab Padang Pariaman, sekaligus terbentuknya pengurus LPTQ daerah itu untuk periode 2014-2019.
Dalam Musda yang memakai sistem formatur untuk menetapkan pengurus lima tahun kedepan itu, H. Ali Mukhni ditetapkan sebagai ketua umum, dengan wakil ketua umum; Jonpriadi, yang juga Sekdakab. Sedangkan ketua harian; Idarus Salam Tuanku Sutan, didampingi lima orang ketua.
Sekretaris umum; Efi Mayardi, yang juga Kasi Bimais Kemenag Padang Pariaman, dengan seorang wakil sekretaris umum, dan lima orang sekretaris. Bendahara dipegang oleh Kabag Keuangan Setdakab Padang Pariaman, dengan seorang wakil bendahara.
Pengurus LPTQ juga dilengkapi dengan Bidang Pembinaan, dengan ketua; H. Ali Anis, Bidang Pendidikan dan Latihan; Mulyadi, Bidang Perhakiman; Yahya, Bidang Publikasi dan Dokumentasi; M. Fadhly, Bidang Dana; Hanibal, Bidang Usaha; Suhatri Bur, Bidang Penelitian dan Pengembangan; H. Yusmanda. (525)
----------------------------------------------------

Meriahkan Event TdS
IGTKI-PGRI Padang Pariaman Gelar Lomba Mewarnai

Pariaman--Ikut memeriahkan momen Tour de Singkarak (TdS) tahun ini, yang pembukaannya dilakukan di Tiram, Kecamatan Ulakan Tapakis, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Padang Pariaman menggelar lomba mewarnai.
Menurut Rusmaini, sekretaris IGTKI daerah itu, setiap anak TK yang ikut lomba ini harus bersama orangtuanya. Dan setiap peserta dikenai uang pendaftaran sebanyak Rp20 ribu.
"Indahnya kebersamaan bersama orangtua. Itu tema yang kita angkat kali ini. Lomba diadakan, Selasa (3/6) besok di Pantai Tiram. Dan Alhamdulillah, hingga saat ini telah banyak peserta yang mendaftar, dari berbagai perguruan TK yang ada di Padang Pariaman," kata Rusmaini.
Katanya, lomba ini merupakan bentuk keikut-sertaan anak-anak TK bersama orangtua dan gurunya, dalam menyukseskan helat sepeda balap bertaraf internasional tersebut.
Rusmaini menyebutkan, panitia menyediakan hadiah menarik bagi peserta yang mampu memenangkan lomba itu. Disamping piala, juga ada hadiah lainnya. (525)
---------------------------------------------

Enam Lingkung
456 Santri dan Majelis Taklim Ikuti Khatam Quran Terpadu

Parit Malintang--Sebanyak 456 peserta khatam Quran terpadu se Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Minggu kemarin dikukuhkan. Peserta yang sebanyak itu, di samping santri dari TPA/TPSA dan MDA, juga ada peserta dari majelis taklim.
Khatam diadakan di Kantor Bupati Padang Pariaman, di Pasa Dama, Nagari Parit Malintang. Hadir Bupati Ali Mukhni, Kepala Kemenag Masrican, Camat Enam Lingkung Irsyaf Bujang, Kepala KUA Kasmir Diram, Ketua BAZ Suhatri Bur, Walinagari Parit Malintang Syamsuardi. Setelah dikukuhkan di IKK, peserta khatam mengikuti pawai takruf dari Simpang Pasa Dama ke Kantor Walinagari Parit Malintang, yang jaraknya sekitar dua kilometer.
Bupati Ali Mukhni menekankan, khatam Quran adalah proses terpenting dalam kehidupan beragama di tengah masyarakat. "Ini sangat luar biasa sekali. Para ibu-ibu yang telah berkali-kali tamat Quran, tergabung dalam organisasi juga ikut khatam. Jadi, proses khatam tidak saja untuk anak-anak, namun semua kita berhak ikut itu," kata Ali Mukhni.
Dia minta, khatam seperti ini pantas ditiru dan dilanjutkan. Dengan ini pula semaraknya gerakan Magrib mengaji. Bidang ini, tahun lalu Padang Pariaman dapat penghargaan dari Kementerian Agama RI. Pawai yang memakai jalan utama jalur Padang-Bukittinggi ini sempat memacetkan pengguna jalan. Tentunya hal itu unjuk kebolehan, sekaligus memasyarakatkan khatam Quran secara bersama. Untuk Kecamatan Enam Lingkung, khatam seperti ini baru perdan dilakukan. Kepala Kemenag Masrican minta acara ini terus dilakukan secera berkesinambungan. Paling tidak setahun sekali. "Kedepan, bagaimana semua TPA/TPSA dan MDA yang belum ikut tahun ini, bisa pula ikut, sehingga menambah semaraknya acara yang sangat sakral ini," katanya. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar