Rabu, 15 November 2017

Bidan Desa Diminta Turun ke Rumah Masyarakat

Bidan Desa Diminta Turun ke Rumah Masyarakat

Parit Malintang--Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tingkat daerah itu, di halaman kantor Dinas Kesehatan setempat, Senin lalu.
Wabup Suhatri Bur mengajak semua peserta upacara yg terdiri dari seluruh pegawai Dinkes, UPT maupun Puskesmas untuk menjadi ujung tombak mengajak masyarakat untuk hidup sehat.
"Kita punya Program Padang Pariaman Sehat (Papa Sehat) yang menjadi program unggulan Dinas Kesehatan. Minimal lima rumah sehari dikunjungi. Mendata warga yang sakit, penyakit yang sedang mewabah. Selain memeriksa kesehatan, data kependudukan juga terbantu. Karena datang ke rumah tentu didata warga yang ada di rumah," jelasnya.
"Kalau betul-betul dilaksanakan dengan baik, Padang Pariaman akan tetap terdepan dalam mewujudkan kesehatan masyarakat sekaligus membantu data kependudukan," harapnya.
Menurut Suhatri Bur, bidan tidak mengurus persalinan saja tetapi juga dapat mensosialisasikan gerakan hidup sehat. "Tujuan dari itu untuk mendukung visi kabupaten yang baru, cerdas, religius dan sejahtera," katanya lagi.
Wabup beserta pejabat yang mendampingi menyerahkan penghargaan kepada Puskesmas, dokter, dan paramedis terbaik. Puskesmas berprestasi;
Gasan Gadang (Juara 2 tingkat Provinsi), Enam Lingkung dan Patamuan.
Tenaga medis teladan (juara 1 tingkat provinsi dan 5 besar tingkat nasional), Dr. Robi Satria Putra (Puskesmas Sungai Geringging), teladan (juara 1 tingkat provinsi dan nominasi tingkat nasional), Dosi Liana (Puskesmas Gasan Gadang)
Sedangkan penilaian akreditasi Puskesmas, dari 10 Puskesmas yang sudah dinilai, 1 Puskesmas meraih kategori utama dan 7 Puskesmas meraih kategori Madya. Disamping itu, juga diserahkan penghargaan bagi 30 pensiunan Dinas Kesehatan. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar