Kamis, 22 Juni 2017

IKSU Jabodetabek Terbentuk

IKSU Jabodetabek Terbentuk

Tangerang--Ikatan Keluarga Sakarek Ulu (IKSU) se Jabodetabek, Minggu (14/8) lalu terbentuk. Organisasi yang menghimpun lima kenagarian dalam Kota Pariaman, yakni Kenagarian Nareh, Mangguang, Cubadak Aie, Sikapak, dan Kenagarian Tungka tersebut dibentuk di Tangerang, Provinsi Banten, atas keinginan bersama masyarakat Kecamatan Pariaman Utara yang ada di Jabodetabek.
    Tidak kurang dari 50 tokoh dari berbagai kota yang ada di sekitar Jakarta tersebut, berkumpul, merumuskan cita-cita bersama, serta masa depan kampung halamannya, yang akhir-akhir ini mulai luntur oleh banyaknya pengaruh yang meracuni kehidupan masyarakat. Diharapkan organisasi itu mampu memberikan yang terbaik terhadap kampung halaman, Kota Pariaman dari berbagai aspek kehidupan.
    Pada kesempatan itu langsung dibentuk pengurus, yang akan merumuskan seluruh visi misi bersama. Ketua dipercayakan kepada H. Mulya, Sekretaris H. Anwar A dan Bendahara diamanahkan kepada HM. Sa'ban, yang sekaligus sebagai tuanrumah pada pertemuan bersama tersebut. "Sakarek Ulu berdiri sejak 1937 silam. Sempat juga
SMP yang ada di Mangguang sekarang, dulunya bernama SMP Sakarek Ulu. Namun, akhir-akhir ini nama demikian sudah tidak lagi terdengar. Nah, disilah peran kita selaku anak nagari yang tinggal dirantau, bagaimana nilai-nilai sejarah tersebut bisa dilanjutkan kembali dengan baik," kata Sa'ban pada Singgalang.
    Menurut dia, rencana jangka panjang dan jangka pendek yang telah dirumuskan bersama saat pertemuan perdana itu, disamping mengakomodir seluruh masyarakat Sakarek Ulu, juga akan menyediakan kegiatan bakti sosial, dengan mengadakan mobil ambulan gratis, yang tentunya akan dimanfaatkan oleh masyarakat Sakarek Ulu itu sendiri pada saat menyelenggarakan jenazah.
    Sementara, kata Dewan Pembina Gerakan Pemuda Ansor Padang Pariaman dan DPC Partai Gerindra Kota Pariaman ini, IKSU juga bercita-cita mengembangkan dunia pendidikan untuk anak-anak kampung. Sebab, potensi Pariaman Utara khususnya sudah sangat patut didirikan sebuah perguruan tinggi, seiring dengan telah tumbuh dan berkembangnya SMA dan SMK dikampung itu.
    Sa'ban melihat, organisasi Sakarek Ulu didaerah lainnya di nusantara ini telah banyak yang berkembang dengan dinamikanya. Seperti di Jambi, Palembang dan daerah lainnya, Sakarek Ulu telah duluan eksis dan ikut memberikan kontribusi positif ditengah masyarakat. "Alhamdulillah, Walikota Pariaman H. Mukhlis Rahman ikut memberikan suppor atas terbentuknya organisasi demikian, lewat pesan singkat yang dia kirim kesejumlah pengurus," kata Sa'ban. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar